Mohon tunggu...
Puadah Endah
Puadah Endah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMP Mandiri Caringin dan SMP Plus Alwatasi

Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK. 3.1 Penulisan Best Practice

4 Desember 2023   13:43 Diperbarui: 4 Desember 2023   13:46 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Pada Materi Sikap Positif Para Pendiri Negara Dalam Merumuskan Dasar Negara Dengan  Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan bantuan Media Powerpoint

Pendahuluan :

Motivasi belajar artinya dorongan dari diri peserta didik untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar. Dengan adanya motivasi, peserta didik  akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.Dalam setiap pembelajaran motivasi baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik memegang peran yang sangat penting. Dengan motivasi itulah peserta didik mengembangkan aktivitas dan inisiatif yang dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar.

namun kenyataan di lapangan guru di hadapkan dengan berbagai macam masalah. Seperti rendahnya motivasi siswa dalam belajar. sehingga proses pembelajaran menjadi kurang optimal. Berdasarkan kajian literatur yang di dapat dari Wlodsowski & Jaynes (2004:24) mengungkapkan ada empat pengaruh utama dalam motivasi belajar seorang anak yaitu pertama budaya, kedua keluarga, ketiga sekolah dan yang keempat diri anak itu sendiri

Faktor faktor penyebab kurangnya motivasi siswa dalam faktor intrinsik yang meliputi cita-cita siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa.Faktor Ekstrinsik meliputi kondisi lingkungan siswa unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan siswa.

Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa salah satunya adalah karena metode mengajar guru. Metode dan cara- cara mengajar guru yang monoton dan tidak menyenangkan akan mempengaruhi motivasi belajar siswa Sedangkan berdasarkan hasil wawancara yang lakukan berbagai narasumber mengenai penyebab faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi siswa dalam kegitan belajar mengajar disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.faktor internal bisa jadi siswa tersebut tidak memiliki keinginan atau cita cita yang kuat dalam dirinya sehingga siswa tersebut tidak memiliki dorongan yang kuat untuk bersemangat dalam belajar demi menggapai cita citanya, hal ini sangat penting dan utama terutama mengenai motivasi harus ada dan dibangun terlebih dahulu dalam diri kita masing masing. Adapun faktor eksternal diantarnya adalah Metode mengajar guru. Metode dan cara- cara mengajar guru yang monoton dan tidak menyenangkan akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dari permasalahan latar belakang tersebutlah perlu adanya perbaikan perbaikan dan proses kegiatan pembelajaran dengan menentukan solusi yang dapat untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa diantarnya adalah sebagai berikut yang pertama menggunakan model pembelajaran Project Based Learning kedua menggunakan powerpoint sebagai media pembelajaran melakukan ice breaking. Tujuan penulisan best practices ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning dengan bantuan media powerpoint Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena Praktik pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik, Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi pendidik agar terus aktif dan kreatif dalam melakukan pembelajaran yang inovatif dalam setiap proses

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini:

Peran Saya sebagai guru adalah sebagai Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Direktor, Inisiator,Transmiter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator.dengan selalu berusaha memberikan yang versi diri terbaik kepada peserta didik.  sehingga dapat memberikan pengalalam belajar yang yang berkesan kepada peserta didik menciptakan pembelajaran yang inovatif yang disajikan melalui model, metode dan media yang tepat agar semua peserta didik mendapatkan hak yang sama dalam bimbingan sehingga tujuan pembelajaran yang kita inginkan dapat tercapai.

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah: 

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan melakukan observasi, kajian literatur, wawancara dengan Kepala Sekolah, teman sejawat, pengawas dan pakar maka ada beberapa tantangan yang dihadapi saat inovasi diimplementasikan pada pembelajaran beberapa tantangan dan masalah yang muncul, baik yang muncul pada guru itu sendiri maupun tantangan yang berasal dari peserta didik

Tantangan yang muncul dari guru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun