Mohon tunggu...
Puji Lestari
Puji Lestari Mohon Tunggu... Freelancer - blogger - content writer

JarumJahit.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

Perjalanan Investasi Saham GOTO yang Bikin Dag Dig Dug

4 Juni 2022   20:39 Diperbarui: 4 Juni 2022   20:49 552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: JarumJahit.com

Investasi saham bukan hal baru bagi saya. 4 tahun yang lalu saya mencoba berinvestasi di saham dengan pengetahuan yang minim dan modal yang amat tipis. Sambil terus belajar, pelan-pelan tabungan saham pun ditambah. Tentu saja sebelum memilih saham, saya mempertimbangkan beberapa pilihan. 

Sempat sih terpikir untuk investasi dalam bentuk perhiasan emas. Tapi godaan untuk menjual perhiasan emas ketika sedang kesulitan uang menjadi tantangan sendiri. Lalu terlintas pula untuk membiarkan tabungan berada di rekening bank. Namun begitu melihat bunga yang sangat kecil, opsi ini saya hapus. Belum lagi maraknya modus penipuan online yang kerap menyasar nasabah bank.

Nah, perjalanan kurang lebih 4 tahun berinvestasi saham ini sungguh memberi pelajaran berharga. Pelajaran bagaimana memilih saham yang tepat, pelajaran untuk tidak mudah tergiur dengan saham yang tiba-tiba melejit dan pelajaran untuk selalu bersyukur meski profit tak sebesar yang diharapkan hehe...

Tahun ini, gembar gembor jelang saham GOTO melantai di bursa efek akhirnya membuat saya tergiur untuk membelinya. Gimana nggak? Wong saya juga punya lapak di Tokopedia dan pengguna setia Gojek. Notifikasi jelang IPO terus muncul di aplikasi Tokopedia Seller di hape saya. 

Akhirnya saya pun berbulat hati membeli saham GOTO. Bahkan sebagian saham dalam tabungan pun saya lepas demi bisa membeli GOTO lebih banyak. Hasilnya? Hari pertama perdagangan, saham GOTO sempat menguat. Beberapa waktu setelah pasar dibuka, harga saham GOTO menyentuh Rp 416/unit atau naik 23,08% dari harga initial public offering (IPO) sebesar Rp 338 per saham. Dan pada penutupan perdagangan tercatat harga saham GOTO melesat 13,02% ke posisi Rp 382/unit.

Di grup Tokopedia Seller, banyak seller yang memilih untuk segera take profit. Tapi saya tidak! Saya begitu yakin GOTO akan melejit lagi dan lagi. 

Nyatanya, saham GOTO justru merosot hingga berhari-hari. Tentu saja, saya patah hati....hiks hiks

Eits tunggu dulu, tangis investor saham pemula dengan kategori dana gurem seperti saya ini akhirnya berganti senyum bahagia. Taraaaa....beberapa hari di awal Juni 2022, saham GOTO melejit lagi. 

Di akhir pedagangan minggu pertama bulan Juni ini, saham GOTO terpantau menguat hingga ke level Rp 358/unit. Sekarang saham GOTO sudah kembali ke atas harga IPO. Yah, semoga akan terus di atas harga IPO supya ada hiburan melihat porto hijau! 

Ini pengalaman saya, pemula. Bagaimana dengan rekan-rekan? :))

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun