Mohon tunggu...
Putri Isna
Putri Isna Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hallo. Saya merupakan mahasiwa semester 4

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lingkungan Pemasaran: Hal yang Penting dalam Memengaruhi Strategi dan Keputusan bagi Bank

6 Juli 2024   12:04 Diperbarui: 6 Juli 2024   12:15 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

       Bagi bank dalam merencanakan dan menjalankan kegiatan pemasaran, sama hal nya dengan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan lainnya. Salah satunya adalah memperhatikan lingkungan pemasaran. Lingkungan pemasaran sangat menentukan strategi yang akan dijalankan oleh bank. Karena lingkungan pemasaran sangat memengaruhi sukses tidaknya kegiatan pemasaran yang akan dijalankan nantinya. Itu lah mengapa lingkungan pemasaran merupakan hal yang penting dalam kegiatan pemasaran.

      Lingkungan pemasaran diartikan sebagai kekuatan yang ada di dalam dan di luar perusahaan yang memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk bank yang ada. Lingkungan pemasaran juga diartikan sebagai kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi-transaksi yang berhasil dengan pelanggan sasarannya. Lingkungan pemasaran sebenarnya sangat erat kaitannya dengan lingkungan ekonomi, lingkungan politik, dan lingkungan budaya. Dalam lingkungan ekonomi, menjelaskan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi daya beli masyarakat. Dalam lingkungan politik, mengarah pada hukum dan badan pemerintah yang memengaruhi serta membatasi berbagai organisasi. Serta dalam lingkungan budaya memberikan penjelasan bahwa lingkungan pemasaran juga dipengaruhi oleh institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera dan perilaku masyarakat.

     Dalam bank, lingkungan pemasaran dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan mikro dan makro. Lingkungan mikro adalah kekuatan yang dekat dengan bank yang memengaruhi kemampuan bank yang bersangkutan dalam melayani para pelanggannya. Komponen-komponen yang ada dalam lingkungan mikro, yaitu manajemen bank itu sendiri, pemasok, perantara pemasaran bank, nasabah, pesaing dan publik. Sedangkan lingkungan makro merupakan kekuatan yang lebih luas dari lingkungan mikro yang memengaruhi bank secara keseluruhan. Dan dalam lingkungan makro terdapat beberapa komponen, yaitu lingkungan demografis, lingkungan ekonomis, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik dan undang-undang, serta lingkungan kultural.

      Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan pemasaran merupakan hal yang penting dalam memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk bank yang ada. Lingkungan pemasaran juga memengaruhi dalam penentuan strategi dan pengambilan keputusan. Ini dikarenakan lingkungan pemasaran sangat memengaruhi sukses tidaknya kegiatan pemasaran yang akan dijalankan nantinya. Maka lingkungan pemasaran sangat penting bagi bank karena memengaruhi kemampuan bank dalam melayani dan memuaskan kebutuhan para pelanggannya. Oleh karena itu, bank harus memahami dan menanggapi perubahan dalam lingkungan pemasaran untuk tetap kompetitif dan berkelanjutan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun