Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menjadi daya tarik sekaligus kelebihan tersendiri. Hal ini karena di dalam pulau-pulau tersebut terdapat kandungan kekayaan sumber daya alam yang sangat berlimpah.
Namun di sisi lain, kondisi alam yang seperti itu juga menjadi kendala tersendiri, misalnya untuk mendistribusikan barang-barang kebutuhan hingga ke pelosok negeri. Hal ini karena jarak tempuhnya sangat jauh dengan medan yang berat karena harus melewati lautan dan pegunungan.
Lalu bagaimana dengan kebutuhan pengiriman uang untuk keperluan yang sangat mendesak?. Wilayah yang sangat luas seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi kalangan perbankan. Sangat wajar, karena bank punya keterbatasan untuk menyediakan jaringan kantor sampai ke pelosok. Namun saat ini hal itu bukan masalah lagi dengan hadirnya layanan transfer uang tunai dari Bank Syariah Mandiri (BSM) yang diluncurkan Januari 2010.
Layanan Transfer Uang Tunai mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dimungkinkan karena layanan ini memanfaatkan keberadaan Kantor Pos yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Kini pengiriman uang kepada relasi atau keluarga yang berada jauh di wilayah lain yang belum tersedia layanan perbankan tidak lagi menjadi kendala.
Layanan ini tidak mengharuskan penerima uang untuk memiliki rekening tabungan di bank sebagaimana yang lazim berlaku selama ini. Cukuplah si penerima memiliki ponsel. Dengan ponsel, maka penerima bisa menerima pemberitahuan tentang adanya kiriman uang dari seseorang.
Kelebihan lainnya, nasabah BSM tidak perlu lagi mencari ATM atau kantor cabang BSM hanya untuk mengirimkan uang .Melalui layanan Transfer Uang Tunai dari BSM Mobile Banking atau BSM Net Banking, pengiriman uang menjadi sangat mudah dilakukan. Cukup menekan tombol di ponsel atau mengakses layanan internet, uangpun terkirim seketika. Semua bisa dilakukan kapan dan dari mana saja.
Istimewanya, begitu pengirim selesai melakukan transaksi, si penerima akan menerima pemberitahuan dari BSM bahwa ada pengiriman sejumlah uang dari pengirim. Penerima tersebut juga akan menerima Personal Identification Number (PIN) dan Nomor Transaksi Pengiriman (NTP). Selanjutnya si penerima bisa mengambil uang tersebut di kantor pos terdekat yang sudah on line dengan menunjukkan PIN, NTP, dan KTP. Segalanya berlangsung dengan cepat dan mudah.
"Layanan ini sangat bermanfaat , bila suatu saat Anda harus mengirimkan uang kepada sanak saudara di kampung yang membutuhkan uang segera, atau harus membayar pemasok barang, atau untuk membantu pembantu rumah tangga yang sering bingung dalam mengirim uang ke orangtuanya di kampung. Dan ternyata mereka tidak memiliki rekening di bank atau sedang berada jauh dari lokasi bank, "kata Hanawijaya, Direktur BSM.
"Layanan semacam ini merupakan terobosan baru. Di Indonesia, BSM adalah bank pertama yang meluncurkannya", jelas Hanawijaya.
Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat cukup membuka Tabungan BSM dan mengaktifkan layanan BSM e-Banking (BSM Mobile Banking atau BSM Net Banking).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H