Mohon tunggu...
Puspa Pandini
Puspa Pandini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2

Saya merupakan alumni dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Negeri Padang. Sekarang saya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah Program Profesi Guru di Universitas Sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lingkungan Kelas yang Aman, Nyaman, dan Berpihak pada Ekosistem Pembelajaran

5 Juli 2023   10:05 Diperbarui: 5 Juli 2023   10:39 1353
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran dimana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap peserta didik sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan kebutuhan tersebut dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan karakteristik peserta didik. Pada dasarnya, pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan setiap guru untuk bertemu dan berinteraksi dengan peserta didik pada tingkat yang sebanding dengan tingkat pengetahuan mereka untuk kemudian menyiapkan konsep belajar mereka. Untuk itulah maka pembelajaran berdiferensiasi ini memiliki tujuan untuk menciptakan kesetaraan belajar bagi semua peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang dibuat sedemikian rupa sehingga peserta didik merasa tertantang untuk belajar. Untuk menciptakan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem pembelajaran peserta didik.

Seorang guru harus mampu menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem pembelajaran agar peserta didik berhasil dalam belajar dengan segala keragamannya, oleh sebab guru harus berkolaborasi dengan pihak lainnya dalam merancang proses pembelajaran nantinya.

Lingkungan aman merupakan lingkungan yang jauh dari ancaman dan bahaya yang mengancam saat pembelajaran. Lingkungan yang aman dalam proses pembelajaran dapat mendorong peserta didik untuk terus semangat dalam belajar dan mengasah kemampuan mereka. Oleh karena itu, rasa aman sangat penting dalam proses pembelajaran agar terpenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Lingkungan aman bukan hanya lingkungan fisik yang ada disekolah tetapi juga termasuk bagaimana peserta didik tersebut dapat memberikan keamanan terhadap peserta didik yang lain, setiap peserta didik mempunyai kesadaran untuk saling melindungi, menjaga, dan menghargai satu sama lain. 

Lingkungan nyaman merupakan lingkungan yang kondusif untuk terjalinnya hubungan dan komunikasi dalam pembelajaran, serta lingkungannya sejuk dan tenang. Lingkungan kelas yang nyaman bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, contohnya lingkungan kelas yang baik, bersih dan tertata rapi, serta terdapat sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup, guru menyampaikan materi dengan strategi, metode, dan model pembelajaran secara diferensiasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, agar peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan rasa percaya diri dan nyaman dalam proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, belajar lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran atau capaian pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Begitu juga dengan lingkungan yang berpihak pada ekosistem yaitu pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik seperti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang mana guru memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru dapat memberikan pembelajaran dengan memetakan berdasarkan kebutuhan peserta didik. Kemudian guru baru dapat menggunakan strategi, model, metode atau memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan peserta didik sehingga guru dapat menciptakan lingkungan yang berpihak pada ekosistem peserta didik.

Tetapi untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan lingkungan yang berpihak pada ekosistem adalah hal yang tidak mudah, karena pada dasarnya masih banyak guru yang belum menciptakan suasana kelas dengan keadaan tersebut. Masih banyak guru yang hanya mengajar tanpa memperhatikan kebutuhan peserta didiknya, salah satunya lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik, sehingga kebutuhan peserta didik belum terpenuhi dengan baik. Oleh sebab itu guru perlu merancang suasana kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran agar berjalan dengan menyenangkan. Mulai dari mengenali karakterisitk peserta didik, menciptakan lingkungan sekolah yang positif, menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta bagaimana kita sebagai guru mampu untuk menyusun pembelajaran yang sesuai untuk kebutuhan peserta didik kita sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun