Mohon tunggu...
Putri Amalia Kunaefi
Putri Amalia Kunaefi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Jurnalistik Universitas Padjadjaran

Saya adalah seorang yang senang mengeksplor hal-hal baru dan mengunjungi surga kecil tersembunyi di setiap sudut kota.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Dilema Adegan Film yang Lewat di TikTok, Nonton Jangan?

15 Desember 2023   00:38 Diperbarui: 16 Desember 2023   07:59 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penggambilan gambar adegan film vertikal. (Dok. Shutterstock/Yuriy Seleznev via kompas.com) 

Hari gini, apa aja ada di TikTok. Mau cari apa? Sebut aja! Simsalabim TikTok akan menyajikannya untuk kamu. Bak jin dalam botol yang dapat mengabulkan semua keinginanmu, TikTok juga sama. Makanya, saya gak heran kalau anak sekarang punya motto hidup "scroll TikTok minimal 10 jam". 

Sebab, saya juga melakukannya sih. Ya gimana ya, TikTok tuh candu. Gak kepanjangan kayak YouTube atau kependekan juga, pokoknya pas aja gitu. Yang saya heran, semua konten ada di TikTok. 

Bahkan, nontonin keseharian orang-orang gak penting juga ada lewat konten A Day In My Life. Rasanya, gak afdol kalau seharian belum scroll TikTok.

Omong-omong apa aja ada di TikTok, saya jadi ingat beberapa waktu lalu ketika saya asyik scrolling, muncul potongan scene film Dua Garis Biru yang waktu itu sempat viral dan ramai orang berbondong-bondong nonton di bioskop. 

Tenang, saya juga nonton kok di bioskop waktu film tersebut tayang. Ya, walau kesadaran tentang hak cipta belum lama muncul di dalam diri saya, hehehehe. Sebab, banyak banget situs ilegal yang menayangkan film-film layar lebar, lengkap, dari Hollywood, Bollywood, Korea, semua ada. Siapa pula insan yang tak tergiur? 

Duh, tobat! Saya juga tobat, deh. Namun, yang saya bingung mengapa ya situs ilegal seperti ini tetap ada walau sudah dibabat habis pemerintah dan tersedianya media streaming film yang legal?

Belum habis membabat situs streaming ilegal, justru sekarang film-film ini malah muncul di TikTok? Walau gak dua jam penuh, tapi akun-akun ini mengakalinya dengan memotong adegan-adegan sampai banyak part. 

Duh, kalau usil, saya ingin pemilik akun ini menayangkan full series Tukang Bubur Naik Haji sampai hajinya mabrur, hihihi. Gak munafik sih balik lagi ke film Dua Garis Biru, karena saya memang suka banget filmnya, saya jadi kebablasan pencet akun dan nonton part yang lain sampai habis. Padahal, saya sudah tau ending-nya juga. 

Duh, candu banget. Selain itu, saya merasa praktis juga nonton film seperti ini di Tiktok. Tidak perlu berlangganan aplikasi streaming yang resmi atau berusaha keras menghapus iklan judi pada situs streaming ilegal.

Ah, ini pasti gak benar. Pasti pemilik akun pemotong film-film ini cuma nyari followers. Buktinya, netizen di kolom komentar justru banyak yang request film. Saya jadi mikir, gak masalah kalau filmnya sudah saya tonton dan tujuannya hanya ingin menonton ulang, tetapi gimana kalau filmnya belum saya tonton dan malah jadi spoiler? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun