Pungky Adiwiguna, Lamongan 7 Januari 2023
Mahasiswa universitas 17 agustus 1945 Surabaya Melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sumurgayam yang dilakukan selama 12 hari. Salah satu mahasiswa Untag Surabaya yang bernama Pungky Adiwiguna di dampingi oleh DPL yang bernama Afrigh Fajar Rosyidiin, S.ST.,M.T. KKN yang dilakukan ini mengangkat sebuah tema "Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Aplikasi Shopee di Desa Sumurgayam tepatnya di daerah sumuran nama yang punya produk umkm Muhammad Icfa
Perkembangan kemajuan teknologi internet saat ini merupakan sesuatu yang tidak bisaÂ
dihindari dalam kehidupan sehari hari. Pesatnya perkembangan teknologi internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Perkembangan strategi pemasaran kini sangat pegambaran yang dapat kami berikan ialah bagaimana mereka memaksimalkan kekuatan yang mereka miliki untuk menggapai peluang yang ada. Dimana memanfaatkan kemajuan teknologi internet, agar berdampak positif bagi para siswa. Pelatihan tersebut akan dilakukan beberapa tahapan, seperti pengenalan dampak postif terhadap kemajuan teknologi internet, bagiamana penerapan digital marketing pada bisnis online, serta implementasi dalam penggunaan platform aplikasi shopee.
Konsep unik dan kreatif, serta keterlibatan aktif dari pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) di platform sosial media, khususnya aplikasi shopee, dapat meningkatkan visibilitas dan daya jual produk mereka.
Shopee memiliki jutaan pengguna aktif yang dapat dijadikan sebagai pasar potensial bagi UMKM. Melalui fitur-fitur seperti shopee mulai dari fitur Voucher Toko Harga Coret, Paket Diskon, juga ada program-program seperti Gratis Ongkir Xtra, Cashback Xtra, Shopee Mall ada juga Shopee Live sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat sesi streaming dan memperomosikan toko dan produk secara langsung ke pembeli.
Shopee Video fitur terbaru di Shopee yang bertujuan untuk menyediakan tempat bagi para Pengguna Shopee untuk bersosialisasidengan sesame Pengguna Shopee melalui video pemilik UMKM dapat menunjukkan produk mereka secara visual dan interaktif, serta menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan mereka.
Selain itu, UMKM juga dapat menggunakan shopee untuk meningkatkan branding mereka dengan menampilkan konten yang menunjukkan budaya dan nilai perusahaan mereka. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan UMKM dan lebih cenderung untuk membeli produk mereka.
Namun, UMKM harus memahami bahwa meningkatkan visibilitas di shopee tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Pemilik UMKM harus rutin mengunggah konten atau foto produk yang menarik dan berkualitas, serta mempromosikan akun mereka melalui platform lain.
Pemerintah juga dapat membantu UMKM dengan memberikan akses kepada pendidikan dan pelatihan tentang cara menggunakan shopee untuk meningkatkan bisnis mereka.