Mohon tunggu...
Puspita Setyaningrum
Puspita Setyaningrum Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru. Bagi saya mengajar itu belajar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antarmateri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

16 Maret 2023   07:14 Diperbarui: 16 Maret 2023   07:24 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

TULISAN REFLEKTIF TENTANG PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

Puspita Setyaningrum, S.Pd.

CGP Angkatan 6 Kota Tegal

SMA Negeri 2 Tegal


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.

Dalam koneksi antarmateri modul 3.3 ini saya akan menuliskan refleksi saya. Berikut hasil refleksinya.

1. Pemikiran Reflektif terkait Pengalaman Belajar

        Mempelajari modul ini memberikan dampak yang luar biasa bagi saya. Materi yang terdapat dalam modul ini merupakan materi yang benar-benar baru saya peroleh. Dalam modul ini membahas tentang kepemimpinan murid, suara, pilihan, dan kepemilikan dalam menumbuhkan kepemimpinan murid, karakteristik lingkungan yang mampu menumbuhkembangkan student agency, serta peran keterlibatan komunitas.

        Awalnya saya bingung bagaimana cara membuat program yang berdampak pada murid dengan memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan. Selama ini, program-program yang saya buat lebih cenderung berdasarkan keputusan saya sendiri belum memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Saya kemudian berpikir, berarti selama ini saya terkesan egois karena membiarkan murid-murid tidak berdaya untuk mengikuti apa yang kita inginkan tanpa melibatkan peran serta mereka dalam proses pengambilan keputusan. Setelah mempelajari modul ini, saya merasa senang karena modul ini dapat membantu saya untuk menyusun program yang memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

        Hal baik yang telah saya lakukan dalam mempelajari modul ini yaitu saya mampu memahami materi secara mandiri. Selain itu, saya juga ikut terlibat aktif dalam diskusi kelompok saat membuat program yang berdampak pada murid dengan membertimbangkan suara, pilihan, dan kepemilikan. Masukan-masukan dari rekan CGP lainnya saat ruang kolaborasi juga ikut berkontribusi terhadap pemahaman saya terhadap materi.

        Namun, ada beberapa hal yang perlu saya perbaiki terkait keterlibatan saya dalam proses belajar yaitu saat elaborasi pemahaman. Saat kegiatan elaborasi tersebut, kegiatan dimulai pukul 15.30 wib dan pada saat itu saya sedang perjalanan pulang dari kantor. Hal inilah yang membuat saya kurang maksimal mengikuti kegiatan. Namun setelah sampai di rumah, saya kembali fokus dan menyimak kegiatan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun