Saat ini, budaya Korea Selatan sedang banyak digemari oleh generasi muda di Indonesia. Tingginya popularitas Korean Wave atau gelombang budaya Korea di Indonesia, membuat banyak perusahaan berlomba-lomba menunjuk artis Korea Selatan sebagai brand ambassador mereka. Salah satu contohnya adalah brand produk susu kemasan Ultramilk, mereka memutuskan untuk memilih ITZY sebagai salah satu brand ambassador mereka.
ITZY merupakan salah satu Girlgroup papan atas asal Korea Selatan yang terdiri dari lima anggota, yaitu Yeji, Lia, Ryujn, Chaeryeong, dan Yuna.. Mereka memulai debutnya pada tahun 2019 di bawah naungan JYP Entertaiment. ITZY sendiri telah sukses dengan memiliki popularitas yang cukup tinggi di berbagai negara. Penampilan mereka yang energik dan lagu-lagu mereka yang mudah untuk didengar menjadikan mereka sebagai salah satu girlgroup asal Korea Selatan dengan banyak penggemar dari berbagai negara. Salah satu bukti tingginya popularitas yang dimiliki grup ini adalah musik video mereka dengan judul "Wannabe" berhasil meraih lebih dari 500 juta tayangan di platform youtube.
Banyak yang berpendapat bahwa penggemar dari artis Korea Selatan terkenal sangat loyal terhadap idolanya. Sering kali, banyak dari mereka rela mengeluarkan uang berlebih hanya untuk membeli produk yang dibintangi oleh artis favorit mereka. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak produk lokal berlomba-lomba marangkul artis Korea Selatan sebagai brand ambassador mereka.
Fenomena yang tidak bisa dihindari ini juga dialami oleh brand produk susu kemasan Ultramilk. Brand produk susu Ultramilk juga menjadi salah satu perusahaan yang menjalin kerjasama dengan artis Korea Selatan. Ultramilk sendiri merupakan produk susu cair kemasan yang dapat dikonsumsi sehari-hari, beragam varian rasa yang dimiliki oleh Ultramilk mampu meningkatkan daya tarik dan minat konsumen serta memberikan pilihan rasa yang lebih luas kepada konsumen.
Demi menyeimbangkan kondisi pasar, perusahaan harus dapat melihat peluang berdasarkan preferensi masyarakat, lalu kemudian mengambil tindakan yang sesuai. Adanya kerjasama dengan artis Korea Selatan dapat menjadi salah satu strategi sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan brand awareness mereka. Mengingat, tingginya popularitas Korean Wave di Indonesia mampu membuat para penggemar memberikan atensi mereka terhadap produk tersebut.
Seperti Ultramilk, mereka berhasil menggandeng girlgroup asal Korea Selatan ITZY sebagai Brand Ambassador mereka. Melalui kerja sama ini, Ultramilk dapat memanfaatkan popularitas serta pengaruh grup agar tercapainya target audiens yang lebih luas, tidak menutup kemungkinan memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pasar internasional. Dalam kerjasama ini, Ultramilk mengadakan periode promosi dimana penggemar bisa mendapatkan Photocard anggota ITZY melalui pembelian produk Ultramilk.Â
Untuk memperoleh photocard tersebut, terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku selama periode promosi berlaku. Yaitu, melakukan pembelian minimal 4 produk susu Ultramilk berukuran 200ml atau 250ml bebas varian dan berlaku kelipatan. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik bagi para penggemar, karena photocard merupakan salah satu merchandise yang banyak digemari dan diminati. Oleh karena itu, pemberlakuan promosi tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk.
Selain itu, melalui kolaborasinya bersama ITZY, Ultramilk menyelenggarakan kampanye #DontStopYourMove  dengan tujuan mengajak generasi muda untuk dapat ikut serta menjadi #UnstoppableGeneration, yaitu generasi yang percaya diri, tak kenal ragu hanya karena penilaian orang, dan terus bergerak sesuai minat masing-masing. Melalui kampanye ini, diharapkan Ultramilk dapat meningkatkan brand awareness mereka dengan mengajak generasi muda untuk dapat ikut serta dalam kampanye.
Ditunjuknya ITZY sebagai brand ambassador menjadi salah satu strategi Ultramilk yang dapat membantu memberikan peluang agar tercapainya target audience yang lebih luas. Selain itu, Ultramilk dapat memanfaatkan popularitas serta pengaruh grup untuk meningkatkan brand awareness, reputasi, serta citra positif. Kerjasama ini juga dapat meningkatkan keterlibatan konsumen melalui kampanye yang diselenggarakan. Semua hal ini berpotensi memberikan pengaruh baik jangka panjang kepada perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H