Supervisi merupakan bagian dari Evaluasi Pendidikan. lalu apa yang dimaksud dengan supervisi ?
Supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Â Supervisi pendidikan adalah suatu proses bimbingan dari pihak kepala sekolah kepada guru-guru dan personalia sekolah yang langsung menangani belajar para siswa, untuk memperbaiki situasi belajar mengajar agar para siswa dapat belajar secara efektif dengan prestasi belajar yang semakin meningkat. Menurut Kepala Sekolah SMPM Riyadhul Jannah, Supervisi pendidikan adalah evaluasi atau solusi yang harus diberikan atau dilaksanakan oleh suatu lembaga.Â
Tujuan supervisi pendidikan adalah perbaikan dan perkembangan proses belajarmengajar secara total, ini berarti bahwa tujuan supervisi pendidikan tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru termasuk di dalamnya pengadaan fasilitas yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar, peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru-guru, pemberian bimbingan dan pembinaan dalam hal implementasi kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat  pelajaran, prosedur dan teknik evaluasi pengajaran.
Tujuan diadakannya supervisi di SMPM Riyadhul Jannah adalah untuk mencari solusi atau melaksanakan perbaikan-perbaikan sehingga kekurangan-kekurangan yang terjadi bisa diperbaiki dan lebih ditingkatkan lagi.
Pelaksanaan supervisi guru di SMPM Riyadhul Jannah ada yang bulanan dan ada yang tahunan sesuai dengan yang sudah dijadwalkan dengan jadwal yang telah dibuat di awal tahun dan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Alasan rasional mengapa supervisi itu penting adalah untuk perbaikan pengajaran/pembelajaran.
Adapun untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu ditentukan oleh berbagai unsur dinamis yang akan ada di dalam sekolah dan lingkungannya sebagai suatu kesatuan sistem. Menurut Townsend dan Butterworth, ada sepuluh faktor penentu terwujudnya proses pembelajaran yang bermutu, yakni:
a. Keefektifan kepemimpinan kepala sekolah,
b. Partisipasi dan rasa tanggung jawab guru dan staf,
c. Proses belajar-mengajar yang efektif,
d. Pengembangan staf yang terpogram,
e. Kurikulum yang relevan,
f. Memiliki visi dan misi yang jelas,
g. Iklim sekolah yang kondusif,
h. Penilaian diri terhadap kekuatan dan kelemahan,
i. Komunikasi efektif baik internal maupun eksternal, dan
j. Keterlibatan orang tua dan masyarakat secara instrinsik.
Supervisi yang biasa dilaksanakan di SMPM Riyadhul Jannah yaitu kepala sekolah di supervisi oleh unsur yayasan dan guru di supervisi oleh kepala sekolah. karena SMPM Riyadhul Jannah ini satu yayasan dengan SMAM, MA dan SMK Riyadhul Jannah maka supervisi kepala sekolah oleh unsur yayasan dilaksanakan dalam waktu yang sama.
penulis mendapatkan informasi mengenai supervisi pendidik di SMPM Riyadhul Jannah melalui wawancara langsung dengan Kepala Sekolah SMPM Riyadhul Jannah. Berikut ada beberapa dokumentasi pada saat kegiatan wawancara :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H