Mohon tunggu...
Puji Lestari
Puji Lestari Mohon Tunggu... Penulis - Freelancer writer

Kang nulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jangan Ditiup! Begini Cara Mengatasi Mata yang Kelilipan

21 Agustus 2023   13:06 Diperbarui: 21 Agustus 2023   13:16 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: https://www.istockphoto.com

Siapa yang kalau matanya kelilipan selalu minta tolong orang lain untuk meniup? Saya dulunya juga begitu, selalu minta tolong ditiup dengan harapan si kotoran yang masuk ke mata bisa menepi dan akhirnya mudah untuk kita ambil.

Nyatanya, setelah ditiup berkali-kali bahkan dengan kekuatan penuh, tetap saja kotoran tersebut masih ada di mata. Mata masih tetap perih dan berair.

Dulu saya pernah kemasukan debu saat sedang berkendara motor hendak ke kampus. Sampai di kampus saya langsung meminta tolong pada teman untuk meniup mata saya, tapi nyatanya kelilipan tersebut tak kunjung hilang. Bahkan sampai dosen masuk hingga di tengah jam perkuliahan, saya masih sibuk dengan mata yang perihnya minta ampun. 

Mata sebelah kanan saya merah parah karena terus dikucek serta ditiup-tiup. Saya tahu tidak boleh mengucek mata, tapi tangan ini tidak bisa diam begitu saja.

Itu adalah kelilipan terlama saya, durasinya mencapai hampir dua jam. Sudah dikucek dan ditiup, tapi kelilipan tersebut tak kunjung hilang. Jangan tanya bagaimana rasanya, perih, mengganjal, dan pokoknya tidak nyaman.

Apa Itu Kelilipan?

Sebelum menulis artikel ini, saya agak ragu, apakah kelilipan itu bahasa Indonesia atau bahasa daerah? Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuka KBBI V. Dan ternyata kata kelilipan ada di KBBI V, artinya itu adalah bahasa Indonesia.

Tangkapan Layar Aplikasi KBBI V
Tangkapan Layar Aplikasi KBBI V
Intinya, kelilipan adalah saat mata kita kemasukan sesuatu yang halus. Bisa debu, hewan kecil, serbuk kayu atau hal-hal kecil lainnya.

Mengapa Dilarang Meniup Mata?

Meniup mata dilarang karena dapat menyebabkan hal-hal berikut:

  • Mata adalah organ yang sangat sensitif dan rentan terhadap cedera. Meniup mata dapat menyebabkan iritasi, infeksi, atau bahkan cedera serius. 
  • Jika orang yang meniup mata Anda memiliki bau mulut, otomatis Anda akan mencium bau mulut tersebut karena jarak mata dan hidung sangat dekat.
  • Jika orang yang meniup mata Anda memiliki virus atau sebagiannya, virus tersebut bisa ditransfer ke Anda melalui mata atau hidung. Masih ingat dengan covid-19? Para tenaga medis mengatakan virus bisa masuk melalui mata, hidung, dan mulut, bukan?

Apa Cara Aman untuk Mengatasi Kelilipan?

Nah, setelah tahu bahayanya meniup mata, maka mulai sekarang jika kita mengalami kelilipan, jangan ditiup lagi, ya. Ada cara aman untuk mengatasi kelilipan, tidak perlu ke dokter dan bisa dilakukan dengan gratis.

Menyambung curhatan saya di atas mengenai kelilipan terlama saat di jalan menuju kampus hingga pertengahan jam kuliah, saya akan membagikan tips mengatasi penderitaan tersebut yang membuat mata saya akhirnya menjadi nyaman kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun