Mohon tunggu...
Putri Awal
Putri Awal Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswi

Saya Putri Awaliyah, mahasiswi jurusan S1-Manajemen Komunikasi. Saya juga bekerja sebagai Editor foto dan video.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Menjadi Public Speaking yang Baik

11 Januari 2023   14:12 Diperbarui: 11 Januari 2023   14:29 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo, nama saya Putri Awaliyah. Umur saya 20 tahun. Saya mahasiswi jurusan S1-Manajemen Komunikasi, Institut STIAMI. Sekarang saya sudah di semester 5. Saya juga bekerja sebagai editor foto dan video wedding organizer. 

Alhamdulillah, tempat kuliah saya mempunyai sistem pembelajaran 2 shift, pagi dan malam. Bagi mahasiswa/i yang juga kuliah sambil bekerja, dapat mengambil kelas malam. Tempat kerja saya masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore. Waktu kuliah saya mulai jam 5 sore sampai dengan jam 9 an malam. Saya juga aktif sebagai Menteri KOMINFO BEM-KM kampus saya.

Salah satu kelemahan saya yang saat ini masih saya usahakan dengan keras untuk tertutup atau tidak muncul adalah lemahnya saya dalam berkomunikasi interpersonal. Saya punya kecenderungan untuk terlalu jujur dan blak-blakan. Apalagi jika berbicara di depan umum, saya pasti gugup dan tidak lancar saat berbicara. 

Saya merupakan orang yang cukup sulit beradaptasi saat di lingkungan yang baru. Dalam situasi berbaur saya cenderung pasif dan akan berbicara ketika orang lain yang memulai. Meski demikian, saya menyadari bahwa hal tersebut dapat mengganggu pekerjaan, sehingga saya harus aktif dan memulai berbicara dengan orang yang baru saya kenal. Saat ini saya sudah lebih baik dalam hal tersebut karena saya tambah percaya diri.

Public speaking adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam banyak pekerjaan. Misalnya saja pada saat melakukan presentasi di depan atasan. Seperti asal katanya speaking, hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuanmu berbicara. Public speaking juga penting bisa menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. 

Selain itu, kamu juga jadi lebih percaya diri, bisa memimpin orang lain, dan memengaruhi orang lain. Dalam Manajemen Komunikasi, Public Speaking sangat erat kaitannya. 

Maka dari itu, dalam prosesnya menjadi seorang Public speaking yang baik harus banyak berlatih dan praktik dengan melakukan di depan cermin, di depan temanmu, atau direkam menggunakan handphone-mu. Kamu akan menemukan hal-hal yang kurang dalam dirimu, misalnya, masih terbata-bata, terlalu cepat berbicara, terlalu banyak mengucapkan filler words (emm, anu, eh, apa itu, dan lainnya).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun