Jurnalisme online adalah generasi baru dalam dunia jurnalistik  yang berarti penyebaran informasi melalui portal berita dan macam-macam situs web, melalui media internet, media siber, atau media online.
Internet sendiri mulai memasuki Indonesia pada tahun 1990-andimana Jasa layanan internet mulai mengemuka di publik dengan berdirinya Indonet sebagai jasa layanan internet komersial pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1994.Â
Tidak berapa lama  disusul PT Rahajasa Media Internet (Radnet) dengan konten berita disediakan oleh surat kabar Republika.
Republika menjadi  media online pertama di Indonesia yang tayang pertama kali pada 17 Agustus 1994.Â
Kehadiran Republika menjadi era yang menandai konvergensi media saat ini.(Widodo, 19:43 )
Konvergensi media menyebabkan konten media tidak hanya berbentuk teks dan foto tetapi mencangkup multimedia.Â
Yakni bisa berbentuk video, audio, infografis dan bisa gabungan dari semuanya itu.
BBC menjadi salah satu media penyiaran yang melakukan transformasi menjadi media baru salah satunya melalui kerja sama dengan Detik.com
Perkembangan Jurnalistik Online
Kehadiran media online di Indonesia tidak terlepas dari maraknya media online di luar negeri pada pertengahan tahun 1990-an.
Setelah kehadiran Republika mulai muncul media online lainnya.Â
Salah satunya Kompas versi Internet yang dikenal sebagai Kompas Online yang hadir pada 14 September 1995.
Kompas versi online awalnya dihadirkan sebagai edisi internet dari Harian Kompas.Â
Pada tahun 1998 kompas online berubah menjadi kompas.com.
Kemudian ada kemunculan Tempo.com tahun 1996.Â
Lalu  ada Detik.com yang memulai bisnis onlinenya dengan sajian yang lebih lengkap pada tahun tahun 1998.
Detik.com merupakan media online yang berhasil mengepakan sayapnya serta menjadi tonggak keberhasilan bagi perusahaan berita lainnya.
Detik.com adalah media online yang otonom tanpa ada media cetak yang menjadi induknya.Â
Selain itu Detik.com mampu berkomitmen mengunggah berita secara real time.
Untuk mengejar ketertinggalan banyak media cetak akhirnya merambah bisnis dengan membuat portal berita online.
Contonya kompas, VivaNews, Media Indonesia dan masih banyak lagi.Â
Media online dapat dikatakan sebagai kehidupan jurnalisme untuk masa kini dan masa depan.
Â
Pelopor Media Online di Indonesia
Media online pertama di Indonesia memanglah Republika namun kehadiran Detik.com dikatakan sebagai pelopor dikarenakan hadir sebagai media online yang berdiri secara otonom tanpa dibawahi media cetak yang media cetak.
Dengan alamat web WWW.detik.com, Detik.com masih terus eksis sampai saat ini.Â
Diciptakan oleh empat tokoh yakni Budiono Darsono, Abdul Rahman, Yayan Sopyan, serta Didi Nugrahadi.
Budiono Darsono dan Yayan Sopyan diketahui sebelum tergabung menciptakan Detik.com, bekerja pada di Tabloid Detik sebagai editor. Namun menariknya Detik.com ternyata bukan bagian dari tabloid tersebut, melainkan namanya saja yang mirip.
Perjalanan BBC
Kemajuan teknologi internet yang semakin pesat banyak media cetak dan penyiaran mulai mengembangkan kiprahnya untuk mengejar ketertinggalan dengan terjun ke dalam media online melalui berbagai bentuk digital.
Media cetak yang merambah bisnis ke media online melalui portal berita.Â
Media penyiaran radio yang bertransformasi dengan membuat radio versi online dan mulai merilis podcast.Â
Televisi konvensional yang menambah layanan streaming melalui situs web maupun aplikasi.
Pada tahun 2011 British Broadcasting Corporation Indonesia atau yang lebih akrab dengan singkatan BBC Indonesia mulai mengembangkan sayap dari penyampaian informasi melalui radio, ke penyampaian informasi secara digital.
Perubahan juga terlihat dimana BBC menampilkan konten berita melalui berbagai platform media sosial.Â
Tidak hanya itu, terjadi perubahan nama yakni dari BBC Siaran Indonesia berubah menjadi BBC News Indonesia.
BBC melakukan adaptasi ke arah multimedia dengan sejumlah instrumen dengan tujuan melakukan fungsi jurnalistik dengan semaksimal mungkin.
Wartawan BBC di awal perkembangan multimedia dibekali sejumlah pelatihan.Â
Seperti  menulis artikel untuk situs web, pelatihan kemampuan dasar untuk shooting dan cara mengedit video.
Menjamurnya media sosial wartawan BCC juga dilatih untuk peka dan mendengar sehingga bisa mengatur strategi menarik pembaca ke situs BBC.
Konten BBC mengalami perkembangan yang merambah berbagai media baru.Â
Mulai dari berita online, Televisi Digital, Podcast, radio online bahkan aplikasi digital.
Meskipun terjadi perubahan ke arah media baru BCC tetap mempertahankan bentuk aslinya yakni versi.Â
BBC tetap hadir di radio dengan siaran pada 05.00 dan 06.00 WIB.
Penjelasan lebih lengkap klik disini
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H