Mohon tunggu...
Sekar PutriDewanty
Sekar PutriDewanty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Mercu Buana. NIM 43121120087

Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurusan Manajemen, Mata Kuliah Kewirausahaan 1 Dosen Pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proposal Bisnis Monde de Donas: Rencana, Implementasi, dan Evaluasi

14 Oktober 2023   06:21 Diperbarui: 14 Oktober 2023   07:01 697
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

canva
canva

canva
canva

PROPOSAL BISNIS MONDE DE DONAS 

“ Rencana, Implementasi, dan Evaluasi ”

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Besar 1

Mata Kuliah Kewirausahaan 1

Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Disusun oleh : Sekar Putri Dewanty 43121120087

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Mercu Buana Jakarta

2023

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya saya dapat menyelesaikan tugas besar 1 ini yang diberikan oleh bapak Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak sebagai dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan 1. Proposal bisnis merupakan salah satu faktor pengukur bagi mahasiswa dalam memenuhi mata kuliah Kewirausahaan 1, dimana dari rencana bisnis yang dibuat bisa menjadi jembatan bagi seseorang untuk memulai suatu usaha.

Saya menyadari bahwa proposal bisnis ini masih jauh dari kata sempurna, baik dari Teknik penulisan maupun materi mengingat kemampuan yang saya miliki. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Sebelumnya, saya mohon maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Semoga dengan penyusunan proposal bisnis ini memberikan manfaat bagi pembaca sehingga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman diri. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.

Jakarta, 10 Oktober 2023

Penulis

BAB 1

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Donat merupakan sebuah kuliner yang memproduksi dan menjual donat tetapi tidak seperti biasanya. Dengan modifikasi rasa keju, cokelat, cokelat putih, dan sebagainya yang membuat donat ini berbeda dan menjadi unik dengan varian warna dari donat tersebut. Usaha ini adalah usaha homemade yang kemudian dipromosikan melalui media sosial ( instagram, , google ads, dsb). Donat ini merupakan kue sederhana khas indonesia yang cocok menemani seseorang dipagi hari, siang hari bahkan malam hari dengan secangkir kopi atau teh hangat. Selain itu, pengantar makan dipagi hari, donat dapat dijadikan sebagai dessert atau bisa dijadikan makanan penunda lapar dengan kandungan gizi dari isian donat tersebut. Donat merupakan salah satu jajanan yang digandrungi oleh  berbagai kalangan. Tak heran jika roti goreng berbentuk cincin ini menjadi  peluang bisnis yang menjanjikan untuk dimanfaatkan. Sebagai salah satu orang yang sangat menyukai jajanan ini, saya berencana membuka atau menjual donat dengan banyak variasi. Memanfaatkan kesempatan ini, kami berinovasi dengan menyajikan berbagai jenis donat, khususnya donat goreng tanpa lubang yang dibuat dari  kentang dan bahan-bahan berkualitas, memberikan rasa  renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu, Donat ini juga memiliki berbagai jenis isian, dapat dipesan sesuai  selera konsumen dan dikemas lebih modern dalam kotak agar mudah dibawa kemana saja  atau sebagai keranjang atau kado.Hadiah untuk saudara dan sahabat tersayang. . relatif. Untuk menjaga kebersihan donat, donat diproduksi dengan menggunakan teknologi modern sehingga  tetap terjaga kualitasnya hingga ke  konsumen dan dapat bertahan hingga beberapa hari selama pengiriman ke berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, dengan adanya peluang yang menjanjikan ini maka saya berencana untuk merancang usaha kuliner “Monde de donas” yang tentunya saya melakukan diferensiasi dalam bidang usaha ini agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk saya.

Konsep Usaha

Donat dibuat dengan konsep berbeda, yaitu  donat dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam dengan tambahan berbagai rasa di dalam maupun di luar. Pusat produksi kami ada di Jakarta dan akan kami kirim ke beberapa wilayah di Indonesia.

Visi & Misi

Visi : Menjadi pengusaha donat yang memiliki usaha besar dengan menyajikan donat berkualitas dengan harga bersaing di pasaran dan memperkenalkan produknya ke seluruh masyarakat  Indonesia. .

Misi :

  • Mengutamakan kemudahan  pelayanan bagi seluruh konsumen dengan menyiapkan donat menggunakan teknologi modern dan melakukan verifikasi pesanan konsumen dengan baik.
  • Selalu membuat kesan yang baik kepada setiap pelanggan.
  • Mendapatkan kepercayaan  konsumen berkat penyajian kue yang nyaman, rasa yang lezat dan harga yang bersaing di pasaran.
  • Terus berinovasi dengan memperkenalkan produk-produk terbaru dengan tekstur dan rasa yang nikmat dan sesuai  selera konsumen.
  • Meraih keuntungan dan pendapatan dari perusahaan donat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan para karyawan yang bekerja di toko kami.
  • Mengurangi angka pengangguran dengan menarik tenaga kerja untuk bekerja di sekitar area produksi.

Tujuan dan Manfaat

  • Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
  • Dapat belajar sendiri dan mangisi waktu luang dengan kegiatan yang
  • bermanfaat dan berorientasi pada masa depan
  • Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.
  • Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
  • Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang
  • dijalankan

BAB II

PEMBAHASAN

Recana Usaha

Nama Usaha

Nama merupakan faktor terpenting ketika memulai suatu usaha karena dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap produk. Itu sebabnya kami menggunakan nama “Mundo de donas” sebagai merek dagang terdaftar, yang dalam bahasa Spanyol berarti Donat Dunia. Sesuai dengan nama Mundo de donas  yang  menggambarkan tujuan kami, yaitu menciptakan donat yang dapat menjangkau seluruh dunia berkat kualitas dan keistimewaan donat kami.

Produk yang dihasilkan

Secara keseluruhan, Mundo de donas menyajikan aneka donat goreng dengan isian dan topping yang beragam. Namun kami juga menyediakan  kentang goreng berbentuk bulat dengan isian yang bervariasi dan tanpa isian sehingga yang menyukai rasa donat aslinya dapat menikmatinya. Untuk melengkapi persembahan donat kami, kami juga menawarkan minuman dalam berbagai rasa dengan harga terjangkau, cocok untuk dinikmati bersama  Mundo de donas kami.

Target Market

Target pasar Mundo de Donas adalah seluruh masyarakat tanpa batasan umur khususnya pelajar/pekerja kantoran di wilayah Jakarta dan sekitarnya, khususnya Jakarta Selatan.

Strategi Pemasaran.

Dalam memasarkan produk kami, kami juga menggunakan beberapa strategi pemasaran antara lain yaitu pemasaran offline dan  online. Untuk pemasaran offline, kami akan menyediakan donat di kantor  umum dan mempromosikan berbagai acara besar di daerah tersebut. Belum lagi kami juga akan membuka beberapa  cabang untuk memperluas kegiatan pemasaran. Selama ini kami akan melakukan pemasaran online  dengan membuat akun media sosial resmi dan membuat konten produk  menarik setiap harinya. Dalam kegiatan pemasaran online ini kita akan mendaftarkan produk kita pada aplikasi pesan-antar makanan Grab/Gojek. Dalam berbagai kesempatan, kami akan menawarkan diskon atau promosi khusus untuk dimanfaatkan konsumen. Untuk memperluas jangkauan pemasaran, kami juga menggunakan layanan Google Ads dan Instagram Ads agar masyarakat  luar daerah dapat menemukan produk Mundo de Donas.

Sistem Usaha

Sistem bisnis yang digunakan oleh Mundo de Donas adalah sistem pemasaran langsung, dimana kami membuka pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan. Selain itu, kami juga memperluas proses pemasaran dengan membuka toko online di marketplace untuk memenuhi pesanan dari luar daerah dan membuka beberapa  cabang di beberapa kota.

Strategi STP

Segmentation (Segmentasi):

Pada bagian segmentasi ini, saya memilih pasar massal umum yang tidak mengenal batasan usia, terutama pelajar/pelajar/karyawan/lainnya. Saya memilih toko ini karena banyak orang yang meminta donat, terutama yang menyukai makanan manis, dan harganya cocok untuk semua orang. Terletak di pusat kota, Monde de Donas cukup mudah ditemukan dan mampu bersaing dengan tempat makan lain yang letaknya cukup dekat dengan pertokoan yang ada.

Targeting (Pemilihan Sasaran):

Setelah dilakukan segmentasi, sasaran komersial Monde de donas adalah masyarakat yang menyukai makanan manis dan  masyarakat umum  juga menyukai makanan manis dengan banyak variasi untuk dicoba.

Positioning (Penempatan):

Monde de donas  memposisikan produknya sebagai suguhan manis yang dapat dinikmati oleh segala usia dan kelompok masyarakat, serta memposisikannya sebagai camilan lezat dengan banyak variasi untuk dicoba. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat dapat menikmati hidangan/makanan ringan lezat dengan beragam rasa yang disediakan oleh Monde de Donas dan sangat cocok  menemani segala aktivitas pembeli.

Strategi 5P (Product, Price, Place, Promotion, People)

Product (Produk) :

Secara keseluruhan, Mundo de donas menyajikan aneka donat goreng dengan isian dan topping yang beragam. Namun kami juga menyediakan donat  berbentuk bulat dengan topping yang bervariasi dan tanpa topping sehingga yang menyukai rasa  donat aslinya  dapat menikmatinya. Untuk melengkapi donat kami, kami juga menawarkan minuman dalam berbagai rasa dengan harga terjangkau, cocok untuk dinikmati bersama Mundo de donas kami.

Price (Harga) :

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000/pcs hingga Rp 18.000/pcs, dengan harga tersebut pembeli sudah bisa menikmati lezatnya donat dengan beragam topping yang tersedia. Monde de donas juga menawarkan harga  per bungkus donat  mulai  Rp 55.000/6 pcs untuk varian dasar, sedangkan untuk varian teratas Rp 100.000/6 pcs. Monde de donas juga memberikan diskon  kepada pelanggan setia Monde de donas, dengan harga yang tersedia Monde de donas tentunya akan bersaing dengan makanan/makanan ringan yang ada di sekitar Monde de donas.

Place (Tempat) :

Saya memilih membuka toko offline  di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Blok M. Saya juga membuka toko Monde de donas di salah satu pusat perbelanjaan di  Jakarta Selatan. Monde de donas juga tersedia untuk pemesanan online sehingga membantu pelanggan  menikmati donat dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke toko yang ada.

Promotion (Promosi) :

Untuk mempromosikan Monde de Donas, mereka menggunakan beberapa cara, antara lain  mengadakan diskon  di point-point penjualan maupun online, dan  Monde de Donas juga bekerja sama dengan perusahaan dan di berbagai event besar. Selain itu, Monde de Donas juga melakukan promosi di jejaring sosial menggunakan layanan Google Ads dan Instagram Ads.

People (Orang):

Monde de Donas mempekerjakan sejumlah karyawan untuk melayani pelanggan sesuai keinginan mereka. Tentunya para staf yang dipekerjakan oleh Mode de Donas sudah terlatih terutama di bagian produksi dan pelayanan donat sehingga donat yang disajikan enak dan konsisten. untuk pelanggan setia Le Monde de Donas. . Karyawan harus mampu melayani pelanggan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

 

Strategi Differensiasi

Strategi diferensiasi yang dilakukan pada telur dadar gulung adalah diferensiasi produk yang meliputi tampilan  menarik yaitu perbedaan variasi warna dan kandungan nutrisi yang dihasilkan dari kue tersebut.

Penerapan Strategi:

Inovasi Rasa dan Tampilan:

Mengembangkan berbagai rasa donat yang unik, mulai dari rasa tradisional hingga rasa modern yang inovatif. Penyajian tampilan yang menarik dan menggugah selera juga akan menjadi perhatian utama.

Bahan Baku Berkualitas Tinggi:

Menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan bahan organik untuk memastikan donat kami memiliki rasa dan tekstur yang istimewa.

Kemasan Menarik:

Mendesain kemasan yang menarik dan eye-catching untuk menciptakan daya tarik visual kepada pelanggan, sekaligus memberikan kesan eksklusif.

Strategi Pemimpin Biaya Rendah

Strategi ini fokus pada pengendalian biaya produksi untuk dapat menawarkan harga jual yang lebih rendah daripada pesaing, tetapi tanpa mengorbankan kualitas. Ini akan menarik bagi segmen pasar yang mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Penerapan Strategi:

Efisiensi Produksi:

Mengoptimalkan proses produksi untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi, termasuk efisiensi energi, penggunaan bahan baku, dan manajemen stok.

Pengelolaan Operasional yang Cermat:

Mengelola biaya operasional dengan hati-hati, termasuk biaya tenaga kerja dan overhead, tanpa mengurangi produktivitas dan kualitas.

Penawaran Harga Kompetitif:

Menetapkan harga jual yang kompetitif, mempertimbangkan biaya produksi yang lebih rendah, sehingga menarik perhatian konsumen yang mencari nilai terbaik.

Strategi Fokus 

Strategi fokus berarti memusatkan upaya pada segmen pasar tertentu atau wilayah geografis tertentu. Dalam konteks bisnis donat, fokus ini dapat mencakup menargetkan segmen pasar tertentu seperti anak-anak, remaja, atau orang dewasa dengan preferensi rasa tertentu.

Penerapan Strategi:

Penyesuaian Produk untuk Segmen Tertentu:

Menyesuaikan rasa, ukuran, dan kemasan donat sesuai dengan preferensi dan kebutuhan segmen pasar yang dituju, seperti donat mini untuk anak-anak.

Pemasaran yang Terfokus:

Melakukan pemasaran yang terfokus dan spesifik untuk mencapai target pasar dengan pesan yang sesuai dan menarik bagi segmen tertentu.

Penetrasi Pasar yang Mendalam:

Memperdalam penetrasi pasar di wilayah geografis tertentu yang memiliki permintaan tinggi untuk donat, dengan membangun reputasi yang kuat di daerah tersebut.

Rencana Operasional

Pengadaan bahan baku yang berkualitas serta Pengembangan resep dan produksi, Manajemen stok yang efisien hingga Pelatihan karyawan tentang proses produksi dan pelayanan pelanggan.

Pengorganisasian

Menerapkan Struktur organisasi yang jelas dan efisien hingga melakukan Penetapan tugas dan tanggung jawab untuk setiap anggota tim sehingga Penyusunan jadwal kerja yang efektif dapat di terapkan.

Pengadaan Sumber Daya

Melakukan Investasi pada peralatan produksi modern dan efisien Pemenuhan kebutuhan modal untuk operasional dan ekspansi hingga merekrutmen dan melakukan pelatihan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan.

Pelaksanaan strategi 

Dilakukan dengan menyediakan donat yang unik dan kreatif dengan variasi rasa dan bentuk yang beragam, serta melakukan promosi melalui media sosial, brosur, dan website. Selain itu, memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk memperluas pasar.

Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja dilakukan dengan melakukan analisis terhadap kinerja bisnis donat , seperti penjualan, keuntungan, dan jumlah pelanggan setia.

Perbaikan dan Penyesuaian Strategi

Jika diperlukan, dilakukan perbaikan dan penyesuaian strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis donat .

Proyeksi Pengeluaran

Proyeksi pengeluaran dalam 1 bulan adalah sekitar Rp 15.000.000,- untuk bahan baku, gaji karyawan, dan biaya operasional lainny

Analisis Pasar.

Segmentasi Pasar :

Usaha donat dapat ditargetkan pada masyarakat yang menyukai makanan yang unik dan kreatif. Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan profesi. Misalnya, masyarakat usia muda yang suka berfoto dan memposting makanan di media sosial, ibu rumah tangga yang ingin memberikan makanan yang unik dan kreatif untuk keluarga, dan pelajar yang ingin mencoba makanan yang berbeda.

Analisis Persaingan:

Persaingan dalam bisnis donat cukup ketat. Namun, dengan menyediakan donat yang unik dan kreatif, usaha donat dapat bersaing dengan bisnis donat lainnya.

 

Analisis SWOT

Strength:

Mundo de donas menghadirkan rasa yang berbeda dibandingkan donat sebelumnya dengan harga bersaing di pasaran. Selain itu  rasa yang kami sediakan sangat beragam dan bisa sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, Mundo de donas sebagian besar dikemas dalam kotak berinsulasi agar tidak tercampur dengan donat lainnya. Lokasi komersial Mundo de Donas juga sangat strategis karena berada di pusat kota sehingga memudahkan konsumen untuk menuju toko.

Weakness:

Proses produksinya jauh dari maksimal karena isian Mundo de Donas yang berkualitas dan premium terbuat dari bahan impor, sehingga membutuhkan waktu  lama untuk sampai ke  kami. Selain itu, Mundo de Donas tidak menggunakan bahan pengawet sehingga donatnya hanya tahan lama, yakni tiga hari di suhu ruang dan maksimal dua minggu di lemari es.

Opportunity:

Donat merupakan makanan yang  familiar di telinga masyarakat sehingga proses pemasarannya pun menjadi lebih mudah. Selain itu, saat ini banyak sekali jenis donat dengan tekstur  renyah dan isian lembut yang beredar di pasaran. Mundo de donas juga memiliki pangsa pasar yang besar karena kemasannya yang nyaman dan kerjasama yang baik dengan jasa pengiriman sehingga memudahkan proses pengiriman Mundo de donas ke berbagai wilayah di Indonesia.

Threat:

Ancaman utama bagi bisnis kami adalah adanya persaingan komersial yang dimulai dengan konsep serupa dengan Mundo de Donas dan menawarkannya dengan harga  lebih murah. Untuk mengatasi hal tersebut, kami selalu menjaga kualitas donat agar mampu bersaing di pasaran.

BAB III

ASPEK KEUANGAN

Modal

 Perlengkapan

 

  • Keterangan
  • Harga
  • Alat pengorengan
  • Rp. 800,000
  • Etalase donat
  • Rp. 4,000,000
  • Mixer besar
  • Rp. 2,500,000
  • 1 set Loyang
  • Rp. 550,000
  • 1 set baskom
  • Rp. 500,000
  • Timbangan digital
  • Rp. 800,000
  • Mesin pencetak donat
  • Rp. 2,250,000
  • Meja produksi
  • Rp. 1,500,000
  • Alat tiris minyak
  • Rp. 3,500,000
  • Mesin profer
  • Rp. 5,500,000
  • Pendingin udara
  • Rp. 5,000,000
  • Komputer
  • Rp. 3,500,000
  • Printer
  • Rp. 1,250,000

Sewa tempat


    • Keterangan
    • Harga
    • Biaya sewa tahunan
    • Rp. 20,000,000
    • Biaya renovasi tempat
    • Rp. 50,000,000

    Gaji Karyawan

    • Keterangan
    • Harga
    • 5 Karyawan produksi
    • Rp. 13,500,000
    • 2 Waiters
    • Rp. 5,000,000
    • Kasir
    • Rp. 3,000,000
    • Admin Online
    • Rp. 3,000,000
    • 2 Karyawan kebersihan
    • Rp. 4,000,000

    Biaya Oprasional

    • Keterangan
    • Harga
    • Belanja bahan baku
    • Rp. 15,000,000
    • Listrik
    • Rp. 1,500,000
    • Air
    • Rp. 500,000
    • Internet
    • Rp. 500,000

     

    Biaya promosi

    • Keterangan
    • Harga
    • Google Ads
    • Rp. 500,000
    • Instagram Ads
    • Rp. 500,000

    Harga pokok produksi

    • Keterangan
    • HPP
    • Harga Jual
    • Keuntungan
    • Donuts Original
    • Rp. 5,000
    • Rp. 10,000
    • Rp. 5,000
    • Donuts Original with topping
    • Rp. 5,000
    • Rp. 15,000
    • Rp. 5,000
    • Crispy donuts original
    • Rp. 7,000
    • Rp. 12,000
    • Rp. 5,000
    • Crispy donuts with topping
    • Rp. 10,000
    • Rp. 18,000
    • Rp. 8,000
    • Paket donuts ori 1
    • Rp. 47,000
    • Rp. 55,000
    • Rp. 8.000
    • Paket donuts ori 2
    • Rp. 95,000
    • Rp. 105,000
    • Rp. 10,000
    • Paket crispy donuts 1
    • Rp. 80,000
    • Rp. 100,000
    • Rp. 20,000
    • Paket crispy donuts 2
    • Rp. 180,000
    • Rp. 200,000
    • Rp. 20,000
    • Premium chocolate
    • Rp. 10,000
    • Rp. 20,000
    • Rp. 10,000
    • Milk tea
    • Rp. 10,000
    • Rp. 20,000
    • Rp. 10,000
    • Coffe latte
    • Rp. 10,000
    • Rp. 20,000
    • Rp. 10,000

     

    Perkiraan Keuntungan

    • Nama produk
    • Target penjualan /hari
    • Keuntungan kotor /hari
    • Donuts original
    • 25 pcs
    • Rp. 75,000
    • Donuts original with topping
    • 30 pcs
    • Rp. 150,000
    • Crispy donuts original
    • 25 pcs
    • Rp. 75,000
    • Crispy donuts with topping
    • 30 pcs
    • Rp. 240,000
    • Paket donuts ori 1
    • 20 paket
    • Rp. 160,000
    • Paket donuts ori 2
    • 20 paket
    • Rp. 100,000
    • Paket crispy donuts 1
    • 20 paket
    • Rp. 400,000
    • Paket crispt donuts 2
    • 20 paket
    • Rp. 400,000
    • Premium chocolate
    • 25 cups
    • Rp. 250,000
    • Milk tea
    • 25 cups
    • Rp. 250,000
    • Coffee latte
    • 25 cups
    • Rp. 250,000
    • Total
    • 265 pcs
    • Rp. 2,350,000

     

    Estimasi balik modal

    • Keterangan
    • Total
    • Keuntungan Kotor Bulanan
    • Rp. 70,500,000
    • Biaya Oprasional Bulanan
    • Rp. 47,000,000
    • Keuntungan Bersih Bulanan
    • Rp. 23,500,000

    KESIMPULAN

    Usaha donat  merupakan bisnis yang menjanjikan di era modern ini. Dengan menyediakan donat yang unik dan kreatif yang berkualitas dan memiliki rasa yang enak, usaha donat kreatif dapat bersaing dengan bisnis donat lainnya. Strategi pemasaran yang tepat dan pengelolaan keuangan yang baik dapat membantu usaha donat untuk berkembang dan sukses.Sebagai pencinta makanan manis seperti donat saya berinovasi untuk membuat jajanan sederhana khas Indonesia ini bisa dapat terus berkembang di pasaran. Usaha donat ini cukup menjanjikan selain dikarenakan peluang pasar yang ada,. Dengan menerapkan strategi diferensiasi, pemimpin biaya rendah, dan fokus, kami percaya bahwa bisnis donat kami akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta mencapai keunggulan kompetitif di pasar yang kompetitif. Diharapkan bisnis ini bisa bersaing dengan makanan lain dan menjadi suatu trend yang dapat booming di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat dan unik bagi masyarakat.

    SARAN

    Dari usulan bisnis ini diharapkan bisnis ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan banyak diminati oleh konsumen. Saran saya, apapun bisnis yang kita lakukan, kita harus  mempunyai  kreatifitas dan inovasi yang tinggi agar konsumen tidak merasa jenuh atau capek ketika memakan atau menggunakan produk yang kita hasilkan. Sebab saat ini, jika kita tidak melakukan inovasi seunik mungkin, kita bisa dikalahkan oleh kompetitor yang sebenarnya juga sama-sama mampu. Dalam industri pembuatan donat ini kita harus mengambil sikap untuk menarik konsumen agar semakin banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan kemaslahatan bersama dalam mengembangkan produk kita dan kita juga  harus mengingatkan bahwa pembeli adalah raja. , jadi kita harus bersikap ramah terhadap setiap konsumen atau pembeli. Oleh karena itu, dibutuhkan kecerdasan dalam berbisnis, dimana kita mempunyai kemampuan untuk mencari peluang yang menguntungkan di pasar agar apa yang kita jual bisa menjadi sesuatu yang disukai masyaraka.

     

    Daftar Pustaka

    https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran/

    http://repo.uinsatu.ac.id/19158/5/BAB%20II.pdf

    https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/mbis/2017/jiunkpe-is-s1-2017-31412165-39336-strategi-chapter2.pdf

    Adinda, K. (2021 ). Analisis SWOT dalam Bisnis: Pengertian, Tips, dan Contohnya. Analisis SWOT dalam Bisnis: Pengertian, Tips, dan Contohnya.

    Kenton, W. (2023). What Is Strategic Management? What Is Strategic Management?

    Selvaanjeli. (n.d.). Strategi Fungsional Dan Strategi Bisnis. Strategi Fungsional Dan Strategi Bisnis, 3.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun