Mohon tunggu...
Priska Amelia
Priska Amelia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya priska, saya senang mewarnai

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar itu Harus Berani

9 Januari 2024   09:05 Diperbarui: 9 Januari 2024   09:39 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo semuanya! 

Belajar bahasa inggris kok sulit ya? Karena otak kita yang susah mencerna? Atau ada faktor lain yang bisa mempengaruhinya? Yuk simak sedikit penjelasan dari pengalaman saya!

Perkenalkan saya Priska Amelia, biasa dipanggil Priska atau beberapa orang juga memanggil saya Amel. Saya duduk di bangku kelas 11, tepatnya di sekolah SMAN 3 Banjar. Disini kita menggunakan sistem pembelajaran "Kurikulum Merdeka", yang dimana berlaku sejak saya kelas 10. 

Hal yang baru bagi saya adalah ada pelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut di SMA. Mungkin di kurikulum sebelumnya juga ada, inggris minat disebutnya. Kebetulan saya memilih paket dengan tambahan mata pelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut, yang dimana memberikan saya waktu lebih untuk belajar berbahasa inggris, baik speaking, writing, listening, and reading. Meskipun begitu, ternyata tak berpengaruh besar pada kemampuan saya untuk belajar bahasa inggris, dan dari sini saya sadar, bahwa bukan hanya faktor dari seberapa sering materi tersebut dipelajari di sekolah, namun seberapa sering waktu yang kita habiskan untuk menjadikan materi tersebut sebagai praktek dalam kehidupan kita sehari hari.

Lingkungan, saya pikir sangat berpengaruh pada proses kita belajar, lingkup pertemanan misalnya. Jika kita berada pada lingkungan yang membiasakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, maka tak jarang kita akan ikut terbiasa dan memaksa diri kita untuk bisa mengikuti apa yang ada di lingkungan kita. Dan kalian tahu apa? Ya, lingkungan yang saya tinggali tak begitu antusias dengan penerapan bahasa inggris. Mereka bilang "norak, so inggris" atau terkadang malah di judge karena bahasa inggris kita belum fasih dan masih banyak kesalahan dalam pengucapan, dan hal ini malah membuat kita down dan tidak lagi percaya diri untuk memulai atau mencoba. 

Pemahaman yang seharusnya dapat diterima oleh semua pihak yaitu, proses belajar seseorang memang tidak akan langsung mendapatkan hasil yang maksimal, hal ini tentunya harus bisa dimaklumi dan dihargai, malah seharusnya terus didukung agar bisa menjadi lebih baik lagi, bukan malah di caci maki seakan dia sudah paling ahli. Pentingnya rasa percaya diri juga harus menjadi modal bagi siapapun yang ingin belajar, apalagi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, pilah teman yang memang bisa mengajak kepada hal yang lebih baik, membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik bukan membawa kita pada keburukan dan kesesatan duniawi. 

Untuk apapun itu, mulailah saja dulu, jangan banyak takutnya, bahasa inggris itu penting lho, bisa terpakai dimana saja, apalagi kalau kita sudah berkecimpung di dunia kerja, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, karena bahasa merupakan jalur komunikasi yang paling penting bagi siapa saja. Tetap semangat untuk teman-teman semuanya, tak selamanya lingkungan bisa baik pada kita, asalkan kita harus tetap baik pada mereka dan baik pada diri kita sendiri, belajar tidak akan membuat kita rugi, malah kita akan mendapat banyak sekali rezeki dan peluang untuk lebih sukses di masa depan nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun