Pelayanan yang baik akan meningkatkan penilaian pengguna terhadap bisnis yang dijalani. Masyarakat sangat tertarik dengan pelayanan cepat dan efisien waktu tanpa harus menunggu antrian untuk mendapatkan sebuah pelayanan.Â
Dalam membangun suatu bisnis sangat penting untuk diperhatikan sistem pelayanannya.Teknologi informasi yang mendominasi saat ini membuat para pelaku bisnis bersaing dalam memberikan sebuah pelayanan yang terbaik bagi penggunanya.
Informasi yang kemungkinan dapat berubah setiap saat, dengan tuntutan perkembangan teknologi sehingga website Trajanda yang telah dibangun menerapkan Artificial Intelligence (AI) berupa Chatbot yang mampu melayani dan menjawab permasalahan saat pemesanan.
Chatbot pada dasarnya adalah sebuah software yang digerakkan oleh AI dengan fungsi untuk melakukan percakapan dengan pengguna melalui teks atau ucapan.Â
Beberapa tugas yang dapat dikerjakan dengan chatbot ini yaitu menjawab pertanyaan pengguna dan melakukan penyelidikan, memesan tiket, asisten belanja pribadi, membantu penanganan pertanyaan seputar produk/ jasa, mengumpulkan feedback dari pelanggan secara efisien, dan lainnya.Â
Dari tiu dengan memanfaatkan fitur tersebut kemudian kami merancang chatbot yang menjawab pertanyaan dari pelanggan yang akan memesan tiket pesawat pada laman website Trajanda.
Ruang pelayanan bagi penggunan ini berupa Chatbot yang terdapat dalam fitur "Tanyakan Kami" menambah kenyamanan pengguna dalam menggunakan website Trajanda yang berisikan layanan service yang merespon pengguna terkait pertanyaan mengenai website, pemesanan tiket, maskapai, dan merekomendasikan perjalanan wisata serta oleh-oleh yang menjadi ciri khas dari kota yang dikunjungi dengan tujuan menjadi ajang promosi wisata local yang ada di Indonesia dan membantu para pelaku UMKM mempromosikan hasil produk daerah mereka.
Mahasiswa : Putri Windasari (S1-Matematika, FSM 2019)
Lokasi KKN : Veteran RI Building 15th Floor Plaza Semanggi, Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 50, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H