Ada beberapa aspek yang menyebabkan seseorang jadi pelupa, antara lain:
- Pekerjaan yang melebihi batas atau tidak sesuai kemampuan
- Merasa tegang
- stress atau berada dalam situasi yang menuntut untuk melakukan atau memikirkan beberapa hal secara bersamaan.
Bila Anda tidak dapat menghindari penyebabnya, sebaiknya Anda menerima sebagai sesuatu yang perlu disiasati. Misalnya, Atasan cerewet dan galak, perlu Anda sadari Atasan itu tidak akan pernah bisa Anda gantikan. Sehingga, disini Andalah yang perlu beradaptasi dan membuat strategi. Misalnya, memiliki buku saku yang bisa dibawa kemanapun untuk mencatat segala sesuatu yang perlu Anda lakukan. Dengan cara ini Anda sendiri seperti memiliki asisten pribadi.
Selain itu, Anda jangan membiarkan diri Anda dikuasai sepenuhnya oleh atasan Anda. Anda pun harus menyediakan waktu untuk relaksasi. Misalnya, melakukan olahraga pernapasan, seperti yoga, serta usaha untuk mengelola ketegangan Anda. jangan lupa pula untuk lebih banyak melatih sense of  humor, supaya Anda kalem menghadapi setiap masalah.
ok...teman-teman Kompasianer, ini saja dulu artikel pertama dari saya.
Semoga bermanfaat. :)
Salam,
Puspita Kemaludin
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H