Mohon tunggu...
Putri PuspitaSari
Putri PuspitaSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STKIP PGRI TRENGGALEK

-

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Awal Perjalanan Untuk Melihat Ujung Perjuangan

15 Mei 2022   18:33 Diperbarui: 15 Mei 2022   18:41 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pentigraf ini merupakan cerita pendek yang dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Apresiasi Dan Kajian Prosa Fiksi yang diampu oleh Ibu Irma Arifah, M.Pd.

Awal Pejalanan Untuk Melihat Ujung Perjuangan

Oleh Putri Puspita Sari

Dalam perjalananku yang tak tau ujungnya akan seperti apa, aku memutuskan untuk mengambil keputusan yang semoga akan merubahku menjadi seorang yang berguna untuk diriku sendiri dan untuk orang lain. Aku putuskan untuk mendaftar dalam sebuah universitas yang walau dilihat dari segi ekonomi keluargaku yang biasa dan dari kalangan kelas bawah. Haii kenalkan namaku Jino, aku adalah anak pertama dari dua bersaudara, aku memiliki seorang adik perempuan. Setelah lulus SMA aku memberanikan diri mendaftar dalam sebuah universitas, walaupun aku tau bahwa ayahku seorang petani, namun dengan tekad dan dukungan orang tua aku berhasil masuk universitas dengan memperoleh beasiswa full. Aku sangat bersyukur atas jalan yang diberikan, setidaknya jika aku belum bisa membantu kedua orang tua, aku ingin tidak memberatkan mereka. Namun walaupun aku mendapatkan beasiswa tersebut, aku tetap mencari pekerjaan sampingan yang bisa sedikit membantu walau tidak seberapa.

Sebagai seseorang penerima beasiswa, dituntut untuk selalu berprestasi dan terus membawa prestasi dalam membantu menjunjung tinggi nama universitas. Dalam kenyataannya untuk menggapai semua prestasi tersebut bukan hal yang mudah dikarenakan banyak juga tugas kelas yang harus dituntaskan, belum lagi jika jadwal kerja paruh waktu yang bentrok dengan jadwal deadline tugas. Namun selalu aku ingat kembali bahwa aku ada disini karena ingin menjadi orang yang membanggakan bagi keluargaku dan menjadi orang yang berguna. Tidak lupa juga ingin menjadi contoh yang baik bagi adikku kelak, mencontoh bagaimana kerja kerasku dalam mewujudkan impian walaupun dengan keterbatasan dan kekuarangan secara finansial, namun tetap bisa berprestasi dan bersaing dengan sehat dengan yang lainnya.

Semester tiap semester kulalui dengan perjuangan yang tidak mudah, jatuh bangun dalam mencapai prestasi dalam tiap semester. Ketika rasa jenuh dan lelah menghampiri seiring dengan beban tugas dan lainnya. Hal yang biasa kulakukan ketika masa itu menyerangku adalah dengan memberikan jeda atau istirahat dengan cara bermain game ataupun sekedar jalan-jalan santai disekitar rumah dengan naik motor. Jika dirasa masih kurang, terkadang aku lebih menyukai jika healing dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Allah, seperti sholat sunnah dan sholat malam serta berpuasa sunnah, dengan begitu menurut pendapatku, akan diberikan apa yang menjadi pemintaan kita serta dilancarkan dalam segala urusan yang sudah dikehendaki. Sekarang saya sudah pada semester akhir yaitu semester 7 dimana sebentar lagi akan membuka lembaran baru dan perjalanan serta perjuangan baru dalam hidupku. Semoga semua mahasiswa diluar sana tidak pantang menyerah dan terus berjuang untuk kehidupannya, jangan pernah berkecil hati darimana kau berasal dan bagaimana latar keluargamu, namun tetap percaya pada dirimu bahwa kamu mampu mencapai apa yang kamu mau serta mampu bertanggung jawab atas apa yang sudah kamu mulai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun