Untuk Siswa TK Kelas A Usia 4-5 Tahun
Tujuan :
Setelah melaksanakan kegiatan ini diharapkan  peserta didik dapat :
- Mengenal tanaman alat cetak sebagai ciptaan Tuhan (Nam 1.1)
- Memiliki Keterampilan menggunakan tangan untuk membuat batik (FM Halus 3.3-4.3)
- Memiliki Keteramilan merapikan lingkungan (FM Phbs 2.1)
- Dapat menyelesaikan masalah membuat batik cap dalam kelompok (Kog.3.5-4.5)
- Mampu bekerjasama dalam kelompok membuat batik cap (S.E 2.10)
- Memahami Proses Pembuatan Batik (Bhs Reseptif 3.10-4.10)
- Dapat menceritakan apa yang sudah dilakukan (Bhs Ekspresif 3.11-4.11)
- Dapat menulis nama diri dan menyebutkan huruf dari namanya (Bhs Keaksaraan 3.12-4.12)
- Memiliki Keterampilan mencipta keterampilan batik cap (Sn 3.15-4.15)
- Memiliki sikap Religius, Kerjasama, Komunikatif (PPK)
Alat dan Bahan
- Kerajinan batik cap hasil karyaku
- Kertas
- Kapas
- Alat cap (pelepah pisang)
- Lepek
- Pewarna makanan
- Pensil
- Anak mengamati dan menganalisis hasil karya batik cap yang disediakan oleh guru, dilanjutkan berdiskusi yang memancing rasa penasaran peserta didik ( dengan menghadirkan pertanyaan, bagaimana cara membuatnya ya? )
- anak bersama-sama mengamati alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat batik cap ( kertas, pewarna makanan, alat cap (pelepah pisang), kapas )
- Guru demonstrasi Proses pembuatan hasil karya batik cap menggunakan pelepah pisang
- anak berdiskusi membentuk membentuk kelompok, 1 kelompok 3 anak, masing-masing kelompok bekerjasama untuk membuat hasil karya batik cap pada selembar kertas
- anak mulai bermain membatik berkreasi pada kain maising-masing menggunakan daun, bunga dan batang yang sudah dikumpulkan bersama dalam kelompokÂ
- setelah selesai membatik, anak merapikan alat dan bahan yang telah digunakan dan membuang sampah pada tempat sampah
- Pada kegiatan akhir, anak bersama guru bercakap-cakap menceritakan apa yang sudah dipelajarinya dan seperti apa  perasaannya setelah belajar melalui bermain
Metode atau Teknik PenilaianÂ
- Metode atau Teknik penilaian yang akan digunakan :
- Hasil karya
- Observasi
- Portofolio
Instrumen atau alat penilaian yang akan digunakan :
- Skala capaian harian/checklis
- Lembar hasil karya
Analisis LKPD
Melalui kegiatan pembelajaran "kerajinan batik cap hasil karyaku" ini dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak meliputi nilai agama dan moral menyadari tanaman (pelepah pisang) sebagai ciptaan Tuhan; kognitif melalui kegiatan anak menyelesaikan masalah dan menggunakan teknologi sederhana; Fisik motorik kasar melalui kegiatan gerak manipulatif menirukan orang menjemur kain batik, motorik halus melalui kegiatan membatik, PHBS melalui kegiatan merapikan alat main; sosial emosional melalui kegiatan bekerjasama membuat batik cap; bahasa reseptif dengan mengamati video, bahasa ekspresif dengan mengungkapkan perasaan, keaksaraan melalui kegiatan menulis namanya sendiri; dan aspek perkembangan seni melalui kegiatan pembuatan batik.Â
Kegiatan tersebut juga mengembangkan keterampilan abad 21 dan HOTS yaitu memberikan kesempatan anak untuk berkomunikasi, berkolaborasi dan berkreasi.