Mohon tunggu...
Puspitasari Megahana
Puspitasari Megahana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 12 Jakarta

Guru Penggerak Angkatan 5 Jakarta Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Budaya Positif (Bagian 3)

27 Juni 2024   13:57 Diperbarui: 27 Juni 2024   14:28 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembekalan Calon Fasilitator Dasus/Intensif dokpri

Refleksi Pembelajaran Modul 1.4

Setelah mempelajari modul 1.4 tentang budaya positif, saya memahami lebih dalam tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi di dalam kelas. Pengetahuan baru yang saya dapatkan mencakup konsep-konsep seperti penguatan positif, pentingnya apresiasi, serta cara-cara efektif untuk membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa. Saya juga menguasai keterampilan baru dalam memberikan umpan balik yang konstruktif dan membangun suasana inklusif yang menghargai setiap individu.


Namun, ada beberapa hal yang masih perlu saya pahami dan kuasai lebih lanjut agar semakin pantas mengampu modul ini. Misalnya, saya perlu mendalami strategi-strategi praktis untuk menangani konflik di dalam kelas dengan cara yang positif, serta memperkaya pemahaman saya tentang berbagai metode untuk mengukur dan meningkatkan kesejahteraan emosional siswa. Selain itu, mengembangkan kemampuan untuk terus memperbaharui pendekatan saya berdasarkan masukan dari siswa dan rekan kerja juga sangat penting.

Saya ingin berbagi sebuah cerita singkat yang relevan dengan modul ini. Suatu ketika, saya memiliki seorang siswa yang sering merasa terisolasi dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Setelah mempelajari konsep budaya positif, saya mulai lebih sering memberikan pujian dan dorongan atas usaha kecil yang dia lakukan. Saya juga berusaha menciptakan aktivitas kelompok yang melibatkan dia secara aktif. Perlahan tapi pasti, saya melihat perubahan positif pada sikap dan partisipasinya di kelas. Hal ini menunjukkan betapa besar dampak budaya positif terhadap perkembangan siswa.

Dari skala 1 hingga 10, saya merasa yakin pada level 8 dalam mengampu modul ini. Keyakinan ini didasari oleh pemahaman dan keterampilan yang telah saya peroleh, serta pengalaman praktis yang telah saya terapkan di kelas. Namun, saya menyadari bahwa selalu ada ruang untuk belajar dan berkembang lebih jauh, sehingga saya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menciptakan budaya positif yang efektif dan berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun