Mohon tunggu...
Puji
Puji Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Belajar sepanjang hayat (KHD)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

17 Agustus 2024   21:39 Diperbarui: 17 Agustus 2024   21:52 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokumen pribadi

Pada hari Jum'at, 16 Agustus 2024 terselenggara kegiatan Seminar "Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi" di SDN Ngebel Bantul DIY. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab tantangan guru dalam mengajar karena kebutuhan peserta didik yang beragam. Selain itu juga dapat memperdalam pemahaman dan keterampilan mereka dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. 

Kegiatan Seminar dihadiri oleh 21 guru di lingkungan SDN Ngebel dan 6 mahasiswa PPG Prajab. Acara diawali sambutan pembukaan oleh Bapak Dalija, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Ngebel. `Selanjutnya, acara inti yaitu Pemaparan materi  oleh Narasumber dari dosen PPG Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Bapak Handoyo Saputro, M.Si. Beliau memaparkan  berbagai strategi dan teknik untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan setiap peserta didik.  Tips dan trik untuk mengelola kelas dengan beragam kebutuhan tanpa mengorbankan kualitas pengajaran.

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi

Para peserta sangat antusias dengan kegiatan ini apalagi acara di selingi  ice beraking dengan Magic Sains membuat suasana semakin heboh. Bahkan beberapa peserta mengatakan "Pak, waktunya ditambah lagi" karena masih ingin melanjutkan kegiatan.

Kegiatan seminar diakhiri dengan  foto bersama.
Mari bersama-sama berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar terbaik bagi setiap peserta didik di kelas, agar tercipta lingkungan belajar yang lebih responsif dan adaptif bagi semua peserta didik.

Dengan terlaksananya acara ini, diharapkan para guru dapat membawa inovasi baru ke dalam kelas mereka, melalui pembelajaran berdiferensiasi timbul interaksi antara guru dan siswa untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang paling efektif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun