Mohon tunggu...
Promahadesa Wirasana
Promahadesa Wirasana Mohon Tunggu... Mahasiswa - TIM PROMAHADESA UNIVERSITAS JEMBER

Kami adalah tim promahadesa Wirasana Darya Srikandi dari Universitas Jember yang beranggotakan 8 orang, dan kami terdiri dari 2 fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Promahadesa Unej : Mendorong Kemandirian Ekonomi Pelaku UMKM Purna Pekerja Migran Dukuh Dempok melalui Pelatihan Digital Marketing & Pemasaran Produk

31 Juli 2024   18:57 Diperbarui: 31 Juli 2024   18:59 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Digital Marketing (Dokpri)

Dukuh Dempok, 25 Juli 2024 -- Di zaman modern ini, para pelaku bisnis mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar dan professional sepertinya sudah tidak asing dengan istilah digital marketing. Dalam upaya meningkatkan perekonomian dan keterampilan masyarakat, tim Promahadesa Unej (Program Mahasiswa Berdesa), adalah program yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember. Tim wirasana sendiri terdiri dari 2 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program ini mirip dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pengabdian mahasiswa. Tim Wirasana dari Universitas Jember ini telah mengambil inisiatif yang luar biasa. Tim kami melakukan pengabdian di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Desa Dukuh Dempok memiliki pelaku UMKM yang terbilang cukup banyak, dalam satu desa dengan jumlah penduduk hampir 15.000 orang yang terbagi menjadi 4 dusun, memiliki lebih dari 40 UMKM baik yang bergerak dalam bidang sandang, pangan, maupun jasa. Namun banyak UMKM yang belum memanfaatkan sosial media atau e-commerce dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu Tim Wirasana melakukan pendampingan dan pelatihan penggunaan digital marketing kepada para pelaku UMKM di Desa Dukuh Dempok khususnya Perempuan Purna Pekerja Migran, selain memberikan pendampingan kami juga memberikan booklet digital marketing yang digunakan sebagai panduan dalam melakukan branding UMKM secara digital.

Pengertian Digital Marketing sendiri ialah serangkaian strategi pemasaran yang di lakukan melalui berbagai platform online untuk meningkatkan eksposur dan dampak bisnis. Perlu diketahui bahwa digital marketing tidak hanya sebatas memperluas area bisnis, melainkan juga tentang memahami perilaku konsumen di dunia maya dan merancang strategi yang tepat untuk menjangkau mereka secara efektif.

Pak Dwi Handoko selaku pemilik UMKM Wayang Kulit di Desa Dukuh Dempok mengungkapkan, "Sebenarnya saya sudah pernah dengar istilah strategi digital marketing, tetapi tidak tahu bagaimana cara menentukan target audiens untuk produk tersebut, maka dari itu saya sangat senang sekali ketika teman-teman promahadesa ini melalukan pelatihan digital marketing," ujarnya setelah sosialisasi.


Selama kegiatan sosialisasi berlangsung, warga sangat antusias dan senang. Para peserta promahadesa disambut dengan sangat baik. Ia berharap, momentum Promahadesa ini dapat menjadi tempat belajar bagi para mahasiswa untuk terjun di masyarakat nantinya.

Selain itu, Tim Wirasana juga melakukan kerja sama dengan berbagai mitra terkait dengan pemasaran produk dari pelaku UMKM terutama Perempuan Purna Pekerja Migran yang ada di Desa Dukuh Dempok, Tim kami bekerja sama dengan Pusat Oleh-Oleh Jember, Rumah Makan Tumbin, dan Kantin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Pemasaran produk juga harus memperhatikan aspek etika dan tanggung jawab sosial, memastikan produk aman dan berkualitas  tinggi, serta memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku.

Kepala Desa Dukuh Dempok Bapak Miftahul Munir, S.H ., juga memberikan apresiasi kepada Tim Promahadesa Wirasana Darya Srikandi "Keberhasilan ini diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan usaha di desa bisa berkembang lebih baik, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang lebih baik lagi," tuturnya.

Kantor Kepala Desa (Dokpri)
Kantor Kepala Desa (Dokpri)

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Dukuh Dempok dapat terus bisa melakukan perkembangan secara digital maupun secara langsung untuk meningkatkan branding dan target pasar yang semakin luas. Pelatihan yang di selenggarakan oleh Tim Wirasana ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya strategi pemasaran digital. Dengan metode ceramah dan praktik langsung, masyarakat diajarkan cara memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Pelatihan ini dapat membantu UMKM di desa dukuh dempok bersaing di era digital dan meningkatkan kontribusi mereka terhadap ekonomi lokal.



Dosen Pembimbing Lapangan : Dina Tsalist Wildana, S.H..I., LL.M.

Lokasi : Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember


Instagram : @promahadesa.dukuhdempok

Youtube : https://youtube.com/@promahadesa_fhfeb_unej?si=s0YPUv2k6kzvacQu 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun