Mohon tunggu...
Puspitasari Megahana
Puspitasari Megahana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 12 Jakarta

Guru Penggerak Angkatan 5 Jakarta Utara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Pembelajaran Modul 3.2 dan 3.3

3 Juli 2024   20:46 Diperbarui: 3 Juli 2024   21:04 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembekalan Calon Fasilitator Dasus/Intensif (dokpri)

Refleksi Pembelajaran Modul 3.2 dan 3.3

Modul 3.2: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Modul ini menyoroti pendekatan berbasis aset dan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset-Based Community Development/ABCD). Beberapa kata kunci yang relevan termasuk:
- Aset: Fokus pada apa yang ada dan kuat di komunitas atau organisasi daripada kekurangan.
- Pemberdayaan: Memberdayakan individu dan komunitas untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan aset mereka.
- Kolaborasi: Kerjasama antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama.

Konsep yang Paling Penting: Menurut saya, konsep pemberdayaan (empowerment) adalah yang paling penting. Ini karena pemberdayaan memungkinkan individu dan komunitas untuk mengambil kendali atas nasib mereka sendiri, menggunakan aset yang mereka miliki untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan.

Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:
Saya telah mencoba menerapkan konsep pemberdayaan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengajak teman-teman saya untuk mengidentifikasi kekuatan dan bakat mereka, serta bagaimana kita dapat saling mendukung dalam mencapai tujuan pribadi atau profesional.
Di tempat mengajar atau dalam konteks institusi, saya telah berupaya untuk menerapkan kolaborasi yang lebih efektif dengan berbagai jurusan atau tim, dengan fokus pada apa yang dapat kita capai bersama.

Tantangan dan Solusi:
Tantangan utama adalah mengubah mindset dari fokus pada masalah (defisit) menjadi fokus pada solusi (aset). Saya menghadapi resistensi dari beberapa individu yang terbiasa dengan pendekatan konvensional. Untuk mengatasi hal ini, saya memulai dengan studi kasus kecil atau proyek kecil yang menunjukkan keberhasilan pendekatan berbasis aset. Ini membantu merubah perspektif secara bertahap.

Rencana Masa Depan:
Untuk diri sendiri, saya berencana untuk terus mengembangkan keterampilan dalam memimpin diskusi atau workshop tentang pendekatan berbasis aset. Saya akan menghadiri lebih banyak seminar atau webinar tentang pemberdayaan dan kolaborasi. Untuk lembaga atau kelas, saya berencana untuk mengadakan sesi pelatihan atau diskusi internal tentang ABCD dan bagaimana itu dapat diterapkan dalam hal yang spesifik.

Modul 3.3: Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Modul ini menitikberatkan pada merancang dan mengelola program pendidikan yang tidak hanya efektif secara akademik tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan pada murid. Esensi dari modul ini meliputi:
- Pengukuran Dampak: Menilai bagaimana program pendidikan berkontribusi pada perkembangan komprehensif siswa.
- Pengembangan Program: Merancang program yang responsif terhadap kebutuhan dan potensi siswa.
- Kolaborasi Stakeholder: Melibatkan semua pihak terkait untuk mendukung kesuksesan program.

Penerapan dalam Komunitas Sekolah:
Saya telah menerapkan konsep pengukuran dampak dengan menggunakan berbagai alat evaluasi untuk memantau kemajuan siswa tidak hanya dari segi akademik tetapi juga aspek sosial, emosional, dan keterampilan hidup lainnya. Kami juga aktif melibatkan orangtua dan masyarakat dalam mendukung program-program ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun