Mohon tunggu...
Prita Angelita
Prita Angelita Mohon Tunggu... -

FEB UAJ'14

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Bagaimana Membuat CV yang Menarik?

30 Oktober 2016   23:19 Diperbarui: 10 Agustus 2017   08:09 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Curriculum Vitae (CV) adalah gambaran diri Anda yang sesungguhnya. CV merupakan salah satu dokumen yang akan dilihat pertama kali oleh sebuah perusahaan untuk menilai rekam jejak seorang pelamar kerja. Oleh karena itu penulisan CV yang baik sangatlah penting, karena akan menimbulkan kesan pertama perusahaan pada Anda. Kalau boleh dibilang bahwa apa yang telah Anda tulis di CV merupakan sebuah usaha self-branding dan menjual keahlian sehingga bisa terpilih sebagai orang yang akan mengisi sebuah posisi kerja yang dibutuhkan. Dengan menulis curriculum vitae yang baik dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman. CV yang baik adalah dimana pembaca CV tersebut dapat membayangkan dengan baik sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.

CV yang dibutuhkan perusahaan tidak hanya dinilai dari isi dokumen tersebut tetapi juga dari kreatifitas pemilik CV untuk menyapaikan “gambaran diri” dengan cara yang efektif serta menarik. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuat CV yang menarik agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ketika masuk ke dalam dunia pekerjaan seberapa baik Anda menulis résumé akan menentukan kesuksesan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Kesuksesan ini bergantung pada seberapa teliti Anda merencanakan, menulis dan menyelesaikan résumé.

A. MERENCANAKAN RESUME

Sama halnya dengan pesan bisnis lain, merencanakan résumé berarti menganalisis tujuan dan penerima, mengumpulkan informasi, memilih media terbaik, dan mengorganisasi isi résumé.

Menganalisa Tujuan dan Penerima

Résumé merupakan ringkasan terstruktur dan tertulis dari pendidikan, pengalaman kerja dan kualifikasi pekerjaan seseorang. Résumé merupakan bentuk komunikasi persuasif – sebuah iklan yang dimaksudkan untuk menstimulasi minat pemberi kerja untuk bertemu dengan Anda dan memelajari lebih banyak tentang Anda.

Mengumpulkan Informasi yang Berkaitan

Teliti industri dan perusahaan yang ditargetkan sehingga Anda mengetahui apa yang mereka cari pada karyawan baru, serta pelajari berbagai pekerjaan dan apa yang diharapkan.

Memilih Media yang Terbaik

Kini menulis sebuah résumé tidak hanya terpaku diketik di atas selembar kertas saja, namun lebih bervariasi. Pilihannya bisa berupa media online, résumé multimedia ataupun dalam CD-ROM. Banyak dari pemberi kerja yang memiliki instruksi khusus di situs web mereka mengenai persyaratan serta keterampilan dan atribut yang ingin Anda promosikan. Contoh: jika ingin melamar untuk posisi penjualan atau sebagai model dari sebuah produk, maka mengirimkan résumé dalam bentuk klip video tentang diri sendiri dalam CD-ROM, atau bisa membuat produk jadi (seperti kardus susu), dll. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun