Mohon tunggu...
Prilly Naftalika
Prilly Naftalika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Materi kuliah jurusan S1 PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tanya-Jawab Tentang Penelitian Pengembangan (RnD)

13 April 2023   16:47 Diperbarui: 13 April 2023   19:28 7461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Adakah urgensi atau perlunya dari suatu pendidikan untuk membentuk bagian R&D research and development? Jelaskan
Jawaban:
Ya, pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk dan menjalankan kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) di berbagai sektor termasuk industri, akademisi, pemerintah, dan organisasi nirlaba. Beberapa alasan mengapa pelatihan R&D sangat penting adalah sebagai berikut:

  • Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan:
    Pendidikan memungkinkan individu memperoleh keterampilan dan pengetahuan teknis dasar yang diperlukan untuk kegiatan R&D, seperti: Pengetahuan tentang metode penelitian, pengumpulan dan analisis data, dan pemahaman konsep ilmiah.
    membentuk kreativitas dan inovasi:
    Pendidikan juga memainkan peran penting sebagai promotor kreativitas dan inovasi. Di lingkungan pendidikan yang tepat, siswa didorong untuk berpikir out of the box, menghasilkan ide-ide baru dan memecahkan masalah yang kompleks.
  • Membangun jaringan profesional:
    memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan sesama siswa maupun dengan para ahli di bidangnya masing-masing. Dengan cara ini, siswa dapat belajar dari orang lain, berbagi informasi dan menjalin kerjasama untuk melaksanakan kegiatan R&D.
  • Menghasilkan hasil penelitian yang berkualitas:
    Pendidikan juga memainkan peran penting dalam mencapai hasil penelitian berkualitas tinggi. Mahasiswa yang terampil dan terlatih dalam penelitian dan pengembangan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian yang baik dan menghasilkan hasil yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Penelitian pengembangan pendidikan (R&D) adalah proses untuk pengembangan dan validasi produk pendidikan. Tujuannya adalah untuk lebih mengembangkan dalam perancangan lingkungan belajar, pembuatan kurikulum dan evaluasi pengamatan dan keberhasilan pembelajaran dan sekaligus mengusahakan partisipasi dalam pemahaman metode penelitian dan pengembangan ilmiah dasar (research and development) atau secara bersama-sama. RnD adalah penelitian yang dapat menjadi penghubung antara penelitian dasar dan penelitian terapan. Pendekatan penelitian dan pengembangan ini digunakan untuk membuat produk dan menguji keefektifan produk tersebut

2. Apa saja ruang lingkup penelitian dan pengembangan?
jawaban:

Lingkup penelitian R&D Mencakup aspek pendidikan dan pembelajaran:

  • aspek pendidikan: Guru, siswa, administrasi, kurikulum, pengajaran, media, sarana pengajaran, infrastruktur, orang tua/masyarakat.
  • Aspek pembelajaran: Perencanaan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Bahan Ajar, Penilaian Pembelajaran, Pengelolaan Pembelajaran, Bahan Pembelajaran, Pengelolaan Fasilitas

3. Apa yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian RnD?
jawaban:

Tujuan penelitian R&D adalah pengembangan desain lingkungan belajar, perumusan kurikulum dan evaluasi observasi dan keberhasilan pembelajaran. R&D memungkinkan untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan, menggunakan teknologi terbaru dan menciptakan produk atau layanan terbaik. Tujuan penelitian pengembangan adalah menghasilkan produk melalui pengujian atau verifikasi sehingga tercipta produk yang valid, layak dan efektif.
Jadi mengapa seorang peneliti melakukan penelitian R&D pada dasarnya adalah untuk memunculkan ide, gagasan, pemikiran untuk menemukan konsep baru, menguji reliabilitas konsep lama yang telah menjadi norma, atau memodifikasi konsep lama untuk menjadikan perkembangan pengetahuan terkini dan harus dipenuhi. Dengan bantuan penelitian dan pengembangan (R&D), dimungkinkan untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmiah dalam bentuk penelitian ilmiah murni, terapan atau pengembangan aplikasi berbasis TIK.

4. Apakah pengembangan R&D menurut  Borg & Gall juga dapat digunakan selain untuk perangkat keras?
Jawaban:
Pengembangan R&D sering diartikan sebagai proses atau fase pengembangan produk baru atau peningkatan produk yang sudah ada. Dalam konteks ini, suatu produk tidak selalu berupa perangkat keras (buku, modul, alat peraga di kelas dan laboratorium), tetapi dapat juga berupa perangkat lunak (software), seperti program komputer, pengajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium atau model pengajaran. , pembelajaran pedagogis, supervisi, evaluasi, manajemen, dll
Jadi, model pengembangan R&D yang dikembangkan oleh Borg dan Galli dapat digunakan untuk selain pengembangan perangkat keras, seperti pengembangan perangkat lunak atau bahkan pengembangan sektor sosial atau kesehatan. Model ini menekankan pada pengembangan berulang dan evaluasi berkelanjutan terhadap produk atau proses yang akan dikembangkan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis pengembangan dengan proses pengembangan yang kompleks dan evaluasi berkelanjutan. Pada dasarnya, model ini menyediakan kerangka kerja yang dapat membantu tim pengembangan mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek pengembangan mereka secara lebih efektif.

5. Mengapa penelitian dan pengembangan memainkan peran penting dalam pengembangan produk?
Jawaban:
Penelitian R&D memainkan peran penting dalam pembelajaran. Situs web SJR (Scientific Journal Rankings) menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-64, dibandingkan dengan Malaysia di urutan ke-43, Singapura ke-32, dan Thailand ke-42. Itu menunjukkan kualitas yang buruk. dibandingkan dengan negara tetangga. Di negara-negara maju, seiring dengan kemajuan pendidikan, mereka menghasilkan banyak penelitian, penelitian berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menghasilkan kerja praktek yang digunakan untuk mendorong kesinambungan kegiatan belajar mengajar.
Metode penelitian dan pengembangan merupakan penghubung atau jembatan antara penelitian dasar dan penelitian terapan. Seringkali terjadi kontradiksi antara hasil penelitian dasar teoretis dan penelitian praktis. Kesenjangan ini dapat diperbaiki atau diisi melalui penelitian dan pengembangan. Dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian pengembangan adalah untuk menginformasikan proses pengambilan keputusan selama pengembangan produk dan kemampuan pengembang untuk menciptakan hal-hal tersebut di masa mendatang.
Salah satu alasan mengapa penelitian dan pengembangan penting dilakukan adalah penelitian ini lebih baik dari penelitian lainnya. Dengan bantuan penelitian dan pengembangan, peneliti dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan, menggunakan teknologi terbaru dan menciptakan produk atau hasil penelitian terbarukan yang lebih efektif, efisien dan inovatif yang mendukung aktivitas manusia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun