Mohon tunggu...
Putri Dwi Ariani
Putri Dwi Ariani Mohon Tunggu... -

Putri Dwi Ariani was born in Bekasi1995

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berpertualangan ke TVRI...

23 November 2014   15:00 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:04 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tanggal 17november2014 hari senin kemarin aku dan temen-teman sekelas teknik radio dan tv kunjungan ke stasiun TVRI di daerah Jakarta. Sesampai disana aku dan teman-teman sekelasku berkumpul di sebuah aula TVRI bersama bapak produser desain interior TVRI. Di aula TVRI kita membahas tentang tata artistik desain interior bersama beliau. Beliau menerangkan apa itu desain interior, cara pembuatan desain interiornya dan banyak sekali yang di jelaskan oleh beliau.

Setelah selesai membahas desain interior di aula, aku dan temen-temen sekelasku mengunjungi VTR ROOM. VTR ROOM berfungsi untuk merekam signal v/a selain untuk merekam VTR/VCR dfapat juga digunakan untuk merekam play back ( memutar ulang ) materi acara yang sudah di rekam sebelumnya.

Setelah dari ruangan VTR kita juga mengunjungi ruangan studio berita didalam studio berita lagi ada acar live pembacaan berita siang,aku dan teman-teman sekals melihat pemprosesan live berita di dalam studio berita ada pembaca berita,ada kamera,ada system lighting,dekorasi atau porperti,sound system,fasilitas siaran.setelah dari ruang studio berita aku melihat kunjungan ruangan sub control studio. Sub control studio itu untuk memilih atau mengabungkan gambar-gambar yang diperoleh dari berbagi camera, jadi signal video yang berasal dari camera dimasukan ke video mixer demikian juga untuk bagian audio dan mikrophon yang dipasangkan di studio di control oleh audio mixer.

Diruangan control signal video dan audio yang keluar dari SUB CONTROL STUDIO dikirim diruang master control. Pada master control ini signal video dan audio melalui system matrix dikirim atau di salurkan masing-masing tujuan. Setelah itu aku dan teman-teman sekelas juga mengunjungi ruangan porperti atau dekorasi tata artistik disana kita melihat slah satu tim tata desain interiornya sedang sibuk membentuk suatu rumah.

Setelah itu kami juga mengujungi ruangan studio musik didalamstudio musik ata dekorasi tata panggung yang sangan megah dan bagus, lighting terpasang dengan tata yang rapih kursi-kursi penonton yang menghiasi berwarna biru yang terang.

Setelah itu kita juga berkunjung ke ruangan editing disana kita melihatMSU ( master setup unit ), ada juga romote control pan dan sebaginya alat yang ada di bagian editing. Setelah itu aku dan teman-teman berkunjung terakhir keruangan transmisi room bisa dibilang transmisiroom itu tempat pemancaran dimana signal v/a yang tidak di modulasi didalam transmitter tidak langsung dipancarkan kepada permirsa dirumah dari stasiun penyiaran. Akan tetapi sinyal informasi dikirim kepemancar duduk di joglo Jakarta pusat dari pemancar.

Itu cerita aku dan teman-teman aku saat aku berkunjungdi TVRI saat itu aku sangat senang karena aku bisa mempelajari semua yang ada TVRI semoga bisa mempelajari lebih dalam lagi amiiin.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun