Kalau dalam  Kisah Pilu Gagal  Bayar #9 dikaitkan dengan Teror Debt Collector, untuk Kisah Pilu Gagal Bayar #10 ini terkait dengan Pemblokiran Rekening secara sepihak oleh pihak Bank.
Sama juga halnya dengan yang disebutkan pada  Kisah Pilu Gagal Bayar #9,  contoh-contoh kasus pemblokiran rekening (secara sepihak oleh Bank)  pada kisah ini juga hanya sebagian kecil, masih banyak lagi contoh-contoh kasusnya.Â
Bahan-bahan yang ada pada contoh-contoh kasus ini kami ambil dari mereka-mereka yang konsultasi ke kami melalui whatsapp, jadi merupakan bahan yang riil terjadi, bukan semacam karangan atau ilustrasi semata.Â
Oleh karena itu, kalau merasa punya kredit macet di Bank, supaya lebih berhati-hati, karena ketika ada saldo di rekening Bank tersebut ada kemungkinan tidak bisa diambil/ditarik karena sudah diblokir secara sepihak oleh Bank yang memblokir tersebut. Dan yang paling tragisnya, ketika kita belum siap untuk menghadapi.
*****
Contoh Kasus 1
+: Sore ko
-: Sore. Ada yg bisa dibantu?
+: Maaf saya bisa telp gak ya pak
+: Untuk konsultasi terkait kartu kredit
+: Panggilan suara tak terjawab
-: Via WA aja ya. Spy bisa direspon disela2 waktu yg ada. Saya lagi di jalan soalnya. Bawa kendaraan
+: Baik ko, ko aku kan dulu banget punya kartu kredit ko, satu aja, trs di pake dikit untuk beli baju selesai lancar ko, akhirnya ku tutup, ternyata setelah ditutup masih di tagih
+: Selesai yg itu ko, eh tau2 tanpa persetujuan tiba2 saya di kirim kartu baru dgn limit lbh besar
+: Gak dipake ko, tau2 pas itu saya berehnti kerja pindah lg ke jawa, akhirnya buka usaha warung kecil bangkrut tp masalahnya kepake uang di kartu tsb
+: Masih lancar byr ko, setelah itu saya bangkrut total selalu di tagih
+: Akhirnya saya byr lg, ternyata pas saya mw bayar, orang bank mandiri bingung karena itu rekening pribadi bukan rekening bank mandiro
+: Mandiri
+: Jd pas saya telpon mbaknya mintak tolong sangat bhw kejadian tsb jangan sampai di laporkan ke pihak bank
+: Setelah itu saya stop bayar karena mmg benar2 kolaps
+: Skrg saya sdh pindah lg medan, saya gak ngeh lg, 3 thn ll buat rekening mandiri, tau2nya bln ini rek saya di blokir ko
+: Saya takut bgt ko, karena mrk akan neror lg pdhal saya sdh 10 thn ini gak pernah lg tau kartu itu dimana, no kartu gak tau
+: Tau2 katanya tagihan saya 50jt
+: Saya rasanya jantungan
+: Posisi saya single py dua anak, gaji sebulan cukup buat biaya anak, sll minus, saya bingung koko
+: Tolong ko apa yg harus saya lakukan
-: Data atau nomor kartunya masih ingat? Sama limitnya waktu itu brp?
+: Gak sama sekali koko, terakhir saya masih bayar aktif itu 2011 karena ketahuan pihak penagih kasih rekening pribadi ko
+: Saya benar2 gak paham, pdhal gaji saya satu2nya hy itu
+: Itupun sll minus, saya skrg kerja di pulau ko
+: Drmana saya bisa bayar, anakku dua sdh besar sekolah, saya sdh lama sendiri
-: Limit yg lebih besar itu maksudnya jadi brp?
+: Persisnya saya lupa ko tp rasanya 10jtan ko
+: Krn yg pertama dan sdh saya tutup itu kalau gak dua juta 3jt ko
-: Kalau saldo rekening yg sekarang dalam keadaan diblokir brp?
+: Itu th 2005
+: 7.100.100 ko
Contoh kasus 2
+: Selamat malam Pak
+: Saya minta tolong saran dan nasehatnya
+: Saya ada cicilan di bank mandiri total hutang yg saya ambil 40jt selama 3th, bulan februari kemarin saya kena PHK, dan bulan Mei ATM saya di blokir pdhl ada uang 20jutaan buat jaga2 bayar otomatis by sistem cicilan bulanan sebesar 1,330,000. Dan ternyata ATM diblokir, cicilan bulan mei tidak dipotong otomatis dr sistem, jadi otomatis saya nunggak tanpa sepengetahuan saya
+: Ini blokir sudah saya buka tp saldo 0
+: Saya disarankan untuk tidak menerima transfer, karena akan otomatis dibekukan oleh bank mandiri
+: Saya diminta melunasi hutang saya yg baru berjalan 6 bulan sedangkan saya ambil jangka waktu 3th
+: Saya merasa kesal sekali karena pihak bank tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu
+: Saya harus bagaimana ya Pak
Contoh Kasus 3
+: Selamat pagi pa
+: Mhn maav sya bertanya
+: Bisa kah sya konsultasi mengenai tagihan kartu kredit macet ?
+: Sya dewx asal depok pa
+: Trima kasih sebelum
-: Boleh. Silakan
+: Baik pa trima kasih
+: Suami sya punya kartu kredit mandiri  Yg saat ini status nya sudah macet Call 5
+: Kami sudah tidak bisa melakukan pembayran perbulan november 2019
+: Di karenakan tahun 2017 sya istri nya di vonis sakit kanker
+: Yg mengakibatkan pinggul saya cacat permanent
+: Otomatis dari tahun 2017 Â suami sya banyak mengeluarkan biaya pengobtan untuk sya dan sampi saat ini juga
+: Karena saat ini sya masih melakukan kemoterpi di rscm
+: Tapi tahun 2017 kami masih rutin melakuak pembayaran karena uang kami masih ada dari tabungan dan pesangon istri dan pencairan bpjs istri
+: Nah pada bulan novemebr 2019 baru kami bener2 tidak bisa melakukan pembayarn karena uang kami sudah habis
+: Di tambah lagi penghasilan suami tidak sebesar dolo karena pindah
+: Kapal
+: Dari bulan april kami sudah meminta untuk dapat di lakukan keringanan dengan cicilan semampunnya dan tanpa dp
+: Tapi tidak pernah di setujui sampai saat ini
+: Alhamdulillah agustus kemarin suami sudah bekerja kembali di kantor yg baru
+: Yg jadi masaah saat ini ada debcollection yg menagih ke sya istri nya
+: Awannya kata2 nya cukup sopan
+: Dan sya pun menanggapi dan merespon setaip ada telp dari mandiri menanyakan pembayaran kartu kredit suami
+: Karena posisi suami di luar jakarta dan di laut kadang2 ada signa dan kadang2 gak ada
+: Setiap mereka menyakan sya selalu infirmasikan ke adaan kami
+: Keadaan keuangan kami
+: Dam meminta keringanan cicilan bayar sesui kemampuan
+: Nah terakhir ini bulan september
+: Tgl 3 debcollection mandiri  memaksa kami untuk ikut program keringanan
+: Sya mau saja sebenar nya pa tapi syarat nya yg membuat sya berat
+: Dp 5 jt dan sisa di bayar 6x
+: Total tagihan suami setelah di potong bunga dan denda adalah 30jt
+: Sya ungkapkan kami tidak sanggup
+: Jika dengan syarat demikiann
+: Jikab bisa tanpa dp dan cicilan di buat panjang menjadi 5 tahun atau 3 tahun
+: Tapi si db tetap kekeh dam mulai berkata tidak sopan
+: Sampai akhir nya ada pihak lapangan db yg menghubungi sya juga
+: Untuk menanyakan tagihn suami
+: Sudah sya jelaskan kondisi kami
+: Tapi tetep db lapangan ingin ada pembayaran
+: Tiba2 rekening mandiri sya di blokir oleh mandiri tgl 18 septemeber 2020 tanpa sepengetahuannsya
+: Setelh sya chek mandiri sya di blokir akibat tagihan kartu kredit suami sya yg di dalam nya sama mempunyai kartu tambahan
+: Sya coba menghubungi db collection mandiri
+: Di bilang itu by sistem karena tagihan , tapi kenapa bukan rekeninh suami yg di blokir ya pa
+: Karena suami padhaal punya rekening mandiri
+: Pa ...
+: Cerita nya panjang
+: Boleh sya telp gak ?
+: Sya sholat dhuha dolo ya pa
+: Jika berkenan sya boleh telp sya ijin mau telp
Contoh kasus 4
Selamat malam pak pulo..
Maaf jika sya menggangu..dari hasil membaca beberapa testimoni anda..saya merasa tergerak dari kegalauan saya..
Saya memiliki masalah yg hampir sama dgn yg pernah anda selesaikan yg tagihannya tiba2 muncul lg setelah 10 tahun dari pemberitahuan saudaranya dgn tagihan sampai 100jtaan..
Nah..utk saya sendiri baru tau sekitar 15 tahunan kmdian..tepatnya tgl 9 september 2016 kemarin..saat mau menarik gaji tiba2 atm saya tdk bisa digunakan..lalu melapor ke bank terkait..dan ternyata saldo saya di blokir krn ada tunggakan kartu kredit yg sudah lama dan seingat saya terakhir tagihan 4jtaan.
Namun krn keadaan dan saya jg diphk dari pekerjaan,saya jd tdk punya penghasilan buat menutupinya..sampai akhirnya sya memohon agar kartu kredit saya ditutup kepada salah satu penagih dan akan sya lunasi saat ada kemudahan..namun tidak ada respon,beliau hanya berharap saya melunasi tunggakan sya..sya jg tinggal di kos2an..lalu balik kampung dan menganggur sangat cukup lama..tdk ada kabar apa2 lg..dgn hanya mengira2 mnkn krn memang sya awam..maka saya merasa mnkn saya sudah dimaafkan..hehe
Sampai akhirnya sya pun mendapat pekerjaan,dan berjalan bebrp tahun atm tmpt masuk gaji saya aman2 saja dan tiba2 gaji saya di bulan terakhir tdk bisa sya tarik lagi..
Setelah tau masalah saldo sya diblokir,cs nya bilang ada tunggakan 11 jt dari kartu kredit tsb..jd saldo gaji saya sama minimum saldo lngsung nol klw cek via atm..namun dibuku masih tertera..
Utk lembaran,kartu kredit dsb jg sudah tidak tau kemana rimbanya krn sudah sangat lama..
Jd mnknkah tunggakan sya dihitung jd 11 jt dan apakah sya bisa mendapatkan keringanan lg.
Dan jika saya butuh bantuan pak pulo..apakah mnkn bpk berkenan membantu yg berada jauh dari tmpt bpk tinggal? Krn sya tinggalnya di nanggroe aceh darussalam..
Demikianlah kegalauan saya pak..
Semoga pak pulo mau membalas email saya ini.
Mohon maaf jika ada kata yg salah..dan utk perhatian pak pulo saya ucapkan terimakasih
Contoh kasus 5
Siang pak Pulo
Saya ingin konsultasi tentang pelunasan kartu kredit Bank Mandiri
Kronologisnya kemarin saya di call pihak kartu kredit ttg tagihan kartu kredit saya di tahun 2012 pak
Dan tanpa konfirmasi rekening tabungan saya di blok sebesar tagihan yg mereka tagihkan sebesar 90 jt an.
Tentu saja tagihannya jadi berkali kali lipat karena sudah 9 tahun yang lalu
Ada history di internet banking saya kapan pembayaran saya terakhir di tahun 2012
Pertanyaan : apakah mungkin dilakukan penghapusan bunga ?
Karena saya ada itikad baik untuk selasaikan
Dan karena saya pertanyakan mengapa baru sekarang setelah periode 10 tahun baru rekening bank saya diblokir
Kenapa tidak pada waktu kartu saya mati which is di tahun 2012 itu
Tagihan saya selalu di bawah 5 jt
Sekarang yv diblokir 80 jt an
saya sudah datang ke cabang bank mandiri tempat rekening saya dan sudah ngobrol disambungkan dengan pihak kk bankmandiri penagihannya
Dan saya tetap keberatan drngan jumlahnya
Karena menurut saya tidak fair menagihkan jumlah bunga berbunga selama hampir 10 tahun itu
Contoh kasus 6
Contoh kasus 7
Tips menghadapi kasus Rekening diblokir akibat kredit macet
Apabila menghadapi kasus rekening diblokir akibat kredit macet, maka salah satu opsi dalam menyelesaikannya sebagai berikut:
- Hubungi Customer Service Bank terkait untuk menggali informasi awal
- Setelah mendapat informasi awal, minta langkah-langkah penyelesaian yang sesuai
- Apabila ada arahan  untuk menghubungi bagian collection sebagai bagian yang membidangi supaya mengikuti  arahan tersebut
- Setelah bertemu dengan bagian collection lakukan negosiasi mengenai solusi penyelesaian terbaik yang bisa dilakukan
- Setelah ada solusi penyelesaian, kembali lagi ke Customer Servise Bank tersebut untuk mengajukan pembukaan blokiran dengan menunjukkan bukti penyelesaian tersebut.
Penutup
Demikian ulasan mengenai contoh kasus rekening diblokir akibat kredit macet ini mudah-mudahan bermanfaat, terutama  supaya jangan sampai terjadi sama  kita.
Apabila kita siap menghadapi tentu tidak masalah. Sebaliknya apabila kebetulan belum siap seperti contoh-contoh  kasus di atas alangkah stressnya kita.Â
Bahwa apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai hal atau contoh kasus seperti ini bisa menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 081139000996
*****
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H