Mohon tunggu...
Pristiyono
Pristiyono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru pertanian yang hobi berkesenian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran

15 Januari 2024   10:59 Diperbarui: 15 Januari 2024   11:53 398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemasaran

Pada tahun 1776, Adam Smith yang dikenal sebagai salah satu bapak ekonomi,  mengatakan bahwa "konsumsi adalah satu-satunya tujuan dan akhir dari proses produksi".  Pernyataan ini menyebabkan pandangan orang terkait produksi langsung berubah. Salah satunya bahwa setiap produk yang diproduksi harus di konsumsi dengan harga yang terjangkau, sehingga perusahaan wajib membuat proses yang efektif dan efisien guna menekan biaya produksi. Yang akhirnya bisa berimbas pada pemenuhan kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa hal yang menyebabkan produk jadi tidak laku dijual di pasar, yaitu (Hendro, 2011):

  • Tidak ada pasar yang efektif untuk produk tersebut atau tidak semua konsumen membutuhkan produk tersebut.
  • Produk dijual tidak secara tepat untuk memuaskan konsumen .
  • Produk tidak kompetitif dalam hal harga, kualitas, kemasan, cara menjual, dan cara menawarkan serta pelayanan purna jualnya.
  • Terdapat persaingan yang tidak adil dari pesaing.
  • Kelemahan internal perusahaan seperti biaya yang terlalu tinggi, produktivitas rendah, mutu produk dan sistem pengendalian mutu kurang bagung, cara menyambut konsumen yang buruk, kurangnya sumber daya manusia.


SKEMA KONSEP PRODUK

                                                                                               1

                                                                                                   2

  

 

                                                                                          3

                                                                                    4                                                                         

Keterangan

  • Komunikasi
  • Menawarkan barang atau jasa'
  • Transaksi
  • Informasi

  • Pada skema diatas dapat dijelaskan bahwa, tujuan dari produsen adalah melakukan transaksi atau penjualan. Namun sebelumnya,produsen harus melakukan komunikasi dengan pasar,tentang barang/jasa yang akan ditawarkan. Proses komunikasi ini menjadi informasi bagi pasar/konsumen sebelum melakukan pembelian atau transaksi. Setelah informasi atau transaksi ini terjadi, produsen bisa menawarkan barang sesuai dengan permintaan pasar. Baru kemudian terjadi transaksi/penjualan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun