Seperti apa Kurikulum Merdeka itu?
Bagaimana implementasi kurikulum merdeka dan penerapannya di kelas?
Mengutip dari laman Kemdikbud, karakteristik utama dari kurikulum ini adalah:
- Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila
- Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
- Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Sorotan utama dari Kurikulum Merdeka adalah pembentukan profil pelajar Pancasila dan fleksibilitas pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan karakteristik (minat dan bakat) siswa di kelas.
Dalam menerapkan Kurikulum Merdeka ini, yang harus dibenahi terlebih dahulu adalah mindset atau pola pikir guru. Pendekatan pendidikan saat ini sering melibatkan praktik  pembelajaran yang mematahkan kebiasaan belajar yang positif dan kreatif daripada menciptakannya.
Saya beri ilustrasi sebagai berikut:
Seandainya Anda guru, lalu memberi soal Agama Islam seperti ini:
Sebutkan tahun Perjanjian Hudaibiyah dan isi perjanjiannya
Di antara beberapa lembar jawaban siswa yang dikumpulkan dan sedang Anda koreksi, terselip jawaban sebagai berikut:
Allah tidak akan membebani suatu kaum melebihi kemampuannya (QS Al-Baqarah ayat 286).
Sebagai guru, apa yang akan Anda lakukan terhadap siswa yang memberi jawaban tersebut?