Mohon tunggu...
Putri Dwi Agustianingrum
Putri Dwi Agustianingrum Mohon Tunggu... Guru - guru

saya adalah Guru Kelas VI di SDN 26 Sungai Bun, Kec. Kembayan, Kab. Sanggau, Prov. Kalimantan Barat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata 1.4.a.9.1 Modul 1.4 Budaya Positif

12 Februari 2023   19:32 Diperbarui: 12 Februari 2023   19:34 1969
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.4.a.9.1. Aksi Nyata Modul 1.4 - Forum Berbagi Aksi Nyata

Oleh : Putri Dwi Agustianingrum, S. Pd

CGP Angkatan 7

SDN 26 Sungai Bun, Kec. Kembayan, Kab. Sanggau, Kal-Bar

 

1. Menumbuhkan Budaya Positif Melalui Keyakinan Kelas

Latar Belakang

Budaya positif di sekolah sangatlah penting untuk mengembangkan anak-anak yang memiliki karakter yang kuat, sesuai profil pelajar Pancasila. Setelah memahami pentingnya membangun budaya positif di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid agar tercapainya visi guru penggerak. Oleh karena itu budaya positif harus ditumbuhkan secara berkesinambungan dan konsisten, alasan Inilah yang kemudian menjadi latar belakang saya untuk membuat rancangan aksi nyata modul 1.4 Budaya Positif, dimana dalam elaksanaannya saya tentu sangat membutuhkan dukungan dari seluruh warga sekolah agar memiliki, meyakini, dan menerapkan visi atau nilai-nilai kebajikan yang disepakati, sehingga tercipta budaya positif yang berpihak pada murid. Murid tidak suka peraturan, cenderung berperilaku tidak disiplin, dan hanya telihat patuh apabila mendapatkan motivasi dari luar dirinya, murid belum memiliki nilai kesadaran dari dalam dirinya akan pentingnya disiplin positif

Tujuan Aksi Nyata

  • Mewujudkan budaya positif dengan menerapkan pembiasaan disiplin positif dengan keyakinan kelas/sekolah
  • Memfasilitasi murid untuk dapat meyampaikan aspirasinya dan melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati atas kesadaran dari dalam dirinya sendiri dengan penuh tanggung jawab
  • Mewujudkan murid yang berkarakter disiplin positif sesuai dengan profil pelajar pancasila
  • Menumbuhkan motivasi instrinsik pada murid dengan menanamkan nilai-nilak kebajikan yang diyakini
  • Mewujudkan ekosistem belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan

Tolak Ukur Keberhasilan

  • Murid mampu menjalankan keyakinan-keyakinan kelas yang telah disepakati secara konsisten atas dasar kesadaran dari dalam diri nya sendiri dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Murid mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai bentuk menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya
  • Tercipta kondisi belajar yang aktif, aman, nyaman dan menyenangkan.
  • Terwujudnya pembiasaan-pembiasaan positif yang menunjukkan perilaku yang mencerminkan profil pelajar pancasila
  • Linimasa Tindakan
  • Berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang pentingnya penerapan budaya positif melalui keyakinan kelas, serta meminta izin untuk melakukan pembiasan materi/diseminasi kepada seluruh warga sekolah SDN 26 Sungai Bun
  • Menyusun kesepakatan kelas bersama semua murid melalui beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari tahap menanyakan pendapat murid tentang permasalahn pembelajaran yang selama ini mereka rasakan, sampai pada tahap penandatanganan hasil kesepakatan semua murid
  • Berkolaborasi dan berkoordinasi dengan wali kelas untuk membentuk keyakinan kelas dikelas masing-masing
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang belum dilakukan, menanyakan hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan budaya positif melalui pelaksanaan kesepakatan kelas, dan menentukan rencana tindak lanjut.
  • Melakukan kegiatan pengimbasan/diseminasi pada rekan sejawat mengenai konsep modul Budaya Positif  dan berkolaborasi dalam menumbuhkan budaya positif disekolah
  • Memantau, merefleksi, mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat

Dukungan yang dibutuhkan

  • Dukungan dari seluruh warga sekolah, terutama kepala sekolah, rekan guru, murid dan orang tua untuk mewujudkan budaya positif
  • Sarana dan prasarana untuk mewujudkan budaya positif disekolah
  • Orag tua dalam mewujudkan budaya positif dirumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun