Mohon tunggu...
Putri Nur Inayati
Putri Nur Inayati Mohon Tunggu... Lainnya - Pendidikan Luar Sekolah UNNES 20

Semangatlah. Hidup hanya sekali. Jadilah berarti.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Pembelajaran dari TK-Sekarang

3 November 2020   10:13 Diperbarui: 3 November 2020   10:29 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ada beberapa metode pembelajaran yang digunakan pada saat saya menempuh pendidikan dari Sekolah TK hingga sekarang, yaitu:

1. Metode Bercerita yaitu cara penyampaian materi melalui sebuah cerita. Metode ini sangat bagus karena dapat mengembangkan kemampuan anak untuk mendengarkan cerita dan mengetahui sesuatu dalam cerita.

2. Metode Ceramah yaitu menjelaskan materi secara langsung terhadap siswa. Metode ini menurut saya memang untuk memfokuskan siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru tetapi metode ini memiliki kekurangan juga yaitu apabila guru saat menerangkan materi penyampaiannya datar pasti siswa akan merasa bosan dan mengakibatkan siswa tidak memahami materi yang telah disampaikan. Seharusnya guru lebih bisa kreatif lagi dalam penyampainnya agar tidak berkesan membosankan.

3. Metode Tanya Jawab yaitu mengulas materi yang telah diterangkan dan di buat pertanyaan untuk di jawab oleh siswa. Metode ini sangat bagus karna untuk mengasah kemampuan siswa dan pengetahuan tentang materi yang telah di sampaikan. Kekurangannya metode ini menimbulkan rasa takut pada siswa apabila tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Saran saya jika ada siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebug guru tidak boleh marah tetapi guru memberi pancingan atau gambaran agar siswa dapat menjawabnya dan lebih berfikir keras lagi.

4. Metode Pemberian Tugas yaitu dimana guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat melakukan kegiatan belajar. Metode ini bertujuan untuk melatih siswa agar lebih menambah wawasan lagi dan dengan adanya tugas jauh lebih menambah kegiatan siswa agar tidak hanya diam saja.

Dalam metode ini guru harus memperhatikan bahwa pemberian tugas itu tidak boleh keterlaluan atau membebankan untuk siswa. Saya pribadi lebih senang dengan pemberian tugas secara berangsur angsur tidak sekalinya memberi tugas langsung banyak dan deadline sangat cepat.

5. Metode Diskusi yaitu metode yang mengajarkan siswa menghadapi sebuah masalah dan bagaimana cara menyelesaikannya. Metode ini dapat memberikan efek kepada siswa agar selalu kreatif dan dapat memberikan gagasan serta ide-ide, selain itu juga siswa dapat saling bertukar pikir antar individu maupun kelompok. 

Dalam metode diskusi sering terjadi perbedaan pendapat bahkan sampai tidak bisa mengontrol emosionalnya yang dapat mengakibatkan salah satu pihak menjadi tersinggung. Walaupun demikian metode diskusi menurut saya sangat perlu diadakan dalam pembelajaran karena diskusi itu selalu ada pada berbagai lingkungan yang berguna untuk memecahkan sebuah masalah.

Sangat banyak metode pembelajaran yang sudah saya lakukan dari TK hingga sekarang tetapi metode di atas merupakan metode yang paling sering digunakan dalam sebuah pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun