Universitas Indonesia 2024 yang berfokus pada pemberian pendidikan informal terkait kesejahteraan diri dan kesehatan mental di SD Negeri Krukut 03, Limo, Depok. Program ini bertujuan untuk memberikan intervensi pendidikan dalam bentuk pelayanan masyarakat (community service) kepada siswa/i, wali murid, serta guru di sekolah tersebut.Â
Psikologi untuk Negeri (PuN) merupakan program kerja dari Departemen Sosial, Masyarakat, dan Lingkungan Hidup (Sosmasling) BEM Fakultas PsikologiDengan bantuan dana oleh Program Hibah Kepedulian Masyarakat oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia, kegiatan PuN 2024 telah dilaksanakan dengan sukses selama periode bulan Juli hingga Oktober 2024 di SD Negeri Krukut 03. Dalam pelaksanaannya, terdapat dua program utama, yaitu penyuluhan dan pelatihan berupa Fun Mentoring.
Penyuluhan pertama ditujukan kepada guru dan wali murid siswa/i SD Negeri Krukut 03. Materi penyuluhan bagi guru yang dilakukan pada tanggal 13 Juli 2024 berfokus pada pengenalan self-regulated learning sebagai manajemen diri yang dapat membantu guru dalam mengupayakan siswa/i agar dapat belajar mandiri. Sementara itu, penyuluhan bagi wali murid yang dilakukan pada 27 Juli 2024 lalu juga mengenalkan self-regulated learning yang juga menitikberatkan pada upaya orang tua supaya anak menjadi lebih mandiri. Penyuluhan ini dipandu oleh narasumber ahli, yakni dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, spesifiknya oleh Stephanie Yuanita Indrasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Mbak Fani) dan Eko Handayani, M.Psi, Psikolog (Mbak Ani).
Selain penyuluhan, pelatihan Fun Mentoring juga diselenggarakan untuk siswa/i SD Negeri Krukut 03. Fun Mentoring merupakan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dirancang agar interaktif, menyenangkan, dan tidak membosankan, terutama bagi siswa/i. Melalui Fun Mentoring, siswa/i diharapkan dapat mengembangkan berbagai kemampuan, seperti kepercayaan diri, komunikasi yang baik, pengekspresian emosi dengan tepat, serta pemahaman mengenai otoritas tubuh. Kegiatan ini didasarkan pada Teori Experiential Learning dari Kolb, yang menekankan pada pentingnya pengalaman langsung dalam proses pembelajaran.
Selain memberikan intervensi kepada siswa, guru, dan wali murid, Psikologi untuk Negeri 2024 juga membuka peluang bagi seluruh mahasiswa Universitas Indonesia untuk terlibat secara langsung sebagai relawan. Psikologi untuk Negeri memiliki tujuan menjadi wadah  yang memfasilitasi pengabdian masyarakat bagi mahasiswa dalam mendukung pelaksanaan Fun Mentoring dan mendorong keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial.
Dengan adanya program Psikologi untuk Negeri, diharapkan kesejahteraan mental dan kesehatan siswa/i, guru, dan wali murid di SDN Krukut 03 dapat terus ditingkatkan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menciptakan  lingkungan belajar yang lebih nyaman, mendukung, dan ramah untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Kami juga berharap melalui kolaborasi ini, para siswa/i dapat memperoleh manfaat serta menerapkan berbagai hal yang sudah diajarkan untuk kehidupan sehari-hari mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H