Kunjungan Belajar ke Museum Bank Indonesia oleh Peserta Didik SMA Marsudirini Bogor: Memperkuat Nilai Karakter dalam Kurikulum Merdeka
Peserta didik SMA Marsudirini Bogor telah melaksanakan kunjungan belajar ke Museum Bank Indonesia di Jakarta. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian penting dari implementasi Kurikulum Merdeka, di mana peserta didik diajak untuk tidak hanya belajar secara akademis, tetapi juga mengembangkan nilai-nilai karakter yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila. Museum Bank Indonesia, yang memiliki sejarah panjang dalam dunia perbankan dan ekonomi Indonesia, menjadi tempat yang ideal untuk menghubungkan pengetahuan ekonomi dengan pembentukan karakter.
Selama kunjungan ini, peserta didik diajak untuk mengembangkan Nilai berpikir kritis dan reflektif. Di museum, mereka mempelajari sejarah sistem keuangan di Indonesia dan bagaimana Bank Indonesia berperan dalam menjaga kestabilan ekonomi. Dengan bimbingan pemandu,peserta didik diajak untuk menganalisis peran kebijakan moneter dalam kehidupan sehari-hari serta tantangan ekonomi masa kini. Kegiatan diskusi ini melatih mereka berpikir kritis terhadap isu-isu nyata di masyarakat.
Selain berpikir kritis, kunjungan ini juga mengembangkan kemandirian peserta didik. Setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk mengamati dan mencatat beberapa informasi penting dari berbagai pameran di museum. Melalui kegiatan ini peserta didik dapat menganalisis mengenai dampak kebijakan ekonomi terhadap masyarakat. Hal ini tidak hanya melatih tanggung jawab, tetapi juga menumbuhkan sikap mandiri dalam menggali dan memahami informasi secara lebih mendalam.
Kegiatan ini juga memperkuat nilai gotong royong di antara peserta didik. Dalam sesi kerja kelompok, peserta didik SMA Marsudirini Bogor dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh sekolah. Mereka bekerja sama dalam merumuskan solusi atas masalah terkait ekonomi dan dapat mengdokumentasikan kegiatan dengan membuat vlog edukatif. Melalui kerja tim ini, peserta didik belajar untuk saling mendengarkan, menghargai pendapat, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Nilai berkebhinekaan global juga digali dalam kunjungan ini. Museum Bank Indonesia menampilkan peran Indonesia dalam konteks ekonomi global serta hubungan internasional yang tercipta melalui perdagangan. Peserta didik diajak untuk memahami bagaimana Indonesia berinteraksi dengan negara lain dalam bidang ekonomi, serta pentingnya toleransi dan saling menghargai dalam hubungan internasional. Pemahaman ini membantu peserta didik melihat pentingnya sikap terbuka terhadap keberagaman budaya dan ekonomi dunia.
Salah satu nilai penting lain yang dikembangkan dalam kunjungan ini adalah kreativitas. Para peserta didik tidak hanya diajak untuk melihat sejarah ekonomi secara linear, tetapi juga diajak untuk berpikir kreatif mengenai masa depan ekonomi Indonesia. Dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat di kelas dengan kegiatan kunjungan ini diharapkan peserta didik dapat mengimplementasikan ilmu mereka dengan merancang skenario kebijakan pengelolaan keuangan yang inovatif dan relevan dengan kondisi saat ini. Aktivitas ini mengasah kemampuan mereka dalam berpikir kreatif serta solutif dalam menghadapi tantangan masa depan.