Putri Maharani/Akuntansi/Ekonomi dan Bisnis/Universitas Palangkaraya
Studi kasus pada Sentra Industri Tempe Pangkoh Pulang Pisau
Penerapan aspek mikroekonomi diperlukan dalam meningkatkan peran UKM. Salah satunya mengenali struktur pasar dan pembentukan harga.Didalam level mikro neoklasik . Dijelaskan mengenai struktur pasar (permintaan dan penawaran) dapat menjadi determinan dalam pembentukan harga, output dan pendapatan.Â
Pangkoh merupakan salah satu daerah UKM di Kabupaten pulang pisau yang perekonomiannya berkembang pesat karena usaha tempe nya Sampai sekarang. Sampai sekarang para pedagang di daerah pangkoh masih bisa mempertahankan perkembangan usaha tempe nya. Dan bahkan beberapa dari mereka ada yang semakin maju dalam mengembangkan usaha tersebut.
Karena itu pembentukan harga memiliki peran yang penting didalamnya, mengetahui bagaimana mekanisme harga di dalam usaha tersebut dan harga para pesaing usaha terbentuk sehingga nantinya mereka tetap dapat menarik minat para konsumen serta mempertahankan para pelanggannya. Untuk mengetahui itu semua diperlukan identifikasi struktur pasar, serta identifikasi bagaimana struktur pasar tersebut dapat berimplikasi terhadap proses terbentuknya harga, sehingga Industri Tempe Pangkoh tetap bisa mempertahankan perkembangan usahanya.
Bagaimana sih hubungan pasar dalam ekonomi?
Pada dasarnya manusia memiliki tiga kegiatan pokok dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu, konsumsi,produksi dan distribusi yang tidak lepas dari faktor penawaran dan permintaan. Setiap perekonomian memiliki dua kesatuan ekonomi dasar yaitu produsen dan konsumen. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas jumlah yang terjual di pasar dan sangat penting untuk mengetahui perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual.Â
Apa itu pasar?
Pasar dapat diartikan sebagai suatu tempat atau proses interaksi antara konsumen dan produsen, adapula yang menyebutkan pasar sebagai tempat berinteraksi antara pembeli dan penjual dari suatu barang atau jasa tertentu.Â
Tentu saja didalam pasar terdapat aktivitas ekonomi seperti produksi,distribusi dan konsumsi  . Sehingga pada akhirnya bisa menetapkan harga pasar dan jumlah yang diperdagangkan. Dalam aktivitas usaha yang dilakukan di pasar melibatkan dua subjek pokok yaitu konsumen dan produsen.Â
Masing-masing memiliki peran yang sangat besar terhadap pembentukan harga suatu barang dipasar. Dengan adanya pasar dapat membantu aktivitas ekonomi masyarakat baik konsumen maupun produsen dalam mencapai kepentingan masing-masing serta dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Struktur Pasar Dalam Perekonomian
Sruktur pasar mengarah kepada seluruh aspek pasar,seperti berapa jumlah perusahaan yang ada dan jenis produk yang dijual yang bisa juga mempengaruhi perilaku dan operasi perusahaan dipasar tersebut.Â
Dalam struktur pasar terdapat jumlah penjual dan sifat produk yang merupakan bagian signifikan dari struktur pasar dan lainnya seperti mudahnya memasuki industri dan sifat perusahaan,bagaimana kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi permintaan melalui periklanan.Â