Mohon tunggu...
puputyusda apriliana
puputyusda apriliana Mohon Tunggu... pegawai negeri -

nahnu du'at qobla lighoirihi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mengupas "Integritas" dalam Versinya Dahlan Iskan

26 Januari 2012   05:05 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:26 1115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"What a good write!" itu kesan pertama ketika saya selesai membaca tulisan "Catatan Dahlan Iskan"  http://dahlaniskan.wordpress.com tentang "pergantian direksi yang sangat bising", Sempat terbayang kondisi beliau seperti dalam tulisan itu bahwa beliau sedang berdiri diantara kerumunan orang yang ingin berbisik, mencela, menghujat, menghasut,beropini berdebat, suara hp yang terus berbunyi, sms masuk yang tiada henti, keluarga yang tidak tenang hanya karena masalah "kekhawatiran orang atas posisi, dan jabatannya". dan terbayang saya yang berada diposisi Dahlan Iskan mungkin saya akan berteriak "Diammmmmm!!!!!", lalu saya akan bilang "Ijinkan saya diskusi dengan Tuhan dahulu", "Ya Allah tunjukkan yang haq adalah haq yang bathil adalah bathil". Maka kemudian dalam tulisan beliau bahwa dia hanya akan mendengarkan saran dari orang yang punya integritas. Integritas menjadi sebuah pertanyaan yang menarik buat saya, apa itu integritas?apa maksud integritas dari sudut pandang Dahlan Iskan?dan kemudian saya harus menggali kata integritas itu sendiri sebagai standar dan harapan saya.

Menurut referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/integritas#ixzz1kWvae172 integritas adalah in.teg.ri.tas: [n] mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran dari kamus ini menurut hemat saya bahwa suatu kondisi dimana sesuatu/seseorang yang berintegritas memiliki mutu,sifat, keadaan yang memiliki potensi dan kemampuan yang menghasilkan pancaran kewibawaan dan kejujuran.

[caption id="attachment_157508" align="aligncenter" width="300" caption="rumusan istilah integritas dari kamus bahasa indonesia menurut versi saya"][/caption] Menurut tulisan Dahlan Iskan tentang integritas (klo ada yg kurang atau berlebih mohon di koreksi) adalah tahan godaan : uang maupun politik, netral, memiliki pandangan yang jernih dalam menilai sesuatu,tidak ada agenda terselubung , tidak ada agenda yang tersembunyi, fokus kepada kewajibannya terhadap Tuhan, tidak membicarakan kekurangan/sisi negatif orang lain. [caption id="attachment_157530" align="aligncenter" width="300" caption="tafsir "]

1327552379873918111
1327552379873918111
[/caption] dan saya mencoba menggali makna integritas dan meresensi dari berbagai sumber diantaranya kamus bahasa indonesia, dahlan iskan dan referensi lain yang relevan maka saya merumuskan: [caption id="attachment_157536" align="aligncenter" width="300" caption="tafsir integritas gabungan"]
13275536901611687353
13275536901611687353
[/caption] Well, thats all. penambahan input integritas dari saya (yg berwarna biru) yang saya ambil dan tambahkan dari referensi terpercaya, dan integritas tinggi mutlak dijadikan parameter bagi prasyarat pemimpin, baik negara, organisasi, BUMN, UPT, semua organisasi menyangkut kepentingan umat. Alhamdulillahirobbil Alamin, yang telah menghadirkan Rosulullah Muhammad,dan sosok2 yang masih bisa dicontoh dan menginspirasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun