Mohon tunggu...
Vernand Prasetyo
Vernand Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pembuat Artikel Bedasarkan Keinginan Pribadi

Penyuka Didi Kempot - Pamer Bojo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Profesional, Perlukah di Dunia Kerja?

15 Maret 2022   21:28 Diperbarui: 15 Maret 2022   21:42 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dengan cara kita melakukan perubahan bisnis, dan bekerja dari rumah menjadi pilihan yang layak bagi banyak orang, bentuk komunikasi juga telah berubah. 

Cara kami berkomunikasi dengan kolega, mitra bisnis, dan klien kami terus bergeser. Anda tidak lagi harus berada di kantor yang sama (atau bahkan negara yang sama) untuk dapat melakukan bisnis, dan popularitas aplikasi komunikasi seperti Skype dan Zoom telah membuat ini lebih mudah dari sebelumnya.Berbagai jenis metode komunikasi dapat dikelompokkan bersama menjadi tiga kategori utama:

Komunikasi Lisan: Ini juga sering disebut komunikasi "verbal" atau "lisan" dan termasuk pertemuan tatap muka, panggilan telepon, serta media seperti radio dan TV.

Komunikasi Tertulis: Dalam komunikasi tertulis, ada sejumlah besar metode, mulai dari mengirim email dan menulis surat, hingga buku, majalah, posting media sosial, dan berbagai bentuk lainnya berkat pertumbuhan Internet.

Komunikasi non-verbal: Ketika berpikir tentang komunikasi, penting untuk tidak melupakan hal-hal yang tidak kita katakan, karena masih dapat memberi tahu seseorang banyak tentang Anda. Ini bisa termasuk bahasa tubuh dan gerakan Anda, nada suara Anda dan bahkan bagaimana Anda berpakaian.

Apa itu Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja?

Ini adalah cara yang sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan di antara rekan kerja. Komunikasi yang efektif mencakup komunikasi verbal dan non-verbal yang sangat penting di tempat kerja untuk meningkatkan pencapaian tujuan serta menciptakan lingkungan yang produktif.

Pentingnya Komunikasi di Tempat Kerja

Karena salah satu kontribusi utama untuk berhasil di tempat kerja adalah komunikasi, penting untuk menyadari bahwa komunikasi yang efektif merupakan faktor penting untuk pengambilan keputusan dan menciptakan lingkungan positif antara Anda dan kolega Anda. Berikut adalah empat alasan utama mengapa penting untuk melakukan komunikasi yang baik:

Berada di halaman yang sama menunjukkan keterampilan kepemimpinan Anda.

Menjaga komunikasi yang baik mengurangi konflik. Membuat lebih banyak hasil konflik untuk:

  • Kesalahpahaman satu sama lain
  • Kurang pengamatan dengan isyarat sosial
  • Mengabaikan kebutuhan sosial dan emosional orang lain

Oleh karena itu merangkul kepercayaan diri dan keseriusan ketika Anda menunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda akan meningkatkan aspirasi dalam menciptakan bisnis yang sukses.

Kejelasan memberikan arahan dan motivasi.

Berikan pesam yang jelas untuk rekan Anda. Entah itu secara lisan atau melalui komunikasi yang tertulis, pesan yang jelas dan langsung ke inti permasalahan dengan mengatakan apa yang perlu dikatakan akan membuat Anda menjadi akuntabilitas dan memberi anda kekuatan untuk menjadi lebih produktif serta membawa Anda ke jalan yang benar dalam memenangkan tujuan dari bisnis Anda.

Dengan komunikasi yang baik, keuntungan akan meningkat.

Berbicara tentang tujuan bisnis, komunikasi yang efektif dapat meningkatkan keuntungan. Kemungkinan terhindar dari kesalahan dengan target audiens Anda merupakan hasil dari komunikasi yang baik antara satu sama lain. Mempraktikkan kebiasaan komunikasi yang lebih baik tidak hanya membantu perusahaan Anda sukses tetapi juga mendapatkan angka untuk bisnis Anda.

Membangun kebiasaan perusahaan yang positif

Pentingnya berkomunikasi satu sama lain dapat membuat tim yang hebat dalam menyelesaikan pekerjaan. Bagaimanapun, komunikasi yang efektif merupaka apa yang membuat perusahaan menyelesaikan pekerjaannya.

Seperti apa bentuknya bagimu?

Pertanyaan pertama ini adalah untuk situasi di mana seseorang berbagi ide atau wawasan dan Anda belum mengerti dan Anda perlu klarifikasi tentang apa arti orang tersebut atau bagaimana mereka akan menindaklanjuti. Pertanyaan ini cocok untuk situasi apa pun di mana belum ada kejelasan lengkap.

Apa yang anda dengar saya katakan?

Pertanyaan kedua ini adalah untuk situasi di mana Anda telah menjelaskan sesuatu kepada seseorang dan Anda perlu memeriksa seberapa jelas pesan Anda telah diterima.

Kedua pertanyaan bertujuan untuk mengklarifikasi pikiran orang lain: Yang pertama menciptakan pemahaman yang lebih dalam tentang pikiran asli orang lain, yang kedua memeriksa pemahaman orang lain tentang pikiran Anda sendiri. Mereka berada dalam urutan ini untuk mengikuti adagio Stephen Covey tentang "Carilah pertama untuk memahami, kemudian untuk dipahami."

Kedua pertanyaan dapat menjadi pengubah permainan untuk percakapan satu lawan satu dan pertemuan tim. Saya baru saja menjalani sesi pelatihan yang produktif di mana pelatih saya mendapat pencerahan. Mereka menyadari bahwa mereka perlu bekerja dan berinvestasi dalam hubungan dengan seorang kolega di tim eksekutif. Saya bertanya, "Seperti apa bentuknya bagi Anda?" Klien saya menjawab, "Saya akan meneleponnya seminggu sekali, terlepas dari apakah saya memiliki poin pembicaraan atau tidak." Untuk membuat rencana ini lebih konkret dan meningkatkan kemungkinan perubahan terjadi, pelatih juga dapat menunjukkan hari dan waktu tertentu.

Saya harap Anda akan menerapkan pertanyaan-pertanyaan ini ke pengalaman kehidupan nyata Anda untuk membantu menciptakan komunikasi yang lebih efektif.

13 Cara Untuk Menciptakan Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja?

Memperhatikan nada bicara anda

Sangat penting untuk belajar mengontrol nada bicara yang berbeda setiap kali anda berkomunikasi dengan seseorang. Pada akhirnya anda tidak ingin menaikkan nada bicara anda selama percakapan berlangsung.

Menciptakan suasana yang reseptif

Ruang kerja biasanya dapat digambarkan dengan suasana yang tegang dan tidak ramah. Saat menciptakan suasana reseptif untuk tim Anda, hal terakhir yang ingin anda lakukan yaitu mengusir semua orang dan membuat mereka tidak termotivasi untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Ciptakan ruang kerja yang lebih ramah, dukung rekan tim Anda, beradaptasi dengan rekan tim anda, dan dengarkan pendapat satu sama lain.

Berikan seluruh perhatian anda

Berikan bentuk perhatian anda yang tidak pernah terbagi kepada orang lain. Kurangnya dalam mendengarkan sesuatu datang sebagai bentuk kekasaran dan tidak pengertian terhadap orang lain yang memiliki sorotan. Saat mendengarkan, cobalah untuk memahami dari berbagai sisi yang berbeda dari suatu masalah dan mintalah orang lain memberikan lima ratus perak mereka untuk konsensus yang adil.

Menunjukkan kepercayaan diri dan keseriusan

Ini kembali ke bahasa tubuh. Di tempat kerja yang profesional, Anda ingin menyampaikan apa yang anda ingin sampaikan dengan melibatkan audiens dengan sikap tertentu akan memberi anda lebih banyak pengaruh untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar.

Jika anda memikirkannya, pahami terlebih dahulu materi sebelum menyampaikannya dan menyajikan suatu poin yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Karena siapa yang tidak merasa termotivasi ketika memahami informasi?

Mendorong diskusi yang terbuka antara satu sama lain

Selain menyiapkan suasana yang reseptif, diskusi yang terbuka pada dasarnya akan mencegah kekacauan yang terjadi pada bisnis anda. Saat mengadakan pertemuan, Anda ingin menyediakan tempat yang seharusnya tidak ada jawaban yang salah.

Akan lebih baik ketika sebuah tim dapat menyelesaikan suatu konflik langsung di tempat dan kemudian melanjutkannya. Ketika mendengarkan orang lain sambil menunjukkan empati, diskusi yang terbuka dapat menghubungkan semua orang di tempat kerja menuju tujuan dan tugas bersama yang perlu dilakukan.

Jadikan rapat yang bermakna

Tidak mengherankan bahwa mayoritas karyawan di tempat kerja tidak pernah ingin menghadiri pertemuan sia-sia dan mempercayai bahwa itu dapat membuang-buang waktu mereka. Di sinilah agenda harian dan tujuan harian datang ke dalam gambar.

Biasakan untuk menetapkan tugas yang sesuai, mengurangi berbagai macam gangguan, memastikan bahwa semua orang berada di halaman yang sama dengan diskusi, merekam rapat, dan paling utama yaitu jangan lupa untuk mengakhiri pertemuan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Berhati-hatilah saat menulis Email

Segala jenis email baik itu email massal atau hanya email pribadi, semua konten yang ditulis dalam email itu harus diperhatikan dan dikoreksi sebelum dikirim. Memutuskan bagaimana Anda ingin memulai dan menyimpulkan email kembali ke bagaimana Anda ingin memilih metode terbaik untuk berkomunikasi.

Percakapan face-to-face

Gerak gerik tubuh Anda, nada bicara anda dan koneksi interpersonal merupakan hal penting ketika Anda memiliki percakapan face-to-face. Baik itu melalui obrolan video atau melakukan percakapan melalui telepon, menerapkan ketiga karakteristik untuk berkomunikasi akan memastikan komunikasi yang baik.

Memilih metode yang terbaik

Kami memahami bahwa ada banyak pilihan untuk dipilih, tetapi untuk mengetahui bagaimana pemilihan metode komunikasi yang tepat dengan memainkan peran penting dalam komunikasi yang efektif. Pikirkan tentang situasinya kemudian terapkan apa yang menurut anda adalah bentuk komunikasi terbaik untuk menyelesaikan konflik.

Ambil contoh, jika Anda perlu memberi tahu orang lain tentang pertemuan yang akan datang, akan lebih baik jika menggunakan komunikasi tertulis, verbal, dan secara tatap muka sehingga pesan dapat diterima dengan sukses.

Menggunakan bahasa tubuh

Penggunaan bahasa tubuh Anda juga hal penting setiap kali Anda berkomunikasi. Ketika Anda menyilangkan tangan anda saat orang lain sedang berbicara, itu berarti Anda merasa defensif dan tidak tertarik dengan topik yang diangkat.

Posisi kaki anda dihadapkan pada seseorang sebagai lawan dari seseorang juga menafsirkan minat Anda dalam percakapan. Detail sekecil apapun itu penting, terutama dalam lingkungan yang berorientasi pada detail.

Ekspresi bahasa tubuh dapat menentukan bagaimana Anda dirasakan oleh orang lain. Jadi, ingatlah apa yang anda lakukan secara fisik saat setiap kali anda melakukan percakapan dengan seseorang.

Presentasi

Setiap pertemuan harus mempunyai yang namanya presentasi. Baik menggunakan alat bantu visual seperti PowerPoints atau menggunakan produk sebagai alat peraga yang dapat membuat karyawan tetap terlibat. Sebagian besar informasi cenderung menempel pada pikiran anda ketika ada presentasi selama rapat.

Tampilkan sedikit humor

Tidak semua hal yang ada di dalam hidup ini harus dianggap serius. Meskipun Anda harus menganggap serius banyak hal, tetapi tidak apa-apa sesekali menunjukkan sedikit humor pada pertemuan berikutnya. Menampilkan humor dapat mengekspresikan lebih banyak sisi manusiawi terhadap berbagai macam hal, terutama dalam bisnis yang dapat membakar Anda.  Lagi pula, keluarga kedua yang dapat anda miliki yaitu di tempat kerja.

Menjadi lebih apresiatif

Ada alasan di balik segalanya. Selalu bersyukur atas waktu dan kesempatan yang masih anda miliki di tempat kerja Anda. Suatu saat ketika anda berkomunikasi dengan anggota tim di tempat kerja anda, pastikan untuk memikirkan berapa banyak pekerjaan yang mereka sumbangkan untuk sebuah peran yang mereka lakukan di penghujung hari. Itu selalu baik dengan mengambil hal-hal terbaik yang dapat membawa ke jalan yang terbaik dalam bisnis Anda.

Bagaimana cara meningkatkan komunikasi yang baik di tempat kerja?

Ketika ingin meningkatkan komunikasi di tempat kerja, tanyakan pada diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut: "Apa saja jenis-jenis komunikasi di tempat kerja?" dan "Apa saja bentuk-bentuk komunikasi?”

Apa saja jenis komunikasi di tempat kerja?

Pikirkan tentang apa jenis komunikasi yang ada di sekitar tempat kerja Anda seperti:

Komunikasi Verbal:

  • Ini mengacu pada percakapan yang anda lakukan dengan orang-orang di sekitar anda. Dalam hal ini, jenis percakapan ini sering terjadi di tempat kerja.

Mendengarkan:

  • Dengan komunikasi yang datang dengan mendengarkan dan melakukan observasi. Mendengarkan umpan balik serta informasi selama presentasi sangat penting untuk berkomunikasi secara efektif.

Komunikasi Tertulis:

  • Banyak macam-macam komunikasi tertulis seperti surat, email, catatan post-it, memo, laporan. Semua ini adalah contoh utama dari apa komunikasi tertulis adalah semua tentang!

Komunikasi visual:

  • Yang satu ini cukup jelas: Media, Seni dan Teknologi. Komunikasi visual hampir ada di sekitar kita. Dalam hal ini, memungkinkan komunikasi yang efektif di tempat kerja untuk berkembang karena menjaga audiens tetap terlibat adalah penting.

Bahasa tubuh:

  • Ini juga dikenal sebagai komunikasi nonverbal. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bahasa tubuh mereka sendiri serta bahasa tubuh komunikator lainnya. Mengikuti isyarat sosial dengan komunikasi di tempat kerja akan membantu anda tanpa batas waktu.

Komunikasi Tatap Muka

Atau seperti yang saya ingin menyebutnya, "Face-timing". Bertemu tatap muka, baik melalui obrolan video atau secara langsung, menunjukkan kepada komunikator bahwa Anda bersedia mendengarkan dan tidak takut untuk menempatkan diri Anda di luar sana.

Ketika Anda "bertatap muka" dengan seseorang di tempat kerja, itu memberikan keterlibatan dan kejelasan yang lebih baik satu sama lain saat Anda berhadapan langsung satu sama lain.

Sekarang, meskipun sedikit pelajaran yang kita miliki tentang jenis komunikasi yang ada, mari kita lanjutkan dengan setiap bentuk komunikasi. Ini merupakan pertanyaan penting lain yang harus anda tanyakan pada diri sendiri ketika mengenali komunikasi yang efektif di tempat kerja.

Apa saja 5 bentuk komunikasi?

Ada berbagai bentuk komunikasi dalam gagasan komunikasi. Namun, bersama dengan jenis komunikasi di luar sana, kelima bentuk ini akan bekerja sama untuk membuat saluran komunikasi. Membedakan jenis dan bentuk komunikasi yang dapat memungkinkan anda untuk menjadi komunikator yang lebih baik.

  • Intrapersonal: kesadaran diri dan aktualisasi, kemandirian
  • Interpersonal: bertukar pesan satu sama lain
  • Grup: menyelesaikan masalah, membangun tim
  • Publik: menyampaikan pesan ke audiens yang tersebar luas
  • Komunikasi Massa: media sosial, jaringan TV, apa pun yang menyediakan iklan &PR

Meningkatkan komunikasi dalam karir Anda akan memungkinkan Anda untuk unggul di tempat kerja. Karena ada enam jenis komunikasi yang berbeda, pastikan untuk mengingat bentuk komunikasi apa yang ingin Anda terapkan untuk melaksanakan jenis pesan yang ingin Anda berikan saat berkomunikasi dengan orang lain.

Pemikiran Akhir

Jadi, inilah inti utama-nya: semuanya ada di tangan Anda.  Semua tips, trik, dan wawasan tentang masuk dan keluarnya komunikasi akan memungkinkan anda untuk berhasil menyelesaikan pekerjaan dan lebih dekat dengan tujuan yang anda ingin capai.

Ketika bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana saya bisa meningkatkan komunikasi dan etos kerja dalam perusahaan saya?", Seseorang harus terbiasa dengan jenis dan bentuk komunikasi sebelum memproyeksikan pesan ke arah audiens di tine yang sesuai.

Di tempat kerja, penting bagi Anda untuk tidak pernah mengecewakan tim Anda, dan bahwa Anda semua bekerja sama dengan tekun dalam mencoba menyelesaikan konflik secara terbuka. Demonstrasi komunikasi yang efektif menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang baik serta persahabatan positif antara lain di tempat kerja.

Penulis

Vernand Prasetyo, 3332190100

Source:

https://www.techfunnel.com/hr-tech/effective-communication-in-the-workplace/

https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2020/01/08/to-communicate-more-effectively-in-the-workplace-employ-these-two-questions/?sh=6b6d951a70de

https://www.opencolleges.edu.au/blog/2020/06/05/professional-communication-in-the-workplace/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun