Mohon tunggu...
Rizal Akbar
Rizal Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai there!

Selanjutnya

Tutup

Money

Real Money Trading (RMT) sebagai Contoh Bisnis Ekonomi Kreatif

24 September 2023   20:05 Diperbarui: 24 September 2023   20:05 996
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Real Money Trading (RMT) atau biasa kita kenal dengan Transaksi Uang Nyata yang merujuk pada suatu kegiatan dimana paktik jual beli barang maupun uang virtual ditukar dengan uang dunia nyata. Praktik Real Money Trading ini umumnya sering di lakukan dalam  dunia Game Online Multiplayer dimana para pemain dapat memperoleh dan menukarkan aset virtual. Aset virtual yang ada bisa terdiri dari beberapa item, contohnya seperti senjata, aksesoris, mata uang atau apapun yang memiliki nilai jual.

Real Money Trading (RMT) terjadi ketika seorang pemain terlibat dalam transaksi jual beli yang terjadi diluar pasar resmi dari Game Official untuk menjual maupun membeli item maupun mata uang ingame dengan uang nyata. Real Money Trading juga berdampak pada ekonomi dunia virtual maupun dunia nyata. Real Money Trading berkesempatan membuka peluang bagi individu untuk mendapatkan pendapatan tambahan secara nyata dengan cara menjual aset atau barang virtual yang mereka dapatkan dari game. Aset, barang, dan juga uang virtual dalam game biasanya bisa di dapatkan dari Raid Battle, Reward Quest bahkam Event resmi yang diadakan oleh Developer game itu sendiri.

Apakah Real Money Trading (RMT) itu legal? Legalitas dari sistem (RMT) ini bergantung pada syarat dan ketentuan layanan dari game yang bersangkutan. Beberapa Developer game melarang atau meng ilegalkan kegiatan ini,  bahkan ada peraturan yang menyebut bahwa para pemain yang terlibat dalam kegiatan ini bisa mendapatkan peringatan resmi dari Developer Game hingga sanksi berat seperti penangguhan akun (Banned Account).

Real Money Trading (RMT) sudah berkembang selama beberapa dekade, perkembangan (RMT) sendiri berkaitan erat dengan perkembangan industri permainan video games yang tidak luput juga dengan di imbangi perkembangan ekonomi digital yang ada. Sistem (RMT) ini mulai di populerkan banyak orang pada era tahun 2000 an, bersamaan dengan berkembangnya popularitas game berbabis MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Games).

Para player game online pada saat ini mulai mengetahui potensi-potensi yang bisa di hasilkan dari menjalankan jual beli uang virtual, aset item game dan juga mikrotransaksi. Dengan peluang bisnis mikrotransaksi yang di aplikasikan dalam game online ini menjadi populer hingga saat ini. RMT menciptakan pasar baru dalam berbisnis online untuk memasarkan item game dan mata uang virtual yang dapat diperjualbelikan dengan uang nyata. Sehingga pasar ini membuka peluang bisnis bagi orang-orang yang hobi bermain game.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun