Pendidikan Karakter : Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter
Penulis : M. Mahbubi
Penerbit : Pustaka Ilmu
Tahun : 2012
ISBN : 978-602-19212-72
DAFTAR ISI
PENGANTAR REDAKSI  V
PENGANTAR PENULIS  VII
KATA PENGANTAR  VII
DAFTAR ISI  X
DAFTAR TABEL X
BAGIANÂ I
PENDAHULUAN
A.           Latar dan Lingkup Kajian  1
B.           Teori dan Metodologi  4
BAGIANÂ II
ASWAJA DAN PENDIDIKAN KARAKTER  12
A.           Konsep Aswaja  12
1.           Aswaja Versi NU15
2.           Karakteristik Aswaja Versi NU17
3.           Tradisi Aswaja NU 21
4.           Pembelajaran Aswaja Di Sekolah NU22
B.           Konsep Pendidikan Karakter26
1.           Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter31
2.           Bentuk-Bentuk Pendidikan Karakter34
3.           Metode Pendidikan Karakter35
4.           Landasan Pendidikan Karakter37
a. Landasan Filosofis 37
b. Landasan Hukum 40
c. Landasan Relgius 41
C.           Sejarah Pendidikan Karakter43
1.           Pendidikan Karakter Masa Klasik43
2.           Pendidikan Karakter Masa Nabi Saw44
3.           Pendidikan Karakter Abad 18 Hingga Kontemporer46
4.           Pendidikan Karakter di Indonesia48
BAGIANÂ III
SELAYANG PANDANG SMP KHADIJAH SURABAYA50
A.           Sejarah Ringkas Yayasan Khadijah50
B.           Visi dan Misi SMP Khadijah Surabaya 53
C.           Struktur Organisasi, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Khadijah
Surabaya 55
D.           Jadwal KBM SMP Khadijah Surabaya 58
E.           Sarana Dan Prasarana SMP Khadijah Surabaya59
F.           Program Pendidikan SMP Khadijah Surabaya67
G.          Kurikulum SMP Khadijah Surabaya67
H.           Kondisi Siswa SMP Khadijah Surabaya70
I.            Karakteristik SMP Khadijah Surabaya 73
BAGIANÂ IV
IMPLEMENTASI ASWAJA 75
A.           Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Khadijah Surabaya 75
1.           Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter 75
2.           Proses Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Khadijah78
a. Perencanaan Pembelajaran 79
1). Silabus 79
2). Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 80
3). Bahan/ Buku Ajar81
b. Pelaksanaan Pembelajaran84
1). Pendahuluan84
2). Inti85
3). Penutup88
3.           Desain Implementasi Pendidikan Karakter SMP Khadijah Surabaya 90
1). Pendidikan Karakter Berbasis Kelas90
2). Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah 91
3). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga 92
4.           Penilaian Pendidikan Karakter di SMP Khadijah Surabaya93
5.           Evaluasi dan Monitoring di SMP Khadijah Surabaya96
B.           Pengaruh Pembelajaran Aswaja Terhadap Karakter Murid SMP Khadijah
Surabaya 98
1.           Kondisi Karakter Murid SMP Khadijah Surabaya98
2.           Factor-faktor Pembentuk Karakter Murid SMP Khadijah Surabaya        101
3.           Pembelajaran Aswaja dan Pesantren Kota di Lingkungan SMP Khadijah
Surabaya 103
BAB V : PENUTUP 109
A.           Kesimpulan109
B.           Saran-Saran 109
Daftar Pustaka110
Tentang Penulis111
PENGANTAR
Proses belajar mengajar, seyogyanya mengandung empat prinsip, yakni : ta’lim, tadris, ta’dib dan tarbiyah. Proses Ta’lim dapat ditemukan di semua lembaga pendidikan, tadris dengan skala yang berbeda, juga ditemukan di berbagai lembaga pendidikan, proses ta’dib dab tarbiyah inilah yang kecenderungannya sedikit sekali diberikan di berbagai lembaga pendidikan, kecuali di pesantren. Yayasan Khadijah, memiliki idiom sebagai pesantren kota. Maka system pendidikan model pesantren yang memberikan penguatan pada ta’dib dan tarbiyah menjadi perhatian husus untuk diterapkan dan secara terus menerus dievaluasi untuk ditingkatkan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terahir (sejak 2010) mulai memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan karakter. Hal ini menyusul keresahan yang sering muncul akibat hilangnya karakter atau akhlak mulia masyarakat termasuk generasi muda saat ini.
Jika saat ini, Kemendikbud fokus pada pendidikan karakter berdasar keingintahuan intelektual atau intelectual curiousity berbingkai kesantunan dengan pendekatan habituasi (pembiasaan) dan intervensi (campur tangan), tentu diharapkan akan menghasilkan budaya sekolah yang santun dan berbudi pekerti luhur. Di sisi lain, pendidikan karakter adalah permasalahan kompleks yang tidak hanya terkait dengan satu aspek saja, tapi juga seluruh dimensi kehidupan sekolah. Kepala sekolah dan guru, harus bisa menjadi panutan bagi murid-muridnya. Sehingga pembiasaan terhadap karakter yang santun bisa dijalankan di dalam dan di luar sekolah.
Jauh sebelum program pendidikan karakter kemendikbud di launching, di lingkungan yayasan Khadijah Surabaya telah melaksanakan habituasi (pembiasaan) berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) sebagai metode berfikir (manhajul fikr) Ulama Nahdlatul Ulama’, bahkan tradisi ini telah di lakukan sejak yayasan Khadijah berdiri. Saat ini Yayasan Khadijah tengah melakukan penguatan pemahaman Aswaja terhadap Unit-unit sekolah di lingkungan Yayasan Khadijah, baik melalui diskusi berkala dengan berbagai narasumber ahli maupun pembiasaan seperti pembacaan fatihah dan tahlil, dibaiyah, Istigotsah secara berjama’ah internal kelas, bersama unit, maupun bersama unit lain dengan yayasan.
Buku ini merupakan hasil Riset Partisipatif yang di lakukan oleh salah satu Guru di SMP Khadijah Surabaya tentang Pendidikan Karakter barbasis Aswaja (ke–NU–an), sebuah lembaga pendidikan milik Nahdlatul Ulama. Maka tidaklah mengherankan apabila semua unit pendidikan di Yayasan Khadijah mengadopsi dan mengimplementasikan materi-materi yang dikembangkan oleh Ulama-ulama Nahdlatul Ulama.
Meskipun kita pernah membaca buku yang sejenis atau judulnya mirip, akan tetapi buku ini mempunyai keistimewaan dan kekhususan, yakni menyajikan pendidikan karakter berbasis Aswaja melalui pengalaman empirik selama lebih 50 tahun di SMP Khadijah Surabaya. Buku ini mudah di cerna oleh masyarakat umum, tidak hanya oleh pendidik, penggiat pendidikan karakter, maupun kalangan Nahdliyin, serta nilai ilmiahnya tetap kental. Oleh karena itu, buku ini dapat dijadikan pengayaan referensi bagi ikhitiar membangun karakter bangsa melalui lembaga pendidikan maupun komunitas lainnya.
Atas nama pribadi maupun pimpinan Yayasan Khadijah Surabaya, saya mengucapkan selamat serta memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas terbitnya buku dari saudara M. Mahbubi, S.Fil.I., M.Pd.I, berjudul Pendidikan Karakter Impelementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter mudah-mudahan terus di tingkatkan dalam berkarya dengan tulisan-tulisan yang lain, serta di ikuti oleh guru-guru yang lain di lingkungan Yayasan Khadijah Surabaya, dan mudah-mudahan amal ibadah penulis diterima Allah swt, mendapat imbalan setimpal, tetap dikaruniai rahmat, hidayah, dan taufiq-Nya. Amin. Wallâhul Muwaffiq Ilâ Aqwamiththarīq
Hj. Khofifah Indar Parawansa
(Ketua Umum Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU Khadijah Surabaya Dan Ketua Umum PP Muslimat NU)
Sumber : Buku  Pendidikan Karakter : Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter
* Review Buku Ini sengaja kami copas langsung dari buku yang oleh penerbit kami terbitkan. Semoga bermanfaat. Amiin.....
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI