Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Karena Ganjar, Kita Jadi Sulit Mencari Nama Tokoh Cerita

16 Februari 2021   20:54 Diperbarui: 16 Februari 2021   21:14 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mungkin ada jutaan nama Ganjar dan nama-nama lain dijadikan nama tokoh cerita (ilustrasi diolah pribadi)

Di setiap sesi mengaji, saya selalu menyelipkan cerita hikmah. Sore tadi misalnya, setelah mengaji Al Quran selesai saya lalu bercerita tentang "Santri Nakal dan Guru yang Sabar."

Namun, kali ini sebelum bercerita saya bertanya pada anak-anak, siapa nama tokoh santrinya. "Ingat, jangan nama temannya yang ada di kelas ini ya," pesan saya.

Langsung saja, setiap anak lalu mengusulkan nama versi mereka masing-masing.

"Kalau begitu Rusli saja, Ustaz".

"Jangan, itu nama tetangga gang sebelah, nanti kalau beliau mendengar saya bisa kena tuntut lho," kata saya bercanda.

"Parmin, Ustaz."

"Lha, pak Parmin kan yang jualan bakso di depan jalan sana," kata saya sambil tersenyum.

"Widodo saja, Ustaz."

"Hus, itu nama bapaknya Arga," jawab seorang santri mengingatkan temannya yang mengusulkan nama Widodo.

"Ok, kalau kesulitan mencari nama dan biar gak sama dengan nama orang yang kita kenal, lebih baik nama tokoh santri di cerita saya ini kita panggil Mukidi saja, setuju?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun