Mohon tunggu...
Puji Rahmawati
Puji Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan prodi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas islam Sultan Agung Semarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Telaah Kurikulum dan Buku Teks dalam Materi Laporan Teks Observasi: Pendekatan Inovatif Menggunakan Gartic untuk Mengembangkan Berpikir Kritis Anak

7 Juli 2024   11:50 Diperbarui: 7 Juli 2024   12:00 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kurikulum dan buku teks memainkan peran vital dalam pendidikan, terutama dalam materi laporan teks observasi. Kedua elemen ini menyediakan dasar bagi siswa untuk memahami konsep-konsep penting dan mengembangkan berbagai keterampilan. Namun, metode pengajaran konvensional sering kali kurang mampu memfasilitasi perkembangan berpikir kritis secara optimal. 

Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru yang dapat memotivasi dan melibatkan siswa secara lebih aktif. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat digunakan adalah melalui bahan ajar berbasis web seperti Gartic.

Gartic adalah platform interaktif yang memungkinkan siswa menggambar dan menebak gambar. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penggunaan Gartic dalam pembelajaran laporan teks observasi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, membuat materi lebih menarik, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Dalam kurikulum dan buku teks saat ini, materi laporan teks observasi sudah mencakup berbagai aspek penting. Namun, sering kali penyampaiannya kurang interaktif dan cenderung membosankan bagi siswa. Penggunaan media visual dan interaktif seperti Gartic dapat mengatasi kelemahan ini. Dengan Gartic, siswa diajak untuk menggambar dan menebak gambar yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, sehingga mereka lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

Selama penggunaan Gartic, siswa menunjukkan antusiasme tinggi. Aktivitas menggambar dan menebak gambar mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Interaksi antar siswa selama sesi Gartic juga meningkatkan kerjasama dan kemampuan komunikasi mereka. 

Selain itu, setelah beberapa sesi penggunaan Gartic, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Mereka lebih mampu mengidentifikasi dan menganalisis informasi dengan baik, serta lebih terbiasa mengajukan pertanyaan yang mendalam dan mencari solusi kreatif terhadap masalah yang dihadapi.

Secara keseluruhan, integrasi Gartic dalam pembelajaran laporan teks observasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penggunaan media interaktif seperti Gartic membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengadopsi pendekatan ini secara lebih luas dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun