Pendidikan dapat diartikan sebagai pengalaman belajar sepanjang hayat. makna tersirat dari pernyataan tersebut menyatakan bahwa tidak ada batas usia dalam pendidikan. setiap orang berhak merasakan pendidikan yang layak agar dapat mensejahterakan kehidupannya. oleh karena itu setiap ada pendidikan pasti tak lepas dari pembelajaran. dengan adanya pembelajaran yang menjadi sarana keberhasilan pendidikan akan membuat terwujudnya cita cita bangsa.Â
agar pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan harapan bangsa diperlukan juga kurikulum yang telah kita ketahui bahwa kurikulum menjadi bagian dari pendidikan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa  Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Â
Mengacu  pada  undang undang tersebut fungsi pendidikan yaitu pada Pasal 3 yang menyatakan bahwa ''Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi  peserta didik agar  menjadi  manusia  yang  beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,dan menjadi warga negara  yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pada era digitalisasi dan globalisasi saat yang semakin berkembang dengan pesat, penting bagi dunia pendidikan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan abad ke-21. hal tersebut dilakukan agar pendidikan indonesia dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi. perkembangan dunia pendidikan harus menjadi perhatian bagi pemerintah indonesia serta pelaku pendidikan, Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga perkembangan ke arah yang lebih baik ialah dengan melalui transformasi kurikulum yang lebih relevan dan adaptif sesuai dengan perkembangan zaman pada abad-21.
Transformasi kurikulum adalah proses pengembangan dan perubahan pada kurikulum yang ada, dengan tujuan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan telah relevan dengan tuntutan zaman. Transformasi ini harus melibatkan beberapa hal diantaranya ialah : Â pembaruan materi pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi hasil belajar. Dalam sejarah negara indonesia sejak tahun 1945 telah tercatat kurikulum pendidikan nasional yang telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 (KTSP) , 2013 dan 2022 yang telah kita kenal sebagai kurikulum merdeka. dengan adanya transformasi kurikulum ini merupakan konsekuensi yang sangat wajar yang di sebabkan dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan iptek dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.Â
pada saat ini banyak sekali tantangan tantangan yang harus dihadapi seiring dengan terjadinya transformasi kurikulum, Salah satu tantangan utamanya ialah dengan mempersiapkan siswa untuk beradaptasi dengan cepat di dunia yang sudah didominasi oleh teknologi dan informasi. Dalam abad ke-21, Â memiliki keterampilan digital menjadi kebutuhan yang penting agar dapat memanfaatkan kemajuan digital dengan maksimal serta dapat bersaing di era digitalisasi saat ini. Oleh karena itu, penting bagi penerus bangsa agar mendapatkan pendidikan yang relevan baik pendidikan formal ataupun nonformal. kurikulum perlu mencakup pengembangan keterampilan digital seperti pemrograman, analisis data, dan literasi media. Siswa juga perlu diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian dalam berkolaborasi secara virtual.
Selain itu, Dalam abad ke-21 sudah terjadi transformasi kurikulum dengan itu kita juga perlu memperhatikan beberapa aspek keberlanjutan dan lingkungan, banyak sekali isu-isu yang harus diperhatikan seperti perubahan iklim, keberlanjutan energi, Pendidikan Berkelanjutan, Kolaborasi dengan Pihak Eksternal, dan pengelolaan sumber daya menjadi semakin penting. Kurikulum harus mempersiapkan siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberikan solusi untuk masalah-masalah global agar agar dapat menhadapi tantangan tantangan di masa depan kelak.
untuk mendukung keberhasilan dari transformasi kurikulum sumber belajar yang digunakan harus relevan dengan perkembangan zaman, berikut sumber-sumber yang dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan transformasi kurikulum ini antara lain:
Pedoman Kurikulum Nasional : pemerintah mengeluarkan pedoman ini agar menjadi sumber yang praktis dalam mengimplementasikan kurikulum. Pedoman ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. kurikulum nasional merupakan kurikulum yang diterapkan oleh semua instansi pendidikan, di dalam nya memuat standar kompetensi, tujuan pembelajaran, dan indikator pencapaian. hal ini dikarenakan agar setiap pembelajaran dapat mencapai tujuannya.
Riset dan Studi: dengan melakukan Riset dan studi terkini tentang pendidikan dan perkembangan teknologi dapat membantu memberikan wawasan yang berharga dalam mengembangkan kurikulum yang adaptif. selain itu dengan adanya riset dan studi terkini tentang pendidikan dapat membantu para pengajar untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di dunia pendidikan,Â
bekerja sama dengan instansi lain : bekerja sama dengan instansi lain dapat membantu memahami kebutuhan pendidikan di masa depan. dengan melakukan  pertukaran ide serta diskusi dapat memberikan masukan tentang keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan abad ke-21. selain dengan bekerja sama dapat saling membantu dalam memecahkan masalah yang ada.