Untuk waktu yang lama, kantor akuntan berfokus pada layanan audit dan perpajakan. Fungsi paling penting dari kantor akuntan adalah layanan audit, dan independensi auditor adalah karakteristik kunci dari pasar modal yang efisien. Peningkatan di tahun 2014 ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2011.Â
Menurut Survei Industri Jasa Kantor Akuntan 2015, jumlah kantor akuntan di Taiwan meningkat dari 1012 pada tahun 2010 menjadi 1048 pada tahun 2014, dan dari 1139 menjadi 1203 selama periode tersebut jika kantor pusat dan cabang dihitung secara terpisah. Sejauh menyangkut inkorporasi, jumlah praktisi tunggal meningkat dari 769 pada tahun 2010 menjadi 796 pada tahun 2014. Jumlah firma kemitraan dengan dua atau lebih akuntan tumbuh dari 243 pada tahun 2010 menjadi 252 pada tahun 2014. Sebanyak 166 firma baru didirikan dari tahun 2010 hingga 2014, memberikan kontribusi sebesar 15,8% dari total. Ini berarti peningkatan sekitar 42 perusahaan per tahun. Faktanya, 48 firma baru didirikan pada tahun 2014 (vs. 42 firma baru pada tahun 2013). Singkatnya, persaingan semakin ketat setiap tahunnya. Ini telah menciptakan tantangan bisnis bagi kantor akuntan tentang bagaimana mempertahankan keunggulan kompetitif dan mencari terobosan operasional.Â
Menurut Survei Industri Jasa Kantor Akuntan 2015, sebagian besar pendapatan tahunan 2014 berasal dari jasa: NT$6,80 miliar untuk audit perusahaan publik (23,8%); NT$5,72 miliar untuk pemeriksaan pajak penghasilan (20,0%); NT$4,33 miliar untuk audit keuangan lainnya (15,1%); dan NT$3,13 miliar untuk jasa perpajakan lainnya (11,0%). Bisnis lain menyumbang NT$8,39 miliar (29,3%). Sementara diversifikasi dapat membawa lebih banyak klien, kantor akuntan harus terlebih dahulu berspesialisasi dalam bisnis tertentu sebelum mengembangkan klien di segmen pasar yang berbeda.Â
Perusahaan akuntansi direkomendasikan untuk fokus pada spesifik area bisnis untuk mendorong reputasi mereka dan meningkatkan layanan. Sementara diversifikasi dapat membawa lebih banyak klien, kantor akuntan harus terlebih dahulu berspesialisasi dalam bisnis tertentu sebelum mengembangkan klien di segmen pasar yang berbeda. perusahaan akuntansi disarankan untuk merekrut profesional dengan lisensi CPA atau yang mampu memberikan kontribusi untuk manajemen layanan konsultasi.Â
Hal ini akan meningkatkan daya persuasif dan dasar pelayanan bagi klien. Ini akan meletakkan dasar yang kuat untuk loyalitas klien yang sudah ada dan pengembangan baru klien. Kontribusi pendapatan dari jasa konsultasi manajemen terbatas. Peningkatan kinerja operasi untuk kantor akuntan dan perusahaan konsultan manajemen memerlukan pendekatan terencana dan pemikiran strategis. membagi strategi organisasi menjadi tiga tingkatan: strategi perusahaan, strategi bisnis, dan strategi area fungsional. Kantor akuntan adalah organisasi jasa dan karenanya sumber daya manusia adalah input yang paling penting, Karena mereka memberikan layanan dan konsultasi, sumber daya manusia adalah faktor masukan yang paling penting. Manajemen sumber daya manusia adalah strategi area fungsional yang digunakan untuk memastikan alokasi dan pemanfaatan sumber daya manusia yang efektif, serta dapat membantu kantor akuntan dalam perencanaan strategi perusahaan yang tepat dan strategi sumber daya manusia di pasar konsultasi manajemen, sehingga mereka dapat meningkatkan kinerja operasi audit dan bisnis konsultasi manajemen dan mencapai keberlanjutan operasi mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H