Mohon tunggu...
ANISA AULIA
ANISA AULIA Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi Universitas Muhamadyah Malang (UMM)

Saya adalah Mahasiswi aktif tingkat Akhir Universitas Muhammadiyah Malang. Tertarik dengan penulisan dan mengamati perkembangan star up, fashion dan juga ekonomi kreatif anak muda.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran Marketing Manager pada Perusahaan Tour and Travel

19 Maret 2024   11:50 Diperbarui: 19 Maret 2024   12:06 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pribadi Fenisia Ines Damayanti, Marketing Manager

Menjadi bagian dalam sebuah perusahaan Tour and Travel haruslah memiliki berbagai strategi dan inovasi supaya sebuah bisnis dapat terus berkembang dan berjalan terutama pada posisi Marketing. Seperti hal nya yang dilakukan oleh Fenisia Ines Damayanti sebagai Marketing Manager pada perusahaan Tour and Travel PT WISATA JALAN JALAN sejak 2020 lalu.

Fenisia sebagai marketing manager memiliki tugas utama yang dilakukan adalah mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan pasar dan menghasilkan pendapatan yang signifikan. Selain itu menurut Fenisia yang harus dilakukan adalah memahami prioritas dan harapan wisatawan dalam melakukan perjalanan, sehingga dapat memberikan paket tour yang menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan, hal ini seiring dengan program pengembangan wisata di Indonesia dan Luar negeri yang sempat mati suri disaat Pandemi.

Instagram : @fenisiainesd
Instagram : @fenisiainesd

Fenisia dan Team Marketing juga membuat dan melaksanakan strategi pemasaran yang komprehensif, Harus memastikan bahwa pesan branding perusahaan secara efektif dapat tersampaikan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial, situs web, dan kampanye iklan.

Sebagai marketing manager tugas pokok Fenisia Ines Damayanti pada PT Wisata Jalan Jalan memiliki point penting yaitu :

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan awareness PT Wisata Jalan Jalan
  • Merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.
  • Mengidentifikasi peluang pasar dan tren terbaru di industri perjalanan dan pariwisata, dan mengembangkan program pemasaran yang sesuai untuk menarik pelanggan.
  • Bertanggung jawab dalam merencanakan, mengelola, dan melaksanakan proyek pemasaran yang meliputi iklan, promosi, acara, dan kegiatan digital.
  • Mengelola tim pemasaran untuk menjalankan kampanye promosi dan iklan yang efektif, termasuk penggunaan media sosial, situs web, dan saluran pemasaran lainnya.
  • Membangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis seperti maskapai, hotel, restoran, dan penyedia jasa lainnya untuk menjalin kerjasama strategis yang saling menguntungkan.
  • Menganalisis data dan melakukan penelitian pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Melakukan riset pelanggan dan menganalisis perilaku konsumen untuk memahami kebutuhan dan preferensi target pasar PT Wisata Jalan Jalan.
  • Mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang kolaborasi dan sponsorship yang relevan dengan tujuan pemasaran perusahaan.
  • Melakukan analisis kompetitor dan memantau perkembangan industri perjalanan dan pariwisata, serta mengidentifikasi peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.

Hal lain yang harus dimiliki seorang marketing manager sebuah perusahaan Tour and Travel adalah hubungan yang luas terhadap banyak orang dan Instansi yang memungkin mereka melakukan outing atau perjalanan wisata baik group atau perorangan.

Juga proses perjalanan tour dari Marketing itu sendiri untuk dapat pengalaman perjalanan yang sebenarnya dan dapat menjelaskan dengan rinci pengalaman perjalanan yang telah dilakukan oleh marketing itu kepada calon costumer ataupun dalam membuat promosi.

Instagram : @fenisiainesd
Instagram : @fenisiainesd

Peran Fenisia Ines Damayanti sebagai Marketing Manager pada PT Wisata Jalan Jalan memiliki arah yang jelas atau bisa dibilang memiliki fungsi yang jelas sesuai kedudukannya, karena mampu membawa arah yang jelas untuk dan perkembangan PT WISATA JALAN JALAN dengan pengalaman perjalanan yang telah dilakukan oleh Fenisia Ines Damayanti.

(Anisa Aulia)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun