Mohon tunggu...
Putri Nur Azizah
Putri Nur Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Life must go on

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sosialisasi Inovasi Branding dan Digitalisasi Sistem Pembukuan pada UMKM Kerupuk Lempeng Desa Ngepeh

23 Februari 2022   20:05 Diperbarui: 23 Februari 2022   20:10 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN-T kelompok 36 Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) dengan dosen pembimbing Ibu Ika Krisdiana, S.Si., M.Pd melakukan sosialisasi inovasi branding, sistem pembukuan serta pemasaran secara digital pada UMKM di Desa Ngepeh. Desa Ngepeh khususnya pada Dusun 1 Ngepeh memiliki produk unggulan desa yaitu kerupuk lempeng Sopo Nyono yang merupakan usaha turun menurun. Menurut Taufiq Ichsan salah satu anggota KKN-T kelompok 36 menuturkan bahwa UMKM Kerupuk Lempeng Sopo Nyono memiliki beberapa kendala diantaranya kekuatan branding yang masih lemah, pemasaran dan sistem pembukuan. Hal tersebut mendorong tim KKN-T kelompok 36  tahun 2022 melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap UMKM mulai dari pelatihan packaging sebagai kekuatan brand, pemasaran secara digital serta pelatihan pembukuan secara digital.

Dokpri
Dokpri

Tio Adi Saputra selaku ketua pelaksana menginisiasi adanya kegiatan ini dengan tujuan untuk memajukan produk unggulan Desa Ngepeh. Kegiatan yang dibimbing oleh Ika Krisdiana, S.Si, M.Pd  dilakukan secara berkala dari rentang waktu 8 hingga 9 Februari 2022 secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Produk kami masih belum mempunyai logo yang menarik, pemasaran kamipun masih meliputi wilayah regional karna belum melakukan pemasaran melalui media sosial" ucap Ibu Lasiyem selaku pemilik usaha.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan edukasi digital marketing yang dilakukan tim KKN-T UNIPMA 36 berfokus pada pelatihan pembutan logo dan kemasan. Pelatihan desain kemasan dilakukan dengan tahap sosialisasi fungsi, komponen logo dan pelatihan pembuatan logo. Pembukuan secara digital juga dilakukan dengan salah satu aplikasi yaitu Buku Kas. "Melalui pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN UNIPMA kami dapat belajar untuk mengembangkan usaha kami" ujar Ibu Lasiyem. Saat ini UMKM Kerupuk Lempeng Sopo Nyono telah memiliki logo dan desain kemasan baru dan melakukan pencatatan keuangan secara digital. Selain memberi pelatihan mahasiswa KNN-T juga belajar mengenai proses pembuatan kerupuk lempeng. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun