KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.2
ANIS RIYANTI PUTRI, S.Pd _CGP ANG. 7 TRENGGALEK
Pemimpin Dalam Pengelola Sumber DayaÂ
Â
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan 'Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya' dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah?
 Sumber daya yang terdapat di sekolah merupakan sebuah ekosistem dimana didalamnya terdapat bentuk interaksi antara faktor biotik dan abiotik. Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Faktor biotik yang ada di sekolah, contohnya:
- Murid
- Kepala sekolah
- Guru
- Tenaga Kependidikan
- Pengawas sekolah
- Orang tua
- Masyarakat sekitar sekolah
- Dinas terkait
- Pemerintah daerah
Faktor abiotik yang ada disekolah antara lain:
- Keuangan
- Sarana dan prasarana
- Lingkungan alam
Sumber daya jika dikelola dengan tepat akan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah.
Pendekatan yang digunakan untuk mengelola sumber daya, yaitu:
- Pendekatan yang berbasis kekurangan/masalah (Deficit-Based Approach)
- Pendekatan ini memusatkan perhatian kita pada apa yang mengganggu, apa yang kurang, dan apa yang tidak berfungsi dengan baik.
- Pendekatan berbasis kekuatan/ASET (Asset-Based Approach)
- Pendekatan ini memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.
Green & Haines (2010) menjelaskan kecenderungan cara pandang yang menggunakan
pendekatan berbasis kekurangan dengan pendekatan berbasis aset
Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development)