Mohon tunggu...
Putri Maharani
Putri Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi / Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya merupakan mahasiswi Psikologi yang memiliki ketertarikan dalam eksplorasi berbagai aspek psikologi dan bagaimana hal tersebut akan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya memiliki kemampuan dalam introspektif dan analitis, mencoba memahami motivasi dan perilaku orang lain, serta berusaha untuk selalu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Saya fokus pada topik-topik yang berkaitan dengan pengembangan diri, kecerdasan emosional, dan kesejahteraan mental. Dengan motivasi dan ilmu yang saya miliki, saya berusaha untuk menggabungkan pengetahuan psikologi dengan pendekatan yang aplikatif dan mudah dipahami serta akan berguna untuk sesama.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Opini Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Terkait Personal Branding 4.0 : Strategi Menjadi Profesional yang Menonjol Di Era Global

17 Januari 2025   23:36 Diperbarui: 17 Januari 2025   23:36 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Dokumentasi bersama Karang Taruna Desa Kalikatir dan Dosen Pembimbing Lapangan

Dalam kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa KKN R5 - Sub Kelompok 7 Universitas 17 Agustus Surabaya tahun 2025 berupaya memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan terkait Personal Branding dan pembuatan CV dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing lapangan, Bapak Naufal Abdillah, S.Kom., M.Kom. Kegiatan ini kami laksanakan pada hari Rabu (15/01/2025) di Balai Desa Kalikatir, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Desa Kalikatir memiliki beberapa organisasi masyarakat, salah satunya adalah karang taruna. Karang taruna di Desa Kalikatir memiliki sekitar 15-20 pemuda didalamnya, yang rata-rata usianya adalah 18-24 tahun. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh karang taruna desa Kalikatir saat ini yaitu terkait dengan keterbatasan pengetahuan mengenai tata cara pembuatan CV (Curriculum Vitae) yang sesuai dengan standar profesional, serta strategi dalam membangun personal branding yang efektif. Hal ini akan menjadi tantangan khususnya dalam menghadapi persaingan ketat di era digital, di mana keterampilan mempresentasikan diri secara optimal sangat menentukan keberhasilan dalam dunia kerja. 

Gambar 2. Sosialisasi Tentang Personal Branding kepada Karang Taruna Desa Kalikatir
Gambar 2. Sosialisasi Tentang Personal Branding kepada Karang Taruna Desa Kalikatir

Dalam era digital saat ini, personal branding menjadi elemen kunci untuk menonjolkan diri di pasar kerja yang semakin kompetitif. Personal branding 4.0 mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk membangun citra pribadi yang kuat dan profesional. Sosialisasi tentang personal branding 4.0 dinilai sangat penting karena akan membantu individu memahami bagaimana mereka dapat memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitasnya. Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa KKN merasa perlu mengadakan sosialisasi dan pelatihan ini untuk membantu para pemuda khususnya karang taruna Desa Kalikatir.

Gambar 3. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan CV (Curriculum Vitae)
Gambar 3. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan CV (Curriculum Vitae)

Pada kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa KKN melakukan pelatihan dan mendampingi rekan-rekan karang taruna untuk bersama-sama belajar bagaimana cara membuat CV yang menarik. Melalui pelatihan dan pendampingan ini, rekan-rekan Karang Taruna tidak hanya belajar materi saja, namun mereka juga dapat membuat secara langsung terkait CV tersebut.

Pada sesi akhir, kami melakukan evaluasi terkait kegiatan yang telah dilakukan. Rekan-rekan karang taruna merasa bahwa dengan adanya kegiatan ini mereka mendapatkan ilmu baru serta menjadi bekal bagi mereka mempersiapkan diri menuju dunia kerja. Hal ini dibuktikan dari salah satu anggota karang taruna yang mengatakan bahwa dirinya menjadi paham terkait cara membuat CV yang menarik dan betapa pentingnya personal branding dalam dunia kerja.

Melalui program ini diharapkan dapat menjadi salah satu sinergi yang positif antara mahasiswa dan rekan karang taruna desa Kalikatir. Kami juga berharap dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, rekan-rekan mampu untuk menggabungkan antara personal branding dan pembuatan CV guna meningkatkan peluang memasuki dunia kerja dan mencapai tujuan karir. Kami sebagai mahasiswa KKN Untag juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua untuk selalu berusaha dan memperbaiki diri agar dapat  menciptakan identitas yang profesional.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun