Mohon tunggu...
Putri aisahFadhilla
Putri aisahFadhilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

jurusan ekonomi syariah, IAIN Kendari

Selanjutnya

Tutup

Money

Perceptual Mapping dan Positioning Mapping Sertai Contohnya

16 Mei 2022   12:37 Diperbarui: 16 Mei 2022   18:13 1100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dikutip dari temanstartup.com Perceptual Mapping atau Pemetaan Persepsi merupakan salah satu teknik grafik yang harus dipelajari dan dipahami oleh para pebisnis. Hal ini bertujuan agar pеrusahaan dapat mеngеtahui bagaimana posisi mereka jika dilihat dari bеbеrapa pеrsеpsi yang dimiliki olеh konsumеn, sеhingga pеrusahaan dapat mеngеtahui kеlеmahan dan kеlеbihan yang dimiliki olеh kompеtitornya. Sedangkan positioning mapping adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan peneliti pasar untuk mengetahui actual position dan positioning goals dari suatu produk, atribut, atau merek. 

Contohnya :

Perceptual Mapping dan positioning mapping pada Brand Kosmetik Indonesia

Jika ada yang bertanya "produk dari brand kosmetik apa yang memiliki kualitas bagus dan harga yang murah? "

Dokpri
Dokpri

Perceptual Mapping diatas dibuat berdasarkan persepsi saya sebagai konsumen. 

Saya memiliki persepsi bahwa brand kosmetik wardah adalah brand kosmetik yang memiliki kualitas bagus dan harga yang murah. 

Secara realita yang memiliki kualitas bagus adalah brand kosmetik make over hanya saja harga kosmetik dari brand ini bisa dibilang mahal. Dan brand kosmetik yang memiliki harga yang murah adalah brand kosmetik emina, hanya saja kualitas dari brand ini masih kurang. Sedangkan untuk brand kosmetik pixy memiliki kualitas bagus tetapi harganya lumayan mahal. 

Untuk  brand Emina, mereka berhasil memikat pelanggan dengan harga namun tidak dengan kualitas untuk itu Brand Emina sebaiknya meningkatkan kembali kualitas dari produk yang dijual.

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah manajemen pemasaran yang diberikan oleh bapak dosen Miftahur Rahman Hakim, SEI. , ME. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun