Mohon tunggu...
PULCHERIA JESSIKA
PULCHERIA JESSIKA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Universitas Negeri Malang

saya pulcheria jessika wonga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Baik Asistensi Mengajar 2024 di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang

16 Juni 2024   20:08 Diperbarui: 16 Juni 2024   20:14 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar. Dokumen Pribadi

         Hallo sobat, perkenalkan saya Pulcheria Jessika Wonga mahasiswa Universitas Negeri Malang Prodi S1 Pendidikan Matematika. Sekarang saya semester 6 dan telah mengikuti kegiatan asistensi mengajar di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang  yang terletak di Jln.Tumenggung Suryo No. 17, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Ada 9 mahasiswa yang di tempatkan di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang yakni 3 dari prodi Prodi S1 Pendidikan Matematika,  3 dari prodi Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan 3 dari prodi Prodi S1 Pendidikan Seni Rupa.

        Kegiatan asistensi mengajar dimulai dengan pembekalan oleh LP3, Pengantaran oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan pelaksanaan kegiatan oleh mahasiswa asistensi mengajar. Pelaksannan kegiatan asistensi mengajar 2024 dimulai pada tanggal 19 februari- 14 juni 2024. Adapun pengelaman baik dan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan asistensi mengajar, SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. 

Program yang dilaksanakan selama asistensi mengajar dibagi menjadi tiga, yaitu program akademik, nonakademik, dan administrasi. Program akademik dari program studi S1 pendidikan matematika yang paling utama yakni melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas VII-B serta pelaksanaan program kerja. 

Dalam program akademik saya mengajar di kelas VII-B. Sebelum mengajar, saya dan teman satu prodi merancang modul ajar, LKPD, Media Manipulatif dll. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas VII-B menjadi hal yang sangat berharga sebab saya dapat mengetahui secara langsung gaya belajar siswa, karakteristik siswa serta dapat mengelolah kelas dengan baik.  

Saya dan teman satu prodi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan media Manipulatif mindmapping matematika untuk digunakan guru mata pelajaran matematika saat mengajar di kelas. Saya merasa senang karena ilmu saya dapat saat perkulihan mampu saya terapkan langsung di dalam kelas. 

       Selain program akademik, ada program non- akademik yang dirancang oleh saya dan teman satu prodi  S1 Pendidikan Matematika. Pertama program oppen donasi buku tujuannya untuk meningkatkan literasi membaca di kelas. Kedua Fun Game merupakan program bersama satu kelompok mahasiswa asistensi mengajar di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. 

Tujuan dibuatkan Fune Game untuk meningkatkan hubungan sosial dengan teman sebaya melalui aktivitas bersama serta dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan empati.  Sedangkan dalam bidang administrasi mahasiswa asistensi mengajar membuat jadwal pelaksanaan piket gerbang dan piket KBM harian. Saya juga ikut terlibat dalam kegiatan lainnya yang diadakan sekolah. 

Meskipun saya non-islam saya dilibatkan dalam kegiatan agama islam di sekolah seperti tarhib ramadhan,pondok ramadhan dan wisuda tahfidz al qur'an. Tak hanya menerapkan ilmu yang didapatkan di kuliah, kami juga mendapatkan ilmu baru tentang dunia kerja khususnya di persekolahan. Segala aktifitas yang dilakukan akan menjadi pengalaman berharga bagi kami, mahasiswa asistensi mengajar.Terima Kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun