Kegiatan harian semakin padat, pagi ngurus rumah, kuliah, kerja, organisasi, project 1, project 2, project 3, meeting 1, meeting 2, meeting 3. Pusing!
Banyaknya kegiatan dan project harian membuat kita menjadi stress, dan kalo kata anak jaman sekarang burn out. Ngga bisa focus ke satu kegiatan atau project membuat kegiatan lain menjadi keteteran dan kehilangan motivasi jugaa.
Untuk memudahkan pengelolaan waktu, orang biasa Menyusun to do list, atau list apa saja yang perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Tentu akan mengular Panjang.
Tanpa disadari, orang lebih focus pada hal hal yang belum terselesaikan dalam to do list tersebut. Ingin buru buru mencapai list terakhir. Itu lah yang memicu kita menjadi burn out.
Tahu kah kalian tentang done list?
Done list adalah list apa saja kegiatan/project yang telah dilakukan atau diselesaikan. Dengan adanya done list, maka kita dapat melihat pencapaian yang sudah kita lalui dan memacu untuk lebih semangat dalam menyelesaikan project selanjutnya.
Done list menjadi apresiasi pada diri sendiri karena sudah melalui dan menyelesaikan begitu banyak kegiatan dan project. Dengan ini bisa mengurangi burn out dan stress
Tidak perlu kopi mahal dan caf hitz untuk mencegah burn out, cukup apresiasi diri sendiri yang sudah banting tulang bekerja keras menyelesaikan setiap project.
Purnama Sani Wulandani
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H