Mohon tunggu...
Purnama Sani Wulandani
Purnama Sani Wulandani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content writing | Bookstagram | Volunteer

Hi, I just start writing some content

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kenalan dengan Program Studi Ilmu Komunikasi, Ngapain Aja Ya?

29 Juni 2023   11:06 Diperbarui: 29 Juni 2023   11:07 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Ilmu komunikasi menjadi program studi yang banyak diminati. Sebelum masuk kuliah, yuk kenalan dulu dengan program studi ilmu komunikasi!

Apa yang dipelajari di Ilmu Komunikasi?

Seringnya, masyarakat akan mengaitkan Ilmu Komunikasi dengan ilmu computer dan pemasaran.

Ilmu Komunikasi masuk dalam rumpun Sosio humaniora, maka akan mempelajari terkait Ilmu Sosial. Ilmu Komunikasi akan mendalami proses penyampaian pesan yang efektif di media. Banyak yang akan didalami terkait komunikasi, mulai komunikasi interpersonal, komunikasi budaya, komunikasi politik, komunikasi pemasaran, perikalan, gender, ekonomi politik media, fotografi, dkv, sinematografi dan lain sebagainya.

Kenapa harus memilih Ilmu Komunikasi?

Ilmu komunikasi merupakan ilmu yang tidak lekang oleh waktu, dan dibutuhkan disemua perusahaan. Ilmu komunikasi tidak hanya mengandalkan komunikasi secara langsung, tetapi juga memahami bagaimana pesan dapat disampaikan dalam berbagai platform, tulisan maupun desain visual. Jurusan ini merupakan jurusan yang fleksibel dan memiliki prospek kerja sangat luas.

Dalam ilmu komunikasi juga mempelajari literasi digital dan pemberitaan digital yang kini dibutuhkan. Mahasiswa ilmu komunikasi akan memahami bagaimana media bekerja, dan memanfaatkannya.

Prospek kerja Ilmu Komunikasi

1. Jurnalis

Sesuai dengan peminatannya, ilmu komunikasi mempelajari cara kerja jurnalistik dan dipersiapkan untuk menjadi jurnalis

2. Public relations

Lulusan ilmu komunikasi juga dipersiapakn untuk menjadi seorang PR professional untuk menjadi penghubung perusahaan, dan menjaga citra perusahaan

3. Social media manager

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun